Penggunaan VR dan AR di Industri Pendidikan

Penggunaan VR dan AR di Industri Pendidikan

Informasi Penting Seputar Penggunaan VR dan AR untuk Industri Pendidikan

Meski belum digunakan secara masif, khususnya di Indonesia, virtual reality (VR) ataupun augmented reality (AR) sudah terlihat geliatnya. Semua bidang industri bisa menggunakan teknologi tersebut, misalnya konstruksi, hiburan, dan perangkat simulasi. 

Industri pendidikan juga menjadi salah satu bidang menarik dalam penggunaan teknologi ini. VR AR pendidikan juga dapat membantu siswa memahami pelajaran. Apa buktinya? Berikut 10 contoh penggunaan VR & AR dalam pengembangan dunia pendidikan.

Memvisualisasikan Pembelajaran dengan Augmented Reality

Aplikasi VR AR untuk Pendidikan
Foto oleh Max Fischer dari Pexels

Dengan augmented reality, kamu bisa mengikuti pembelajaran secara imersif dengan visualisasi objek. Contohnya seperti visualisasi ilmu pengetahuan alam pada fenomena tornado. 

Kamu dapat mempelajari ilmu pengetahuan tersebut dengan pengalaman yang digambarkan secara nyata melalui dukungan suara dan gambaran objek 3D. Seru sekali bukan? Hal ini tentu lebih menarik dan informatif daripada sekedar melihat video pembelajaran biasa.

 Lihat juga: Augmented reality mempengaruhi industri besar di dunia

Belajar Astronomi Makin Seru dengan Virtual Reality dan Augmented Reality

VR AR Pendidikan
Foto oleh Yuting Gao dari Pexels

Ilmu rasi bintang merupakan suatu ilmu yang mengharuskan kamu untuk memiliki teropong, untuk mempermudah proses pembelajaran. Namun, belum tentu semua orang yang tertarik mempelajari ilmu ini mempunyai teropong. Oleh karena itu, muncul beberapa aplikasi VR dan AR yang dapat digunakan untuk mempelajari astronomi atau ilmu rasi bintang.

Teknologi VR AR yang digunakan pastinya tidak kalah menarik dan berkesan. Contohnya melalui SkyView, dimana pengguna dapat mempelajari astronomi ataupun rasi bintang menggunakan teknologi Augmented Reality.

Belajar astronomi pun makin praktis dan mudah karena aplikasi tersebut dapat diakses menggunakan smartphone kamu. Menarik sekali bukan teknologi VR AR pendidikan saat ini?

Mempelajari Anatomi Hewan secara Virtual

Belah kodok dengan Virtual Reality
Foto oleh Egor Kamelev dari Pexels

Dalam sebuah pembelajaran, pastinya ada praktek yang dilakukan secara langsung. Contohnya dalam ilmu Biologi, dimana murid mempelajari anatomi hewan melalui praktek pembedahan. 

Melalui teknologi AR, banyak aplikasi yang menghadirkan konten menarik dan edukatif dalam mempelajari anatomi hewan tanpa melakukan pembedahan. Contohnya seperti aplikasi Froggipedia, yang memungkinkan kamu untuk mempelajari anatomi kodok secara virtual. Sehingga, kamu tidak hanya belajar mengenai anatomi hewan tetapi juga melakukan praktek pembedahan secara virtual.

Tetap Jalan-jalan dengan Google Expeditions

Biasanya, study tour menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh banyak murid. Sayangnya, dibutuhkan perencanaan destinasi serta biaya pengeluaran yang detail untuk mengadakan study tour. Belum lagi situasi pandemi yang membuat banyak tempat tujuan ditutup. Nah, dengan adanya teknologi VR, study tour dapat tetap dilakukan dengan mudah, tetapi dengan pengalaman yang sama.

Yaitu dengan menggunakan Google Expeditions. Google Expeditions merupakan salah satu pilihan aplikasi yang sering digunakan oleh banyak guru untuk kepentingan study tour. Gunanya, untuk memperkenalkan budaya, arsitektur dan seni yang ada di seluruh dunia.  

Google Expedition merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan oleh tenaga pendidik. Aplikasi ini sangat interaktif dengan menyajikan informasi yang lengkap dan mudah diakses oleh pelajar. Terdapat ratusan informasi dan gambar tempat wisata maupun budaya di dalamnya. Sehingga, kamu tetap bisa belajar sekaligus jalan-jalan dengan bantuan teknologi VR.

Baca juga: Mengetahui lebih dalam Virtual Tour

Jadi Ahli Kesehatan Handal dengan Microsoft HoloLens

Penerapan VR AR untuk Pendidikan

Penerapan VR AR pendidikan juga dapat dilakukan untuk mempelajari anatomi tubuh manusia, lho. Salah satunya dengan menggunakan teknologi mixed reality dengan aplikasi Microsoft HoloLens

Kabarnya, Microsoft HoloLens telah mengembangkan sebuah perangkat khusus untuk Ilmu Kedokteran. Nantinya, perangkat ini dapat digunakan untuk mempelajari anatomi tubuh manusia dengan lebih mudah. Pengguna juga bisa “berjalan-jalan” pada berbagai bagian dalam tubuh manusia dengan tampilan informasi didalamnya. 

Teknologi ini tentunya tidak hanya membantu proses pembelajaran untuk ahli kesehatan, tetapi juga dapat mengembangkan proses simulasi yang aman dalam bidang kedokteran. 

Baca juga: Apa itu Mixed Reality?

Belajar Sejarah dengan VR

Aplikasi bernama “1943 Berlin Blitz dalam 360“ dan Google Earth dapat membantu kamu belajar sejarah, lho! Tak seperti membaca buku atau menonton video, aplikasi VR edukasi ini dapat menghadirkan footage yang sangat nyata dari sejarah peperangan. 

Tidak hanya itu, terdapat juga informasi-informasi edukatif juga yang disajikan dengan visualisasi yang menarik dan informatif. Wow! Tidak terbayangkan betapa serunya belajar dengan cara ini.

Belajar Bahasa Tak Lagi Membosankan

Saat mempelajari bahasa, praktik menjadi hal yang sangat penting. Jika hanya belajar teori, maka kemampuan kita akan kurang mumpuni. Dengan bantuan teknologi virtual reality, kita bisa mendapatkan pembelajaran imersif meski tidak bertemu dengan penutur asli. 

Salah satu aplikasi yang bisa kamu coba adalah Mondly. Aplikasi ini merupakan sebuah platform untuk mempelajari semua bahasa secara gratis dan online, dengan pengalaman yang imersif dan menyenangkan. 

Aplikasi ini juga menyediakan fitur pembelajaran lebih dari 250 materi pembelajaran, kemudian fitur chatbot dan teknologi pengenalan ucapan. Dengan demikian, Mondly dapat membantu kamu membentuk skenario percakapan secara virtual untuk mempelajari berbagai bahasa. Sayangnya untuk bisa mengakses aplikasi Mondly, kamu harus menggunakan perangkat VR Headset seperti Oculus Quest.

Public Speaking Lebih Mudah

Biasanya sebelum naik panggung, seseorang dapat berlatih di depan cermin untuk meningkatkan kepercayaan diri. Kali ini, ada “cermin” canggih berteknologi VR, yaitu VirtualSpeech yang mampu mengembangkan kemampuan public speaking dengan simulasi VR yang realistis.

Berkunjung ke Museum

Lukisan dan patung bernilai seni tinggi dapat kamu nikmati dan pelajari juga dengan teknologi VR dan AR. Aplikasi VR Museum of Fine Art ini dapat membantu kamu dalam melihat dan mempelajari seni lukisan yang dibuat oleh pekerja seni.

Pelatihan Lebih Mudah dan Realistis

Pelatihan karyawan dengan VR

Dalam bidang pelatihan, Virtual Reality sudah diterapkan di berbagai jenis training. Dengan hal tersebut dapat membantu kamu dalam melakukan praktek untuk kebutuhan pembelajaran. 

Ketahui lebih lanjut mengenai efektivitas VR Training


Itulah berbagai contoh penggunaan VR AR pendidikan dalam membantu dan meningkatkan industri pendidikan. Bagaimana? Sangat bermanfaat bukan? smarteye.id dapat membantu dalam mengimplementasikan teknologi VR maupun AR pada kebutuhan pendidikan, lho! Klik disini untuk mengetahui lebih lanjut!

Penggunaan VR dan AR di Industri Pendidikan

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.

Related Content