5 Perusahaan VR yang Perkembangannya Berpotensi Sepanjang Tahun 2022

5 Perusahaan VR yang Perkembangannya Berpotensi Sepanjang Tahun 2022

Informasi Penting Terkait Perkembangan Perusahaan VR (Virtual Reality) yang Harus Kamu Ketahui!

Teknologi virtual reality atau VR kian berkembang di Indonesia. Fakta ini ditandai dengan banyaknya perangkat realitas virtual yang dijual oleh berbagai e-commerce. Coba saja, ketik kata “kacamata VR” atau “headset VR” di situs pencarian, pasti banyak toko yang menjual kedua produk ini.

Namun, tahukah kamu? Di balik perangkat-perangkat VR, ada perusahaan ternama yang terus berinovasi untuk membuat dan mengembangkan alat terkait teknologi tersebut. Sebagian dari perusahaan tersebut merupakan perusahaan VR yang berasal dari Jakarta, Indonesia dan juga luar negeri.

Siapa saja mereka? Baca selengkapnya pada artikel berikut ini, yuk!

Oculus

potensi perkembangan VR
Image by freepik.com

Memang, Oculus adalah produk dari Facebook yang tentu bukan perusahaan VR asal negara Indonesia. Tapi, siapa yang tidak kenal Facebook? Media sosial ini digunakan oleh jutaan orang Indonesia, bahkan di dunia.

Meskipun bukan berasal dari Indonesia, namun Oculus telah melakukan beberapa cara untuk melebarkan sayap mereka di benua Asia. Bahkan, saat ini Oculus juga membuka kerjasama menjadi mitra mereka bagi perusahaan VR asal negara Indonesia.

Sejauh ini, ada 2 produk Oculus yang populer yakni Oculus Go dan Oculus Rift. Keduanya punya spesifikasi dan target pasar yang berbeda.

Oculus Go cocok untuk kamu yang menginginkan perangkat VR yang independen tanpa koneksi ke laptop spesifikasi tinggi. Terlebih, harganya juga lebih terjangkau. 

Sedangkan, Oculus Rift lebih unggul dari segi interaksi. Oculus Rift menawarkan variasi lebih banyak dan nyata. Dilengkapi dengan dua kendali kontrol untuk kedua tangan pengguna, tentunya pengalaman yang diberikan juga pasti berbeda. Di Indonesia sendiri, pembelian Oculus sedang mengalami peningkatan seiring dengan hadirnya Metaverse, konsep dunia virtual yang saat ini sedang ramai diperbincangkan.

Lihat juga: “Perbedaan Spesifikasi Oculus Go dan Oculus Rift

VRgineers

perusahaan VR Indonesia
image by freepik.com

Seperti yang sudah kita singgung di awal, bahwa sudah banyak beredar headset VR di pasaran, khususnya e-commerce. Namun, tidak banyak yang menyediakan perangkat headset VR profesional.

Nah, VRgineers merupakan perusahaan VR asal Indonesia yang menyediakan berbagai kebutuhan perangkat VR Headset untuk profesional. Meski bukan berpusat di Indonesia, tapi produk VRgineers sudah banyak digunakan oleh berbagai bidang seperti pelatihan, pengembangan alat dan aplikasi teknik.

TeslaSuit

Teslasuit
image by teslasuit.io

Banyak beredar perangkat VR yang melekat pada bagian-bagian tubuh tertentu dari perangkat mata hingga tangan. Teslasuit merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi perangkat VR pertama yang melekat ke seluruh tubuh.

Gawai virtual reality ini berbasis teknologi full body haptic feedback yang dirancang untuk memberikan respons kepada pemakainya. Feedback yang diterima berupa electrical impulse. Untuk mewujudkan hal tersebut, alat ini menerapkan electro tactile haptic feedback untuk mengirim rasa sentuhan ke tubuh pengguna.

Saat mencobanya, kamu akan merasakan pengalaman virtual realityyang lebih imersif dan nyata dalam menikmati konten audio visual. Dengan teknologi full body haptic, Teslasuit memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan lingkungan digital di sekitarnya.

Bukan tidak mungkin jika nantinya, Tesla Studios sebagai pengembang Teslasuit menjadi perusahaan VR Indonesia yang unggul. Teslasuit juga memberikan motion capture dalam fitur yang digunakan.

HP

HP sebagai perusahaan VR
image by HP

Berbeda dengan instansi lainnya yang menyediakan perangkat VR untuk konsumen, HP menyasar target pasar VR untuk perusahaan. Kehadiran produk unggulannya pada tahun 2019, yaitu HP Reverb, menjadi primadona bagi para insinyur dan desainer. Alat layanan digital ini menjadi salah satu peralatan favorit karena memiliki resolusi tinggi serta menghadirkan rasa nyaman saat menggunakan VR Headset tersebut.

Pada tahun 2020, HP juga merilis alat lainnya yang diberi nama HP Reverb G2. Peralatan ini dapat membantu pengembangan alat, mulai dari membuat desain, prototipe, hingga akhirnya menghasilkan produk fisik.

Lensa dan speaker dirancang oleh Valve pada perangkat ini menghadirkan resolusi dan audio imersif. Menariknya lagi, alat ini dibuat dengan kompatibilitas pada StreamVR dan Windows Mixed Reality sehingga cocok untuk dipakai pada berbagai industri. Meskipun HP bukan perusahaan VR dari Indonesia, namun perkembangannya di dalam dunia industri VR cukup meyakinkan untuk bisa berkembang lebih jauh.

smarteye.id, Perusahaan VR Indonesia yang Siap Melayani Anda

smarteye.id sedia jasa VR terbaik

Berbeda dengan yang lain, smarteye.id merupakan perusahaan VR Indonesia yang melayani jasa penerapan teknologi VR untuk berbagai kebutuhan industri. Mulai dari pelatihan, pengembangan produk, hingga pemasaran.

smarteye.id juga dapat mengembangkan teknologi VR dan AR (Augmented Reality) sesuai permintaan dan kebutuhan perusahaan. Konten VR yang dikembangkan juga dapat menggunakan gawai yang mendukung, seperti Oculus maupun komputer dan smartphone.


Dengan teknologi virtual reality, pengalaman akan terasa lebih unik, interaktif, dan imersif. Kamu bisa bawa bisnis masuk ke dunia metaverse. Bisnis kamu juga menjadi lebih mudah dikenal oleh konsumen.

Penasaran dengan layanan teknologi VR dari smarteye.id untuk bidang bisnis? Klik di sini untuk terapkan teknologi VR pada bisnis kamu dan baca berbagai artikel menarik lainnya seputar VR, AR, metaverse, dan teknologi lainnya ya!

5 Perusahaan VR yang Perkembangannya Berpotensi Sepanjang Tahun 2022

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.