Jika sebelumnya kita banyak berdiskusi tentang peran Virtual Reality dan Augmented Reality dalam industri bisnis, kesehatan, hingga pendidikan, kini kita akan membahas peran VR AR untuk luar angkasa. Teknologi VR dan AR umumnya telah digunakan untuk keperluan pengembangan ataupun persiapan perjalanan luar angkasa. Para astronot yang ada di International Space Station (ISS) terbantu augmented reality (AR) dan virtual reality (VR). Mereka bisa saling membantu dengan kru yang ada di darat dengan bentuk VR AR luar angkasa.

Penggunaan AR di stasiun luar angkasa pertama kali dilakukan dengan sebuah kacamata berteknologi tinggi bernama Sidekick. Perangkat pintar ini memiliki fitur yang cukup lengkap dengan adanya bantuan hands-free dan tampilan hologram berdefinisi tinggi yang mampu menampilkan skema 3 dimensi ataupun diagram berbagai objek yang berkaitan dengan tugas-tugas harian.

Penggunaan Teknologi VR dan AR di Luar Angkasa

Berikut 5 cara penggunaan teknologi VR dan AR di luar angkasa:

1. VR Control of Robots

penggunaan VR AR di luar angkasa
sumber: nasa.gov

Sebuah tes dilakukan untuk menguji lengan robot dan kendaraan khusus luar angkasa bernama Pilote, dengan bantuan teknologi VR. Pengendaliannya menggunakan teknologi VR khusus yang dibantu dengan simulasi sentuhan dan gerakan. Pengujian ini menghasilkan optimasi kendaraan dan alat-alat dengan lebih ergonomis saat digunakan untuk misi ke Mars maupun ke Bulan di masa depan. Penggunaan teknologi VR AR di luar angkasa adalah wujud masa depan yang ada saat ini.

Lihat juga: “Apa itu Virtual Reality?”

2. Bersepeda di Luar Angkasa

vr ar luar angkasa untuk berolahraga
sumber: nasa.gov

Apa iya manusia bisa bersepeda di luar angkasa? Pernahkah Anda bayangkan? Di sela-sela pekerjaannya, para astronot tentu perlu melakukan olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun, karena kebosanan dan pemandangan yang itu-itu saja, mereka jadi kurang termotivasi untuk berolahraga. Pemandangan layar monitor, kabel-kabel, dan kabinet berwarna monoton juga mendorong mereka untuk terus bekerja.

Dengan bantuan teknologi VR dan AR, para astronot tetap bisa bersepeda dengan pemandangan lingkungan yang ada di bumi. Lingkungan virtual reality yang imersif akan meningkatkan motivasi mereka untuk terus bersepeda. Penggunaan teknologi VR ini juga cocok untuk Anda yang ingin bersepeda atau jalan-jalan tapi sedang melakukan isolasi mandiri. Pengalaman bersepeda tetap seru, meski tetap berada di dalam rumah.

3. Time Travel

bukti nyata penggunaan vr ar di luar angkasa
nasa.gov

Tahukah Anda kalau astronot juga harus memperhatikan waktu serta kecepatan untuk melakukan berbagai tugas mereka dengan baik di luar angkasa? Riset menunjukkan bahwa persepsi kita tentang ruang dan waktu akan tumpang tindih saat berada di luar angkasa. Tentu ini akan menghasilkan kebingungan dalam otak manusia. Hal ini harus diantisipasi dengan pelatihan-pelatihan khusus.

Oleh karena itu, para astronot dilatih agar bisa beradaptasi lebih baik dengan bantuan teknologi VR dan AR, khususnya head-mounted VR display. Sebelum peluncuran ke ruang angkasa, mereka berlatih mendengarkan instruksi, menggunakan trackball untuk meresponnya.

Lihat juga: “Virtual Reality Tourism: Peluang Bisnis Wisata Masa Depan”

4. “Menjadi Astronot”

The ISS Experience merupakan sebuah kumpulan video dokumen tentang aktivitas para astronot di luar angkasa. Diproduksi dengan kamera 360, kita bisa melihat berbagai sisi pesawat luar angkasa. Dengan demikian, para penonton yang ada di bumi bisa seakan berada di pesawat luar angkasa dan “menjadi astronot”. Hal ini tentu merupakan sebuah pengalaman yang sangat mengangumkan.

Untuk anak-anak, tentu The ISS Experience tersebut akan memberikan motivasi dan inspirasi untuk terus belajar agar bisa benar-benar menjadi astronot. Selain itu, para guru juga punya media yang lebih atraktif untuk mengajar tentang kehidupan astronot.

5. Mengontrol Micro Gravity

Kita semua tentu tahu bahwa tidak ada gravitasi di luar angkasa. Oleh karena itu, diperlukan pengendalian gravitasi agar para astronot tetap dapat beraktivitas. Namun, mode gravitasi tidak bisa dinyalakan terus-menerus. Oleh karena itu, para astronot tetap banyak menghabiskan waktu dengan “terbang” ke sana kemari. Tentu tidak mudah beradaptasi dengan “terbang” di luar angkasa.

Atas dasar fakta tersebut dilakukan investigasi agar ditemukan solusi. Jika berhasil, solusi untuk para supir, pilot atau para operator robot di berbagai sektor. Tentu penggunaan teknologi VR AR di luar angkasa bisa menjadi jawaban untuk mewujudkan semua rencana tersebut.

Itulah berbagai fungsi VR AR luar angkasa. Banyak hal yang dipermudah dengan adanya VR AR. Tertarik untuk gunakan teknologi VR dan AR pada bisnis Anda? Klik di sini!

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.