Daftar Perusahaan di Industri Ritel yang Telah Menggunakan VR & AR

Daftar Perusahaan di Industri Ritel yang Telah Menggunakan VR & AR

Informasi Penting Seputar Perusahaan di Industri Ritel yang Menggunakan Teknologi VR & AR

Perkembangan teknologi tidak mengenal kata berhenti, begitu pula teknologi VR & AR. Kehadiran teknologi tak hanya canggih namun juga memudahkan kehidupan manusia. Virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) terbukti mampu hadirkan perubahan pada cara kerja, termasuk dalam industri ritel. 

Misalnya, VR AR industri ritel dapat digunakan untuk menarik konsumen dalam hal pemasaran produk. Nyatanya, sudah banyak perusahaan yang menerapkan teknologi ini ya. Simak lebih lanjut 10 perusahaan pengguna VR AR industri ritel di bawah ini:

L’Oreal

VR AR Industri Ritel Makeup
Foto L’Oreal Virtual Try On oleh L’Oreal

Dengan menggunakan teknologi augmented reality, pelanggan dapat mencoba produk L’Oreal secara virtual. Lini produk yang bisa dicoba hadir dari merek-merek ternama seperti Nyx, Maybelline, Yves Saint Laurent, Giorgio Armani dan masih banyak lagi. 

L’Oreal menyediakan fitur Virtual Try On dengan penerapan fitur AR. Dengan fitur ini, kamu dapat memastikan produk makeup yang dibeli dengan smartphone saja. Sehingga, kamu tidak repot-repot untuk datang ke gerai makeup. Wah, sangat praktis bukan?

Nike

Brand pakaian olahraga ternama yang satu ini juga menggunakan teknologi AR pada aplikasi mereka. Nike melakukan suatu terobosan cara penggunaan filter AR pada aplikasi Nike Fit. Nike Fit merupakan aplikasi untuk mengukur ukuran sepatu yang cocok untuk kamu. 

Caranya sangat mudah, lho! Kamu hanya perlu memotret kaki yang nantinya akan muncul hasil rekomendasi ukuran sepatu yang cocok buat kamu. 

Baca juga: Masa Depan AR Marketing di Indonesia

IKEA 

VR AR Industri Ritel Furnitur
Foto Ikea Place oleh Yang Canggih

Tak mau kalah, IKEA juga mengembangkan teknologi yang memanjakan pelanggan dalam bentuk aplikasi bernama IKEA Place. Calon pembeli dapat melakukan simulasi penempatan produk-produk furniture di berbagai sudut rumah. 

Inovasi VR AR di industri ritel untuk produk furnitur ini sangat menarik dan memudahkan calon pembeli. Dengan aplikasi ini, kamu tak perlu lagi membawa meteran ke toko furniture.

Cukup pakai aplikasi IKEA saja, kamu sudah bisa sesuaikan berbagai produk pilihan dengan ukuran ruangan dan nuansa dekorasi di rumah ya. Menarik untuk dicoba bukan VR AR industri ritel ini?

Warby Parker

Brand produk kacamata ini juga merupakan salah satu contoh penggunaan teknologi VR AR pada industri ritel. Pembeli bisa memilih berbagai model frame kacamata dengan nyaman dari rumah, tanpa harus datang ke offline store

Warby Parker menyediakan aplikasi Virtual Try-On yang dapat diunduh untuk seri iPhone X ke atas. Aplikasi Virtual Try-On ini dapat menyesuaikan model kacamata yang sesuai di wajahmu. Dengan cara tersebut, kamu dapat memilih frame kacamata yang tepat.

VR AR Industri Ritel Kacamata
Foto oleh Warbyparker

Selain mencoba produk secara virtual, Warby Parker juga menawarkan Virtual Vision Test. Tes ini hanya membutuhkan waktu 5 menit, untuk mengganti kacamata yang baru sesuai kebutuhan kamu. Nantinya, kamu akan diberi beberapa pertanyaan terkait kondisi kesehatan mata. 

Setelah itu, dokter mata akan membantu menilai kondisi kesehatan mata dan menyesuaikannya dengan lensa kacamata agar lebih nyaman. Hal ini bisa dilakukan hanya melalui ponsel genggam saja!

WatchBox (Luxury Watch Retailer)

VR AR Industri Ritel juga diimplementasikan oleh WatchBox. Membeli jam tangan mewah memerlukan berbagai pertimbangan dikarenakan harganya yang lebih tinggi. 

Melihat hal ini, WatchBox menghadirkan aplikasi berbasis AR untuk membantu calon pembeli menjatuhkan pilihan mereka. Fitur try-on memungkinkan calon pembeli mencoba jam tangan impian secara virtual melalui pemindaian kamera ponsel. 

Ada ratusan jam mewah dari merek ternama termasuk Rolex, Audemars Piguet, Omega dan masih banyak lagi. Tampilan jam tangan ini bisa kamu abadikan dan unggah ke sosial media juga, lho! Informasi seputar jam tangan yang dijual juga dapat dengan mudah kamu akses seperti nomor seri, garansi, sejarah dan lainnya. 

Dengan aplikasi ini, kamu juga bisa dapatkan informasi terkini mengenai jam tangan terbaru beserta review produknya. Inovasi VR AR di industri ritel ini tentunya menarik perhatian para kolektor jam tangan.

FaceCake

Teknologi VR AR pada industri ritel lainnya ialah Virtual Closet dari FaceCake. Perusahaan ini memungkinkan pengguna membuat lemari pakaian virtual dengan berbagai koleksi perhiasan, aksesoris dan pakaian impian. 

Tak hanya mengoleksi, pengguna juga bisa mencoba produk-produk ini secara virtual dengan dukungan teknologi AI. Dengan FaceCake, kamu bisa ciptakan koleksi fashion impian dan belanja dengan mudah hanya dari rumah.

BMW

VR AR Industri Ritel BMW
Foto oleh IVRPA

Tak hanya fashion item, kamu juga bisa merasakan pengalaman teknologi VR AR industri ritel untuk membeli mobil BMW. Bagaimana caranya? Aplikasi AR BMW dapat kamu gunakan untuk mendapatkan informasi interaktif seputar mobil BMW 7 Series.

Kalau kamu tertarik, kamu bisa personalisasi desain mobil mewah ini dan lihat hasilnya dalam ukuran asli melalui proyeksi AR. BMW turut serta memanfaatkan teknologi augmented reality untuk memasarkan produknya. Hal ini dijamin memberikan pengalaman baru, karena tidak semua merk mobil premium memiliki teknologi ini.

Apple

VR AR Industri Ritel Apple
Foto oleh Developer

Apple juga membentuk terobosan terkait teknologi VR AR pada industri ritel berupa sebuah aplikasi. Menjadi nama yang unggul di bidang teknologi, Apple memiliki aplikasi AR built-in pada perangkatnya bernama AR Quick Look. 

Kalau kamu pengguna gadget Apple, kamu bisa koneksikan Safari, Message, Mail maupun Notes dengan fitur AR Quick Look. Dengan begitu, kamu bisa melihat  tampilan gambar digital pada lingkungan fisik di sekitarmu. 

Aplikasi ini bisa kamu manfaatkan untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih menarik. Sebagai contoh, kamu bisa browsing perabotan rumah tangga dari toko online pilihan dan proyeksikan tampilan AR pada ruangan di rumahmu. Kamu bisa sesuaikan ukuran mesin cuci pada laundry room maupun sofa pada ruang keluarga. 

Kalau produk yang kamu lihat sudah cocok, kamu bisa membelinya melalui layanan Apple Pay. Transaksi jadi lebih mudah, efektif dan menyenangkan. 

Lihat juga: Apple Luncurkan Aplikasi AR For All Mankind

Toms

Perusahaan sepatu ternama, TOMS, turut menggunakan teknologi VR dalam kampanye perusahaanya. Kampanye ini dibuat untuk menggalang dana donasi dari hasil penjualan sepatu. 

Program bernama Virtual Giving Trip menciptakan kampanye donasi yang berbeda dari biasanya. Para pembeli sepatu TOMS diajak berdonasi secara virtual dengan bantuan headset VR.  

VR AR Industri Ritel Sepatu
Foto oleh Medium.com

Pembeli bisa seakan hadir langsung memberikan sepatu pada penerima donasi dan melihat kondisi mereka secara virtual. Teknologi VR ini menghadirkan pengalaman baru yang erat dengan nilai-nilai kemanusiaan. TOMS mampu menciptakan ikatan emosional dengan para pelanggan. Teknologi VR AR pada industri ritel yang satu ini sangat menarik, bukan?

ASOS 

VR AR Industri Ritel Pakaian
Foto ASOS See My Fit oleh Bustle

See My Fit dari ASOS dapat membantu kamu berbelanja berbagai produk fashion dari rumah. Dari segi ukuran, kamu tak perlu khawatir karena ASOS menghadirkan berbagai pilihan mulai dari petite, plus size, hingga baju hamil. 

Tampilan pakaian semakin realistis karena diperagakan oleh model dengan berbagai bentuk tubuh. Fitur AR pada See My Fit dapat membantu kamu memilih pakaian mana yang paling sesuai untukmu. 

ASOS juga mencoba menghadirkan Virtual Catwalk trial berbasis AI dan AR. Kamu dapat menggunakanya dengan menunjukan kamera smartphone kamu ke ruangan yang diinginkan. 

Nantinya, model seakan berjalan pada ruangan fisik di tempat pembeli berada dan memperagakan 100 desain produk ASOS secara virtual. Inilah cara belanja pakaian di masa depan. Kamu tak perlu lagi takut ukuran saat beli baju secara online ya!

Perusahaan VR AR Indonesia

Selain perusahaan ritel ternama internsional yang telah disebutkan di atas, perusahaan- perusahaan asal negara tercinta juga sudah turut menerapkan teknologi canggih terkini, lho

GoToMalls.com

GoToMalls.com selaku pengusaha ritel menghadirkan terobosan fitur kecerdasan buatan atau AR untuk mempelajari pola perilaku konsumen yang kemudian disesuaikan dengan preferensi personal penguna. Fitur AR dalam GoToMalls ini dibuat untuk mempermudah konsumen dalam menjelajahi dan mencari penawaran produk.

Untuk mempermudah proses belanja secara online, augmented reality juga bisa menampilkan sederet produk dalam tampilan virtual layaknya gerai di pusat perbelanjaan ya. Konsumen dapat mencoba produk secara virtual juga untuk menilai kecocokannya.

Alfamind

Perusahaan AR Indonesia dalam bidang ritel bukan hanya satu saja, masih ada banyak lagi. Contoh lainnya ialah Alfamind. Iya, terdengar mirip nama gerai minimarket yang sering kamu temui di jalan, bukan?

Alfamind sendiri memang merupakan konsep toko virtual dari PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau akrab disebut dengan nama Alfamart. Toko virtual ini menjadi alternatif baru sebagai platform belanja para konsumen.

Dengan dukungan teknologi 3D augmented reality dan virtual reality dari Mindstores, pelanggan bisa merasakan sensasi berbelanja seperti di toko offline hanya melalui perangkat smartphone. Di toko online ini, Alfamind menawarkan sebagian besar produk dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia.

Alfamind sendiri melaksanakan soft-launching pada tahun 2016 lalu dan menerima piagam penghargaan dari Museum Rekor Muri Indonesia, lho! Penghargaan ini diberikan atas rekor Jaringan Toko Ritel Virtual 3D pertama di Indonesia. Keren ya?


Itulah penerapan VR AR industri ritel yang ada di pasaran. VR dan AR tak hanya dibutuhkan pada sektor industri manufaktur, pemasaran maupun properti. Industri fashion hingga makeup pun memerlukan kedua teknologi ini. 

Ada banyak keunggulan pada VR AR industri ritel seperti mempermudah proses jual beli, rendah biaya, dan lebih efektif. Selain membuat pembeli lebih tertarik, kenyamanan saat berbelanja juga terjamin. Apakah kamu tertarik untuk menerapkan teknologi virtual reality ataupun augmented reality pada bisnis? 

smarteye.id merupakan salah satu perusahaan AR Indonesia yang menyediakan penyedia jasa teknologi terbaik, dan kami siap memenuhi kebutuhan kamu. Segera hubungi smarteye.id dan dapatkan konsultasi gratis untuk bisnis kamu ya!

Daftar Perusahaan di Industri Ritel yang Telah Menggunakan VR & AR

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.