Perusahaan Indonesia Mulai Masuk Metaverse, Telkom Hadirkan Konser Virtual

Perusahaan Indonesia Mulai Masuk Metaverse, Telkom Hadirkan Konser Virtual
perusahaan metaverse indonesia
Sumber : ITP.net

Metaverse sedang menjadi tren yang ramai dibicarakan di dunia. CEO Meta, Mark Zuckeberg menggambarkan metaverse sebagai dunia virtual dimana para pengguna bisa masuk dan merasakan kehidupan di dalamnya.

Pada tahun 2021,  Meta (perusahaan induk Facebook) memperkenalkan metaverse. Hal ini membuat banyak perusahaan mulai terjun dan bersaing ke dalam metaverse. Banyak perusahaan yang bersaing masuk ke Metaverse untuk mengembangkan berbagai potensi baru, demi meningkatkan keuntungan dan juga penjualan.

Bahkan, banyak perusahaan yang juga mengembangkan metaverse milik mereka sendiri. Salah satunya adalah perusahaan sepatu ternama asal Amerika Serikat, Nike, yang membuat metaverse bernama Nikeland. Di dalamnya, pengguna dapat mencoba produk Nike pada avatarnya dengan pengalaman imersif.

Lihat juga: Cara Masuk ke Metaverse?

Tidak hanya Nike, tren metaverse juga sudah memasuki Indonesia. Banyak perusahaan telah mengumumkan akan memasuki metaverse dekat-dekat ini. Siapa sajakah perusahaan metaverse Indonesia tersebut?

Telkom Mengembangkan Metaverse dengan Kolaborasi

Perusahaan telekomunikasi plat merah, PT Telkom Indonesia Tbk, telah mengumumkan akan terjun ke metaverse. Perusahaan ini memang akan memposisikan diri menjadi salah satu perusahaan metaverse Indonesia.

konser metaverse telkom pusakata
Sumber : JPNN

Telkom akan mulai menggarap metaverse dengan berkolaborasi menciptakan sebuah ekosistem. Menurut Direktur Digital Business Telkom, Muhammad Fajrin Rasyid menekankan metaverse milik Telkom akan membentuk ekosistem bisnis yang memberikan keuntungan untuk berbagai pihak.

Dunia metaverse milik Telkom ini diberi nama Telkom Metaverse Ecosystem. Platform ini memiliki tujuan memberikan wadah untuk masyarakat dan kreator berkreasi melalui ruang virtual. 

Telkom Metaverse Ecosystem juga akan dipersiapkan secara matang guna menyambut pertemuan konferensi G20 tahun 2022 di Indonesia. Bahkan, Telkom juga mengundang pihak Meta dalam gugus tugas G20 untuk berkonsultasi.

Metaverse milik Telkom ini memiliki berbagai fitur dan layanan yang ditawarkan. Mulai dari marketplace NFT, hingga konser virtual dapat kamu akses setelah masuk ke dalam dunia virtual ini.

  • Selasar NFT, marketplace NFT baru buatan Telkom Indonesia

Jika kamu bermain kripto atau NFT, kamu dapat mengakses marketplace yang bernama Selasar NFT. Marketplace ini merupakan platform yang dibuat oleh Telkom Indonesia untuk menjual dan membeli aset digital NFT. 

Selasar NFT bertujuan sebagai wadah untuk bertransaksi pada platform Telkom Metaverse Ecosystem. Tidak hanya metaverse milik Telkom, Selasar NFT juga dapat digunakan di metaverse manapun.

perusahaan metaverse indonesia
Sumber : CoinDesk

Apabila kamu membeli NFT berbentuk barang fisik seperti kaos,kamu dapat melakukan redeem di Selasar NFT untuk mengklaim barang fisiknya. Nantinya, proses ini akan diurus oleh unit bisnis milik Telkom Indonesia bernama Merchnesia yang membantu mendistribusikan barang fisik NFT pada pengguna.

Bentukan dunia virtual di dalam metaverse Telkom sudah bisa terlihat dari konser virtual yang baru diluncurkan. Lantas, Bagaimana sensasi menonton konser virtual milik Telkom?

Konser Virtual, Langkah Awal Telkom Memasuki Metaverse

Dalam memulai langkah sebagai perusahaan metaverse Indonesia, baru-baru ini Telkom meluncurkan konser virtual. Konser tersebut menawarkan experience yang imersif dan dapat dinikmati dari rumah. 

perusahaan metaverse telkom
Sumber : Uzone.id

Konser virtual merupakan bagian dari dunia virtual metaverse milik Telkom yang sedang dikembangkan. Dengan adanya konser ini, fans dapat menikmati musik tanpa harus keluar rumah.

Hal yang membuat konser ini menarik adalah dunia virtual yang imajinatif dan imersif sehingga membuat sensasi menonton lebih seru. Saat masuk, penonton bisa memilih avatar yang akan digunakan untuk menonton konser. Penonton dapat mengkustomisasi avatar sesuai selera dari pakaian hingga rambut.

Perusahaan metaverse Indonesia ini telah mengadakan dua konser virtual yaitu konser Pusakata pada bulan Mei 2022 dan Vidi Aldiano pada bulan Juni 2022. Jika kamu berhalangan, konser ini menyediakan beberapa jadwal tayang ulang sehingga dapat ditonton mengikuti jadwal kamu!

Kamu juga dapat membeli suvenir konser berbentuk NFT yang dijual di marketplace Selasar NFT. Disana kamu dapat membeli merchandise kaos bertemakan pusakata. Jika kamu membelinya, kamu bisa mendapatkan kaos fisik sesuai NFT yang kamu beli.

Dengan adanya konser virtual membuat biaya konser lebih murah. Selain itu, penjualan NFT di konser virtual juga dapat meningkatkan keuntungan dan citra musisi Indonesia.

Tidak Hanya Telkom, Bank Hingga Artis Ikut Serta Meramaikan Metaverse di Indonesia

Telkom bukan satu-satunya perusahaan yang memantapkan langkah sebagai perusahaan metaverse Indonesia. Berbagai perusahaan di Nusantara juga banyak bersaing untuk berpijak di metaverse. Dimulai dari perbankan, perusahaan ritel, hingga artis pun mulai mengembangkan metaversenya tersendiri. 

PT Bank Rakyat Indonesia (Bank BRI) merupakan salah satunya. Bank ini akan menjadi bank pertama yang memasuki ekosistem virtual melalui metaverse, setelah melakukan kerja sama dengan PT WIR ASIA Tbk,.

Langkah ini juga diikuti brand ritel Alfamart. Di bawah PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk,., kolaborasi metaverse ini akan dilakukan juga dengan PT WIR Asia Tbk,. untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Di industri hiburan,Rans Entertainment, badan usaha hiburan milik artis ternama Raffi Ahmad dan Nagita Slavina juga mulai merambah menjadi salah satu perusahaan metaverse Indonesia. Raffi nantinya akan membuat metaverse baru yang bernama RansVerse

Sama seperti Telkom Metaverse Ecosystem, kamu dapat memperjualbelikan aset digital seperti NFT, tanah virtual, kostum, dan avatar di dalam RansVerse. Hal ini karena RansVerse memiliki sistem kepemilikan yang terdesentralisasi sehingga semua orang bisa memiliki aset di dalamnya.


Itulah beberapa perusahaan metaverse Indonesia yang saat ini masih tengah dalam tahap pengembangan. Apakah kamu tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang metaverse? Klik di sini untuk membaca informasi seputar metaverse!

Perusahaan Indonesia Mulai Masuk Metaverse, Telkom Hadirkan Konser Virtual

Billy Nurfaudzi

A startup enthusiast who writes out of curiosity. My deepest appreciation and thanks for those of you who read this article. May you have a good day!