logo

Ketahui 2 Hal Inti Perbedaan Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)

Ketahui 2 Hal Inti Perbedaan Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)

Dewasa ini, teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) semakin populer. Apalagi semenjak marak dipakai dalam konten gaming. Banyak pengembang aplikasi yang turut memanfaatkan antusiasme ini untuk memproduksi konten VR dan AR dalam jumlah besar. Namun, keduanya sering dianggap sebagai hal yang sama.

Meski demikian, menganggap VR dan AR sebagai teknologi yang sama adalah hal yang keliru. Secara umum, kedua teknologi ini bertujuan untuk merangsang persepsi dan indra dari penggunanya. Lalu, apakah perbedaan VR dan AR? Baca artikel berikut untuk ketahui perbedaan VR dan AR lebih lanjut!

Lihat juga: “Mengenal Virtual Reality dan Kegunaanya di Kalangan Bisnis”

Definisi VR dan AR

Pertama, perbedaan VR dan AR yang perlu kamu ketahui ialah dari segi definisi. VR dapat diartikan sebagai teknologi yang mengeksplorasi indra pendengaran, penglihatan dan sentuhan. Pengalaman dunia virtual melalui VR didukung oleh perangkat tambahan. Untuk menikmati VR, kamu memerlukan perangkat khusus seperti headset, sarung tangan hingga treadmill. 

Sementara itu, AR dapat didefinisikan sebagai teknologi yang menambahkan unsur digital pada dunia nyata. Umumnya, kamu bisa menikmati AR pada ruang fisik melalui smartphone. Secara sederhana, perbedaan VR dan AR dari segi pengertian ialah VR dapat membawa pengguna seakan masuk ke dunia virtual. Dilain sisi, AR hanya merubah tampilan dunia nyata melalui ponsel atau perangkat pintar sejenis. 

Perangkat VR dan AR

Perbedaan VR dan AR lainnya ialah dari segi perangkat. Dalam VR, headset menjadi perangkat utama yang kamu butuhkan. Kamu bisa kombinasikan headset VR dengan konsol game untuk merasakan interaksi dunia virtual yang lebih seru. Biasanya, kamu perlu koneksikan headset dengan laptop, PC atau perangkat sejenis yang memiliki spesifikasi minimum tertentu. 

Sebagai contoh, Samsung Gear VR merupakan perangkat VR yang dapat terkoneksi dengan smartphone. Kamu bisa koneksikan dengan Galaxy Note 8. Dipersembahkan oleh Oculus, Samsung Gear VR ini hadir dengan controller. Controller ini bisa digunakan sebagai alat navigasi VR maupun gamepad. Hanya dengan menggunakan satu tangan, kamu sudah bisa menikmati berbagai konten VR. Ada banyak pilihan konten seperti VR Sports Challenge hingga Paint VR. Selain itu, kamu juga bisa coba perangkat dukungan lain seperti Oculus Rift, PS VR maupun HTC Vive untuk bermain game Batman Arkham VR.

Samsung Gear VR
Foto oleh Samsung

Selanjutnya, perbedaan VR dan AR cukup terasa karena kamu tidak lagi perlu menyiapkan alat khusus untuk menikmati teknologi AR. Cukup gunakan smartphone atau tablet dengan dukungan aplikasi AR saja. Dengan begitu, kamu sudah bisa menikmati sensasi dunia virtual yang muncul pada dunia nyata. Cukup mudah bukan? Sebagai contoh, Pokémon GO ialah inovasi AR yang banyak digemari. Permainan ini menggunakan bantuan kamera ponsel untuk menghadirkan karakter animasi di dunia nyata. Teknologi AR membuat seakan Pokémon benar-benar ada di sekitarmu. Padahal, animasi itu hanya bisa tampak di layar ponsel saja ya.

Pokemon Go AR
Foto oleh Pokemon Go Live

Meski memiliki perbedaan, VR dan AR tidak menjatuhkan sama lain. Melainkan, keduanya saling melengkapi untuk mewujudkan berbagai keinginan pengguna di dunia digital. Salah satu contoh penggabungan kedua teknologi ini adalah kolaborasi antara Microsoft Hololens dan Headset VR HTC Vive. Gabungan perangkat ini diharapkan dapat meningkatkan sensasi dunia virtual hingga terasa lebih nyata.

Tingkat Kedalaman Bermain

Dari segi kedalaman bermain, VR dan AR pun berbeda. Saat menggunakan VR, teknologi ini seakan memblokir dunia nyata dan membawa penggunanya masuk ke dunia virtual. Kamu bisa lebih fokus bermain game atau menonton konten film dengan VR. Secara visual dan suara, kamu bisa lebih merasa puas dengan inovasi ini. Teknologi ini sudah diprogram sebelumnya dan cenderung kurang reaktif.

Sedangkan untuk AR, teknologi ini masih melibatkan lingkukngan fisik. AR seakan menambahkan konten virtual di dunia nyata. Gambar animasi yang ada di ponsel kamu bisa muncul di dunia nyata. Namun, hal itu hanya bisa di lihat dari ponselmu saja ya. Augmented reality ini berpotensi lebih reaktif dengan dunia nyata karena terjadi secara langsung. Jadi, itulah perbedaan VR dan AR dalam segi kedalaman pemain.


Itulah kedua perbedaan VR dan AR. Perangkat yang baik tentunya akan menghasilkan hasil yang terbaik pula. Selaku salah satu perusahaan AR terbaik di Indonesia, SmartEye menyediakan beragam produk dan layanan VR serta AR untuk membantu mensukseskan bisnis, acara, maupun kebutuhan dan tujuan lainnya. Ingin mengenal lebih dalam tentang VR dan AR? Kamu bisa baca berbagai informasi lainnya hanya di sini!

Ketahui 2 Hal Inti Perbedaan Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.