Yuk, Kenalan dengan Platform Metaverse Terbaru dari Indonesia, metaNesia!

Yuk, Kenalan dengan Platform Metaverse Terbaru dari Indonesia, metaNesia!

Istilah metaverse akhir-akhir ini banyak digunakan karena perkembangan teknologi yang semakin canggih. Perubahan nama salah satu raksasa teknologi yakni Facebook ke Meta juga membuat semakin banyak orang tertarik akan metaverse. Namun tahukah kamu kalau Telkom baru saja merilis platform metaverse buatan Indonesia bernama metaNesia?

Kalau kamu belum tahu, metaverse sendiri merupakan dunia digital dimana pengguna dapat melakukan berbagai aktivitas secara virtual. Di dalam dunia virtual ini, pengguna bisa melakukan berbagai hal layaknya di dunia nyata seperti menonton film, bermain game, belajar, mengikuti komunitas, dan lain sebagainya. 

Meskipun begitu, banyak pihak menyatakan bahwa teknologi ini hanya bisa diakses oleh kalangan tertentu. Hal ini karena dibutuhkan perangkat khusus untuk bisa masuk ke dalam dunia virtual tersebut. 

Tapi tenang, metaNesia bisa diakses hanya melalui komputer ataupun perangkat pintar yang kamu miliki, loh! Gimana caranya? Yuk, baca selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Telkom buat Konser Virtual dalam Metaverse

platform metaverse indonesia metanesia
Source: Metanesia

metaNesia, Platform Metaverse Terbaru dari Telkom!

metaNesia merupakan sebuah dunia metaverse yang menciptakan interaksi virtual serta pengalaman baru dalam memperkenalkan produk ke dunia digital. Platform buatan Telkom Indonesia ini dibuat untuk mendukung digitalisasi serta memantapkan langkah Indonesia masuk ke dalam metaverse

Ditengah gempuran aplikasi luar, metaNesia juga dibuat untuk bisa merangkul UMKM lokal dan memajukan perekonomian. Dengan infrastruktur dan teknologi yang dimiliki, Telkom yakin platform ini bisa menjadi platform metaverse yang bermanfaat bagi banyak pihak. 

Salah satu konsep awal yang ditawarkan metaNesia adalah konser virtual yang telah diadakan dan dibintangi oleh Pusakata serta Vidi Aldiano. Di dalam dunia virtual tersebut, pengunjung bisa dapat mengikuti acara dan konser layaknya sedang berada di dunia nyata. Platform metaverse ini juga menyediakan plaza dimana pengunjung dapat membeli berbagai suvenir dan merchandise khusus yang dijual oleh UMKM. 

Apa yang Membuat Platform Metaverse Ini Berbeda?

Salah satu kelebihan lain metaNesia adalah kemudahan akses melalui komputer ataupun gadget yang dimiliki. Kamu mungkin berpikir untuk bisa mengakses metaverse, kamu harus menggunakan VR headset serta alat lainnya, seperti yang ditampilkan pada film Ready Player One. Namun, kamu hanya membutuhkan komputer untuk bisa mengakses dunia virtual ini!

Caranya juga mudah. Nanti, kamu tinggal mengunduh aplikasi metaNesia pada perangkat pilihan. Setelah itu, kamu akan diminta untuk membuat avatar sesuai tampilan yang kamu suka. Selesai membuat avatar, kamu bisa langsung masuk ke lobby dan kelilingi dunia virtual yang tersedia!

Ingin Raih 20 Juta Pengunjung dalam Satu Bulan

Pada perilisan metaNesia di Digiland 2022, Erick Thohir selaku Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan keinginannya agar platform ini diakses hingga 20 juta pengunjung dalam satu bulan. Keinginan ini tentu bukan tanpa perhitungan semata. Erick Thohir menganggap angka tersebut sangat mungkin untuk dicapai, jika produk yang dijual di dalamnya unik dan tidak dijual di tempat lain. 

metanesia dari telkom
Source: Google

Mantan Presiden Inter Milan ini juga menyatakan bahwa dia tidak mau Indonesia ketinggalan, dan pada akhirnya tidak dapat bersaing dengan negara lain soal metaverse. Erick menyatakan bahwa platform metaNesia harus bisa digunakan agar pihak swasta, BUMN, serta UMKM bisa saling membantu satu sama lain dan saling menguntungkan. 

Lihat juga: Pembagian Bisnis VR & AR Facebook (Meta), Gimana Jadinya?


Sebagai bagian dari Telkom Indonesia, smarteye.id juga turut mendukung proses digitalisasi berbagai UMKM Indonesia dengan teknologi Virtual Reality, Augmented Reality, serta Metaverse yang tersedia. smarteye.id merupakan salah satu perusahaan Virtual Reality dan Augmented Reality terbaik di Indonesia

Kami telah melayani berbagai klien besar untuk macam kebutuhan seperti Astra International, Pertamina, Wahana Visi Indonesia, dan lain sebagainya. Dengan teknologi canggih yang mutakhir, kamu juga bisa konsultasikan dulu kebutuhan sesuai keinginan. 

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, hubungi smarteye.id untuk buat bisnis kamu semakin imersif dan menarik!

Yuk, Kenalan dengan Platform Metaverse Terbaru dari Indonesia, metaNesia!

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.