Perangkat yang Kamu Butuhkan untuk Masuk ke Dalam Dunia Metaverse

Perangkat yang Kamu Butuhkan untuk Masuk ke Dalam Dunia Metaverse

Kamu pasti sudah familiar dengan istilah metaverse yang sedang marak digunakan, kan? Artikel ini akan membahas langkah awal yang perlu kamu ambil untuk masuk ke dalam dunia metaverse. Secara pengertian, metaverse adalah suatu cara baru dalam memanfaatkan teknologi yang mencakup berbagai aspek kehidupan. Konsep dunia virtual ini dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja. Melalui metaverse, kamu bisa bekerja, bermain, hingga berbelanja dengan bantuan augmented reality (AR) dan virtual reality (VR). 

Pemakaian teknologi metaverse sendiri sudah banyak diadaptasi oleh berbagai industri. Di industri hiburan, Sensorium Galaxy mewujudkan pengalaman konser virtual dengan menggandeng musisi ternama seperti David Guetta, Steve Aoki dan masih banyak lagi. Game online Sandbox, Axie Infinity dan Decentraland juga turut masuk ke dunia metaverse. Dari segi korporat, metaverse juga semakin populer dengan adanya budaya work from home. Facebook yang kini dikenal sebagai Meta juga menghadirkan Horizon Workrooms, ruang pertemuan virtual yang memfasilitasi pertemuan tatap muka secara virtual. Berikut tiga perangkat yang bisa membawamu masuk ke dunia metaverse:

Smartphone

Kalau kamu pemula dalam dunia metaverse, kamu tidak perlu membeli berbagai perangkat metaverse canggih. Cukup dengan ponsel genggammu sendiri, kamu sudah bisa turut serta menikmati fitur yang ditawarkan metaverse.

Sebagai contoh, kamu bisa menikmati fitur meta yang ada pada aplikasi Sensorium Galaxy. Walau sudah cukup mumpuni, ponsel pintarmu belum bisa menyuguhkan pengalaman metaverse yang menyeluruh ya! Kamu masih harus membutuhkan perangkat canggih lain untuk merasakan pengalaman metaverse yang lebih menakjubkan!

Lihat juga: “7 Aplikasi Augmented Reality Smartphone yang Wajib Dicoba

Headset Virtual Reality

Kalau kamu ingin merasakan pengalaman metaverse yang sesungguhnya, kamu bisa membeli perangkat metaverse tambahan. Headset VR bisa membawamu jauh lebih dalam ke dunia virtual yang terasa semakin nyata. Headset VR ini tersedia dengan berbagai pilihan fitur, termasuk kemampuan berkomunikasi sesama avatar dengan melibatkan kelima panca indra, menarik bukan?

Dari tahun ke tahun, minat akan headset VR semakin bertambah. Sebelumnya, Meta telah meluncurkan headset Meta Quest 2 yang cukup banyak diminati. Perangkat VR lainnya yang juga banyak dicari adalah Playstation VR dan Valve Idex. Kedepannya, minat akan headset VR diperkirakan akan terus bertumbuh. Bahkan, perusahaan ternama Apple dikabarkan akan segera merilis headset VR juga, lho!

Smart Glass Augmented Reality

Selain headset VR, kamu juga bisa menambah perangkat smart glass AR. Tak seperti headset VR, kacamata pintar AR memiliki desain yang lebih ringan. Untuk penggunaan sehari-hari, smart glass AR bisa menjadi pilihan perangkat yang lebih dinamis. Dengan perangkat ini pula, kamu bisa terkoneksi dengan metaverse. Di masa mendatang, kecanggihan kacamata pintar AR ini diperkirakan akan turut berkembang sehingga lebih kompatibel dengan teknologi metaverse yang ada. 

Dilansir dari XR Today, aplikasi DingTalk dari Alibaba Group berencana untuk merilis kacamata pintar berbasis augmented reality. Langkah ini diambil oleh DingTalk untuk mengoptimalkan penggunaan metaverse secara profesional. Kacamata pintar AR yang bisa kamu temukan di pasaran adalah Microsoft HoloLens 2, Google Glass Enterprise Edition 2 dan masih banyak lagi.


Jadi, kapan waktu yang tepat untuk masuk ke metaverse? Saat ini, metaverse masih dalam tahap pengembangan dalam segi teknis dan juga infrastruktur. Untuk memastikan pengalaman virtual yang mulus, diperlukan koneksi internet yang mumpuni serta mode pengaman data terpercaya. Kamu bisa mulai merasakan pengalaman dunia virtual dengan bantuan ketiga perangkat metaverse yang sudah disebutkan di atas. Kalau mau tau informasi lebih lanjut tentang metaverse, kamu bisa kunjungi smarteye.id ya!

Perangkat yang Kamu Butuhkan untuk Masuk ke Dalam Dunia Metaverse

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.