Manfaat dan Pentingnya Virtual Reality di Berbagai Aspek Kehidupan

Manfaat dan Pentingnya Virtual Reality di Berbagai Aspek Kehidupan

Teknologi virtual reality atau VR kini menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan manusia. Meskipun teknologi ini belum rata digunakan seluruh aspek masyarakat, namun sudah banyak bagian publik yang menggunakan VR di kehidupan sehari-hari.

Berawal dari hal tersebut, kamu mungkin berpikir, memangnya apa kelebihan atau manfaat virtual reality dalam kehidupan sehari-hari, sih? Yuk baca informasi selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Augmented Reality

Pengertian Virtual Reality dan Augmented Reality

Kamu pasti sudah sering mendengar istilah virtual reality atau VR. VR merupakan sebuah teknologi dimana penggunanya bisa masuk ke dalam dunia virtual baru, namun masih berada di dunia nyata. Untuk bisa masuk ke dalam dunia virtual tersebut, kamu harus menggunakan VR headset yang sekarang sudah banyak dijual secara umum.

Selain virtual reality, ada juga teknologi Augmented Reality yang sering digunakan bersamaan dengan VR. Berbeda dengan VR, Augmented Reality (AR) merupakan sebuah teknologi yang dapat memunculkan objek virtual di dunia nyata. Untuk bisa menggunakan teknologi ini, kamu memerlukan perangkat seperti smartphone ataupun gadget.

penggunaan virtual reality di kehidupan sehari-hari

Kedua teknologi ini sudah mulai banyak digunakan untuk beberapa kebutuhan. Salah satu yang sering digunakan adalah sebagai hiburan, berupa video game VR ataupun AR Game. Namun, teknologi VR sudah banyak digunakan untuk berbagai kepentingan lain, loh. Apa saja, ya?

Kegunaan dan Manfaat Virtual Reality

Kebutuhan Marketing dan User Experience

Pertumbuhan tren membuat banyak marketer memutar pikiran untuk menjalankan aktivitas marketing yang berbeda namun dapat memberikan dampak yang besar. Salah satu contoh kegunaan teknologi virtual reality VR di aspek kehidupan adalah untuk aktivitas marketing.

Teknologi VR banyak digunakan untuk kebutuhan marketing karena dapat memberikan pengalaman berbeda bagi klien ataupun end user. Tidak hanya membuat kegiatan marketing semakin efektif, penggunaan teknologi VR juga bisa membuat brand identity semakin kuat untuk customer.

Teknologi ini juga dapat membantu calon pembeli untuk mengerti dan tahu lebih lanjut terkait produk yang dijual oleh bisnis atau perusahaan. Tentunya setelah mencoba produk secara virtual, calon pembeli lebih tertarik untuk membeli barang tersebut.

Baca juga: Digital Marketing dalam Metaverse, Bagaimana Caranya?

Pelatihan Karyawan

Selain untuk kebutuhan marketing dan user experience, teknologi virtual reality juga sudah banyak digunakan untuk pelatihan virtual karyawan. Terutama bagi pekerjaan yang memiliki resiko cukup tinggi seperti industri manufaktur.

Banyak faktor yang membuat permintaan untuk pelatihan virtual semakin meningkat akhir-akhir ini. Beberapa diantaranya seperti:

  • Pelatihan tatap muka membutuhkan biaya yang cukup banyak
  • Perbedaan zona waktu bagi perusahaan yang memiliki karyawan di berbagai negara
  • Pelatihan virtual tidak memiliki risiko besar dan lebih aman diikuti karyawan
  • Dapat menjelaskan materi dengan lebih jelas melalui tampilan visual ataupun teks

Meskipun begitu, perusahaan juga harus mendukung beberapa kebutuhan karyawan agar pelatihan secara virtual bisa dilakukan dengan efektif. Virtual training biasanya membutuhkan tambahan perangkat VR seperti VR headset agar karyawan dapat mengikuti simulasi pelatihan secara langsung dan nyata.

Pendidikan dan Edukasi

Salah satu contoh riil manfaat virtual reality lainnya adalah di bidang pendidikan atau edukasi. Seperti yang kita ketahui, pandemi COVID-19 yang menyerang seluruh dunia pada tahun 2020 silam membuat berbagai kegiatan harus dilakukan secara online. Teknologi virtual reality dipercaya telah membuat proses pembelajaran berjalan dengan lebih mudah saat pandemi COVID-19 lalu.

penggunaan virtual reality pada pendidikan

Salah satu kelebihan penggunaan virtual reality pada pendidikan adalah pemberian materi pembelajaran yang jauh lebih efektif dan interaktif. Dengan teknologi ini, anak-anak bisa berinteraksi dengan berbagai objek di dunia virtual. Tidak hanya itu, para murid juga bisa mengikuti berbagai simulasi yang dapat melatih pola pikir mereka.

Meskipun begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat para murid mengikuti pembelajaran dengan virtual reality. Beberapa diantaranya seperti:

  • Mengawasi penggunaan perangkat virtual reality di kelas agar tidak menyimpang
  • Memastikan bahwa kelas cukup luas bagi para murid untuk berinteraksi dalam simulasi
  • Memastikan penggunaan virtual reality sesuai dengan kurikulum pelajaran yang ingin diberikan

Industri Medis dan Kesehatan

Menurut kamu, bagaimana jadinya jika kamu dirawat di rumah sakit oleh robot? Hal ini bukan hanya sekedar mimpi lagi, loh. Pelan-pelan, teknologi mulai masuk ke dalam industri medis dan mempermudah berbagai akses yang sebelumnya tidak bisa dilakukan.

penggunaan virtual reality pada industri medis

Baik virtual reality, Augmented Reality maupun Artificial Intelligence perlahan mulai memasuki industri medis. Meskipun terdengar asing, faktanya VR sudah banyak membantu berbagai aspek di industri kesehatan.

Berikut merupakan beberapa contoh riil penggunaan Virtual Reality di industri medis.

  • Pelatihan medis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, virtual reality sudah banyak digunakan sebagai salah satu metode pelatihan. Industri medis sendiri sudah mulai menggunakan teknologi ini untuk melatih para calon dokter. Dengan virtual reality, para calon dokter bisa benar-benar melakukan simulasi operasi manusia

Pada tahun 2018 silam, Johnson & Johnson Institute telah meluncurkan program global pelatihan virtual reality untuk industri medis. Program ini mengajarkan murid kedokteran, suster, hingga dokter untuk menggunakan virtual reality saat melakukan operasi.

  • Pain management

Percaya atau tidak, terapi virtual reality dapat membuat rasa nyeri kamu tidak terlalu sakit pasca mengikuti operasi. Normalnya, dokter akan memberikan obat pereda nyeri kalau kamu merasakan sakit yang berlebih pasca operasi. Namun, virtual reality bisa membantu rasa nyeri kamu tanpa minum obat.

Caranya dengan menggunakan Virtual Reality Therapy atau VR Therapy. Penggunaannya juga mudah. Kamu akan diminta untuk menggunakan VR headset saat sedang mengikuti operasi ataupun pasca operasi.

Di dalam dunia tersebut, kamu akan berada di sebuah lingkungan damai dan tentram, yang tentunya dapat membuat badan kamu lebih rileks. Dengan begitu, otak akan tertipu dengan tampilan visual yang disajikan, dan mengurangi rasa sakit yang mungkin kamu rasakan saat atau pasca operasi.

  • Kedokteran Gigi

Kedokteran gigi atau dentistry menjadi salah satu ilmu kedokteran yang aktif menggunakan virtual reality pada pembelajaran ataupun penanganannya. Sebuah penelitian membuktikan bahwa menggunakan lebih dari 20% masyarakat Amerika Serikat takut pergi ke dokter gigi karena rasa sakit serta kecemasan berlebih saat berada di sana.

Virtual reality kemudian hadir untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan bentuk yang sama seperti VR therapy, pasien akan menggunakan VR headset untuk mendistraksi rasa sakit dan merasakan nyeri yang lebih sedikit.

Tidak hanya itu, banyak pihak yang juga sedang mengembangkan pelatihan kurikulum dokter gigi melalui virtual reality. Mengingat praktik kedokteran gigi yang cukup berisiko dan sulit jika selalu diadakan langsung, pembelajaran melalui virtual reality bisa membantu mempermudah calon dokter.

Hiburan dan Entertainment

pentingnya virtual reality

Kamu pasti sudah tidak asing dengan penggunaan virtual reality di industri yang terakhir, yakni hiburan dan entertainment. Industri hiburan sudah banyak sekali menggunakan virtual reality maupun AR di dalamnya. Beberapa contoh riil penggunaannya seperti simulasi keadaan, VR game, VR museum, dan lain sebagainya.

Hal ini umum dilakukan karena dengan virtual reality, pengguna dapat masuk ke dalam simulasi tempat baru yang berbeda dari dunia nyata. Di dalamnya, pengguna bisa melakukan berbagai hal seperti bermain game, ataupun menelusuri dunia baru.

Lihat juga: Inilah Museum yang Memanfaatkan Augmented Reality!

Keuntungan Virtual Reality di Dunia Nyata

Setelah membaca berbagai penjelasan di atas, apakah kamu sekarang sudah sadar seberapa pentingnya teknologi virtual reality dalam kehidupan sehari-hari? Tidak hanya bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, teknologi ini juga bisa digunakan untuk kebutuhan bisnis.

Terdapat berbagai pengembangan virtual reality untuk kebutuhan bisnis seperti virtual training, virtual expo, virtual event, dan lain sebagainya. Ingin gunakan teknologi ini untuk bisnis kamu? smarteye.id bisa membantu kamu!

smarteye.id merupakan bagian dari Telkom Indonesia. Kami telah melayani berbagai klien besar seperti Astra International, Pertamina, @america, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa lakukan konsultasi gratis tanpa dipungut biaya untuk tahu detail lebih lanjut.

Tunggu apalagi? Yuk, konsultasi dengan smarteye.id sekarang juga!

Manfaat dan Pentingnya Virtual Reality di Berbagai Aspek Kehidupan

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.