Lindungi Karyawan Saat Bekerja dengan Program K3, Bagaimana Penjelasannya?

Lindungi Karyawan Saat Bekerja dengan Program K3, Bagaimana Penjelasannya?

Program K3 yang merupakan singkatan dari program keselamatan dan kesehatan kerja. Program ini dianggap sangat penting untuk diikuti oleh berbagai perusahaan di industri manapun. Di setiap industri, perusahaan wajib menjamin keselamatan dan kesehatan kerja karyawan. Seperti apa ya program K3?

Informasi Penting Seputar Program K3 untuk Anda!

Sesuai dengan namanya, program K3 mengusung keselamatan dan kesehatan kerja bagi karyawan. Program ini sendiri merupakan suatu program yang telah dibuat, yang berisi tentang berbagai macam tindakan dan penangan atas potensi bahaya dan kecelakaan kerja. 

Program ini tentunya dirancang untuk mencegah terjadinya hal-hal buruk yang tidak diinginkan selama bekerja.

Membicarakan soal program K3, Anda pasti pernah berpikir, untuk apa perusahaan harus mengikuti program ini? Selain untuk melindungi karyawan saat bekerja, program K3 juga memiliki manfaat lain, loh!

Kira-kira manfaat lain apa saja yang dimiliki program ini? Yuk, baca selanjutnya di bawah ini!

persiapan program k3
Source: Terpennes & Testing Magazine

Manfaat Program K3 untuk Pekerja

Melindungi Keselamatan Karyawan

Seperti yang telah dijelaskan, salah satu manfaat utama dibuatnya program K3 adalah untuk melindungi keselamatan karyawan saat bekerja. Tim manajemen K3 biasanya akan memberikan informasi serta himbauan tentang tata cara kerja yang perlu diikuti.

Para pekerja juga biasanya akan diminta untuk menggunakan pakaian sesuai dengan standar keamanan yang telah ditetapkan. Semua alat dan material bahan yang digunakan juga harus dipastikan keamanannya.

Menjamin Sumber Produksi yang Digunakan

Tujuan lain dari dijalankannya program K3 adalah untuk menjamin sumber produksi yang digunakan tetap aman. Sumber produksi yang dimaksud adalah alat dan bahan yang digunakan untuk bekerja. 

Dengan adanya manajemen program yang benar, penggunaan sumber produksi akan sesuai dengan standar kerja yang telah ditentukan. Penggunaan sumber produksi yang tepat juga akan meminimalisir potensi kerugian akibat kecelakaan kerja.

Meningkatkan Kesejahteraan Pekerja

Salah satu manfaat lain dari dilaksanakannya program K3 adalah untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan. Karyawan tentu akan merasa lebih aman dan sejahtera jika perusahaan mengikuti K3 dengan baik. Dengan adanya program ini, diharapkan perusahaan dapat meningkatkan kesejahteraan setiap tenaga kerja yang berada di bawah naungannya.

Dengan jaminan kesehatan dan keselamatan yang didapatkan saat bekerja, pekerja tentunya dapat lebih fokus bekerja. Kesejahteraan pekerja yang meningkat tentu akan memberikan keuntungan bagi perusahaan juga.

Macam-macam Program K3 dari Perusahaan

Nah, setelah mengetahui manfaat dari program K3 untuk karyawan. Apa saja contoh asli penggunaan programnya, ya? Berikut beberapa contoh arahan K3 yang biasanya dilakukan perusahaan!

Pembuatan Rambu K3 di Lingkungan Kerja

Rambu K3 atau safety sign merupakan rambu petunjuk informasi tanda-tanda bahaya di lingkungan kerja, yang berhubungan dengan program K3. Dengan adanya rambu tersebut, diharapkan setiap orang yang bekerja dan berada di lingkungan kerja dapat mengantisipasi kemungkinan bahaya. 

Rambu K3 juga dapat digunakan sebagai alat edukasi dari bahaya dan potensi bahaya di lingkungan kerja. Pada UU Nomor 1 Tahun 1970 yang mengatur tentang keselamatan kerja, pasal 14 B juga menyebutkan bahwa pemilik perusahaan memiliki kewajiban untuk memasan rambu prosedur K3 di kawasan kerja.

program k3
Source: Dynamic Movers NYC

Program Identifikasi Bahaya dan Penilaian Resiko

Program identifikasi bahaya atau risk matrix merupakan suatu komponen pengendalian program K3 yang harus diperhatikan saat pelaksanaan program. Risk matrix atau matrix risiko sendiri merupakan suatu matriks yang digunakan selama terselenggaranya penilaian risiko K3. 

Matriks ini diperlukan untuk menentukan tingkat risiko dengan mempertimbangkan segala kemungkinan yang terkait.

Materi Safety Talk atau Safety Morning Talk

Safety morning talk merupakan sebuah pembicaraan yang di dalamnya berisi isu dan regulasi terbaru terkait pekerjaan, prosedur kerja baru, alat pelindung diri dan sebagainya. Materi ini merupakan salah satu bentuk komunikasi yang diberikan supervisor pada karyawan, untuk mencegah dan menghindari potensi terjadinya kecelakaan kerja.

Meskipun terdengar sepele, pembicaraan ini harus rutin dilakukan supervisor dengan intensitas yang berkala. Pastikan juga supervisor memilih waktu yang tidak menganggu aktivitas kerja karyawan, sehingga fokus dan perhatian karyawan tidak terbagi.

Penggunaan Virtual Reality dengan Program K3

Nah, setelah mengenal lebih jauh tentang program K3, tentu alangkah baiknya jika perusahaan dapat mengikuti program ini, bukan? Namun, tidak semua perusahaan mengikuti program ini karena biaya yang dibutuhkan cukup besar. Eits, tenang. Sekarang ada cara agar perusahaan tetap dapat mengikuti program ini, namun dengan biaya yang lebih terjangkau.

Salah satu caranya adalah melalui integrasi dengan teknologi virtual reality. Seperti yang kita ketahui, virtual reality merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan penggunanya untuk masuk ke dalam dunia baru, menggunakan VR headset. Sangat mungkin bagi perusahaan untuk melakukan training program K3 bagi karyawannya melalui virtual reality.

smarteye.id merupakan salah satu perusahaan VR dan AR terbaik di Indonesia, yang dapat mengakomodasi kebutuhan perusahaan atas program ini. Merupakan bagian dari Telkom Indonesia, smarteye.id telah melayani berbagai klien besar seperti Pertamina, Astra Internasional, Wahana Visi Indonesia, dsb.

Tertarik namun masih bingung tentang penggunaannya? Anda bisa lakukan konsultasi lebih dulu dengan tim kami. Tenang, konsultasinya gratis, dan nanti Anda dapat kustomisasi berbagai fitur sesuai kebutuhan. Tunggu apa lagi? Yuk, hubungi smarteye.id sekarang juga!

Lindungi Karyawan Saat Bekerja dengan Program K3, Bagaimana Penjelasannya?

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.