Daftar Perangkat VR/AR Canggih Terbaru yang Harus Kamu Ketahui!

Daftar Perangkat VR/AR Canggih Terbaru yang Harus Kamu Ketahui!

Pada Januari 2022 lalu, konvensi Consumer Electronic Show (CES) baru saja dilangsungkan. Konvensi ini sendiri sudah diadakan sejak tahun 1967, bermula di kota New York. Kehadiran CES sangat dinanti karena acara ini menampilkan inovasi teknologi yang mempengaruhi ekonomi di masa depan. Konvensi teknologi ini mengangkat tren otomatisasi cerdas dan evolusi metaverse.

Ada sekitar 2.300 perusahaan dari berbagai negara yang hadir sebagai peserta pameran. Mulai dari perusahaan di bidang kesehatan, NFT, gaming, smart home dan masih banyak lagi. Merek terkenal seperti Panasonic, LG, Samsung dan Intel juga turut berpartisipasi. 

Dilansir dari CBS News, pasar virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) diperkirakan akan tumbuh hingga $600 miliar pada tahun 2025 mendatang. Perusahaan teknologi berlomba menghadirkan produk realitas virtual yang menjawab permintaan konsumen. Tentunya, berbagai perangkat VR AR yang ditawarkan tak boleh kamu lewatkan. Penasaran apa saja alat canggih tersebut? Berikut informasi lengkapnya! 

Sony PlayStation VR 2 

Perangkat pertama hadir dari merek ternama Sony. Sony akan memperkenalkan perangkat VR AR generasi baru yang mampu meningkatkan kualitas pengalaman bermain. Sony PlayStation VR2 akan dilengkapi dengan teknologi eye-tracking, headset feedback dan audio 3D. Umumnya, teknologi eye tracking ini masih awam di kalangan perangkat VR AR.

Namun, penerapan fitur ini diharapkan akan memberikan pengalaman grafis yang lebih baik. Bahkan, PSVR2 mungkin dapat memberikan kontrol pada mata saat bermain game VR. Pemain dapat merasakan momen tegang dan keseruan yang lebih nyata. Alat ini diperkirakan akan hadir di tahun 2022 ya. 

Perangkat VR AR PSVR 2
Foto oleh Tech Radar

HTC VIVE Focus 3

Selanjutnya, kamu bisa nantikan inovasi baru dari HTC. Perangkat VR AR yang satu ini sebenarnya sudah dirilis pada tahun 2021. VIVE Focus 3 memiliki resolusi 5K dan refresh rate 90Hz. Kamu bisa gunakan alat all-in-one ini untuk meeting virtual, simulasi pelatihan pekerja, hingga visualisasi konsep desain pada bisnis. Desain yang ergonomis membuat VIVE Focus 3 nyaman dipakai dalam durasi yang lama. Headset ini juga hadir dengan 2 controller kanan dan kiri.

Di tahun 2022, HTC akan merilis perangkat nirkabel Wrist Tracker untuk melengkapi VIVE Focus 3. Wrist Tracker sendiri dapat melacak orientasi dan posisi tangan hingga siku. Perangkat ini akan melengkapi rangkaian fitur baru dari HTC. Salah satunya adalah inovasi teknologi VR berbasis koneksi 5G.

Panasonic MeganeX

Pada CES 2022, Panasonic mengumumkan akan merilis perangkat VR AR, MeganeX. Secara keseluruhan, spesifikasi alat ini akan mendukung StreamVR melalui koneksi USB. MeganeX diperkirakan akan memiliki bobot seberat 250 g. Menariknya, alat ini bisa dipakai oleh pengguna dengan gangguan rabun jauh tanpa memerlukan kacamata tambahan lagi ya.

Perangkat VR AR MeganeX
Foto oleh Upload VR

MeganeX memiliki desain yang bisa dilipat, lengkap dengan speaker built-in. Kinerja perangkat ini didukung oleh prosesor Snapdragon XR1. Prosesor ini umumnya bisa kamu temukan di smartphone maupun headset HTC VIVE dan Meta Quest 2. Spesifikasi yang lebih detail dapat kamu ketahui menjelang tanggal perilisan MeganeX ya. 

Lihat juga: “Cara Mencegah Cybersickness Akibat Menatap Layar Terlalu Lama”

Kura Gallium

Terakhir, Kura Technologies juga akan merilis perangkat VR AR miliknya sendiri yang bernama Gallium. Perusahan start-up asal Silicon Valley ini menjadi salah satu penerima penghargaan CES 2022 Innovation Award, lho! Gallium didesain dengan bobot yang ringan, kurang dari 3 ons.

Pengguna akan dimanjakan dengan cakupan penglihatan yang lebih luas. Bagaimana tidak, bidang pandang perangkat ini mencapai 150 derajat. Kamu bisa pakai perangkat VR AR Gallium untuk menggantikan panggilan Skype atau Zoom tradisional ya.

Lihat juga: 4 Permainan Oculus Quest Terbaik yang Harus Kamu Ketahui!


Dari keempat perangkat VR AR di atas, manakah yang paling kamu nantikan? Apakah kamu tertarik untuk memilikinya? Jika ingin membaca lebih banyak informasi seputar VR AR, kamu bisa kunjungi situs resmi smarteye.id ya. Caranya mudah saja, cukup klik di sini!

Daftar Perangkat VR/AR Canggih Terbaru yang Harus Kamu Ketahui!

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.