Daftar Perusahaan Augmented Reality Terdepan yang Harus Kamu Ketahui!

Daftar Perusahaan Augmented Reality Terdepan yang Harus Kamu Ketahui!

Teknologi augmented reality menjadi semakin terkenal semenjak adanya game Pokemon Go. Dewasa ini, pertumbuhan AR melampaui industri game dan mulai memasuki berbagai lini kehidupan lainnya. Dilansir dari XR Today, industri ini diperkirakan akan bernilai $97,76 miliar pada tahun 2028.

Peningkatan pesat ini didorong oleh perkembangan perangkat yang mendukung fitur AR, perangkat lunak, dan kemajuan pengalaman digital. Manfaat AR untuk berbagai jenis industri mulai dari pelayanan, pemasaran, produksi, hingga engineering memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Tak heran kalau banyak perusahaan yang turut serta mengembangkan teknologi ini. Berikut daftar perusahaan augmented reality yang tak boleh kamu lewatkan! 

Lihat juga: “Kenalan dengan Effect House, Platform AR Terbaru dari TikTok!”

Apple

Perusahaan teknologi ternama Apple terkenal dengan produk gadget yang canggih dan fungsional. Apple turut bereksperimen dengan augmented reality untuk mengembangkan platform berbasis AR pada aplikasi yang ditawarkan di App Store. Bahkan, pengguna diberikan kemudahan untuk membangun aplikasi imersif sendiri dalam lanskap pengembang Apple.

Perusahaan augmented reality Apple
Foto oleh medium.com

Apple berencana untuk terus berinvestasi dalam memajukan pengalaman AR yang canggih. Hal ini diwujudkan dalam usaha pembuatan kacamata pintar Apple Glass untuk lingkungan kerja. Apple Glass nantinya diperkirakan bisa menampilkan pesan singkat, email, serta games pada lensa kacamata pengguna. 

Lenovo 

Perusahaan yang turut memimpin pasar teknologi seperti Lenovo juga memiliki fokus pada kreasi augmented reality dan virtual reality. Lenovo menawarkan perangkat AR. Perangkat ini diberi nama headset Daydream. Headset Daydream dilengkapi dengan kamera Mirage atau dikenal juga sebagai Mirage Solo.

Tak hanya itu, perusahaan ternama ini berkolaborasi dengan Disney untuk penciptakan pengalaman augmented reality bagi pecinta Star Wars. Pengalaman AR berbasis aplikasi “Jedi Challenges” ini menghadirkan pengalaman game yang menarik, berbeda dari permainan aplikasi biasa. 

Lihat juga: Game Augmented Reality Dinosaurus di Changi Airport, Kok Bisa?

Unity

Pengalaman AR lebih dari sekedar pemakaian kacamata dan sensor yang cerdas saja ya. Perusahaan dan pengembang perlu menciptakan perangkat lunak yang tepat untuk memfasilitasi interaksi AR yang lebih menarik lagi. Salah satu pemimpin pasar yang menyediakan platform lengkap untuk augmented reality ialah Unity.

Teknologi Unity menghadirkan kerangka kerja khusus untuk membantu pengembangan AR, lengkap dengan informasi dan toolkit untuk interaksi XR. Dengan adanya perangkat lunak ini, AR dapat dipakai dengan maksimal di berbagai jenis perangkat. Ekosistem Unity MARS juga diciptakan untuk pengembang AR pada berbagai industri. Tujuannya tak lain adalah untuk meningkatkan alur kerja secara instan. 

Magnopus

Selanjutnya ada Magnopus yang sebelumnya dikenal dengan REWIND. Studio desain digital ini membangun pengalaman AR yang beda dari biasanya. Magnopus merubah konsep teknologi transformasional menjadi lebih mudah diakses dan mudah dipahami.

Di era metaverse, para perusahaan yang ingin membangun pengalaman lintas platform dapat menggunakan fasilitas desain canggih dengan memesannya dari Magnopus. Sony Music dan Verizon sudah menggunakan jasa pembuatan lingkungan CX untuk berinteraksi dengan pelanggan dan klien, lho!

Allison Partners

Perusahaan PR Allison Partners membantu merek ternama dalam menjalin koneksi dengan audiens melalui teknologi imersif. Allison Partners adalah salah satu inovator dalam AR yang telah mendapatkan berbagai kemitraan kuat dengan merek ternama, termasuk Qualcomm. Perusahaan ini menawarkan berbagai kemudahan AR.

Diantara kemudahannya ialah untuk pemasaran, pengembangan merek, dan juga pengalaman pelanggan yang lebih inklusif. Brand tak perlu lagi khawatir dalam mempromosikan produknya. Hal ini dikarenakan Allison Partners paham betul akan peluang metaverse untuk iklan dan promosi. 

Magic Leap

Perusahaan augmented reality yang satu ini menciptakan headset AR khusus untuk lingkungan bisnis. Magic Leap memproduksi perangkat optik terbaik untuk perusahaan yang mencari kualitas gambar kelas dunia.

Sebagai contoh, perangkat Magic Leap 2 menawarkan bidang pandang 70 derajat yang menakjubkan, sesuai untuk penggunaan pada ruang kerja digital yang luas dalam lingkungan AR. Alat siap pakai ini memiliki model yang ergonomis agar bisa mendukung pemakaian pada bidang manufaktur, pertahanan, kesehatan, bisnis, dan lainnya.

Longan Vision

Organisasi Longan Vision telah lama berfokus pada pengembangan produk pintar dengan tujuan untuk meningkatkan pengalaman kerja dan produktivitas. Perusahaan ini berperan besar pada lanskap AR yang ada di masa kini. Sebagai contoh, Longan Vision membantu petugas pemadam kebakaran untuk tetap bisa menyelamatkan nyawa dan melindungi diri sendiri saat bertugas dalam skenario berbahaya.

Bagaimana caranya? Helm Fusion Vision System dibuat untuk memberikan informasi tambahan di lapangan. Helm AR Smart Visor ini membantu petugas untuk menemukan korban, melihat lebih jelas dalam situasi berasap, hingga menemukan sumber api dengan lebih cepat. Tentu perangkat AR ini berdampak sangat baik dalam menyelamatkan nyawa ya.

Yord Studio

Perusahaan augmented reality terakhir yang tak kalah penting dalam pengembangan teknologi ini ialah Yord Studio. Yord Studio membantu memastikan setiap perusahaan dapat menemukan kekuatan dengan AR sesuai dengan industrinya masing-masing. Dengan pengembangan secara global, perusahan ini memastikan para desainer internal dalam berbagai lini bisnis bisa menciptakan pengalaman XR yang komprehensif serta memukau untuk para klien dan rekan kerja.


Penyediaan alat untuk membangun interaksi AR hingga panduan langkah, keahlian serta dukungan strategi dapat kamu peroleh dari perusahaan yang satu ini. Tentu hal ini penting bagi kelangsungan AR di masa mendatang ya.

Melihat berbagai perusahaan augmented reality di atas, apakah kamu semakin tertarik untuk turut menerapkan AR pada bisnismu? Kamu tak perlu ragu ya! Kamu bisa dapatkan konsultasi secara gratis dengan smarteye.id untuk ketahui informasi seputar augmented reality dan virtual reality. Caranya mudah saja, cukup klik di sini

Daftar Perusahaan Augmented Reality Terdepan yang Harus Kamu Ketahui!

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.