logo

5 Game Virtual Reality Bertemakan Anime yang Bisa Kamu Mainkan!

5 Game Virtual Reality Bertemakan Anime yang Bisa Kamu Mainkan!

Seiring berjalannya waktu, game virtual reality semakin populer di kalangan para gamers. Perkembangan teknologi membuat harga VR headset semakin murah dan munculnya berbagai jenis game VR baru. Salah satunya yang populer adalah game bertemakan anime.

Suka menonton anime? Virtual reality (VR) kini memiliki berbagai macam pilihan game bertemakan anime. Dengan headset VR, kamu dapat seolah masuk dan merasakan pengalaman imersif di dalam dunia anime. Pengguna bisa merasa seperti sedang bersama karakter anime favorit mereka. 

Terdapat berbagai macam pilihan game anime yang seru untuk kamu mainkan. Dari genre novel visual, RPG, game puzzle, dan lainnya tersedia di headset VR yang ada saat ini. Apa sajakah game VR anime tersebut?

The Tale of Onogoro

Game VR Anime tale of onogoro
Sumber: GMW3

The Tale of Onogoro merupakan game VR anime yang menggabungkan genre puzzle dan petualangan. Game ini menceritakan mengenai petualangan antara pemain dan Haru, seorang gadis kuil melawan antagonis utama bernama Masatake

Sepanjang permainan, pemain dan Haru harus melewati berbagai rintangan puzzle yang berbeda menggunakan celestial weapon. Senjata tersebut dapat digunakan pemain untuk memanipulasi objek. 

Nantinya, mereka akan bertarung melawan monster raksasa yang disebut Kami. Game ini dapat dimainkan di Oculus Quest dan Quest 2.

Project LUX

Project LUX merupakan game VR anime yang berada di dunia futuristik canggih. Game ini menceritakan peradaban dimana manusia dapat sepenuhnya mendigitalkan kesadaran mereka dan mengunggahnya ke dalam teknologi cyberbrain. Teknologi cyberbrain ini memiliki banyak kegunaan, salah satunya yakni melihat ingatan seseorang akan suatu peristiwa.

Game VR Anime project lux
Sumber: Youtube

Dalam game tersebut, pemain diceritakan sebagai terdakwa yang diadili atas pembunuhan seorang gadis bernama Lux. Gadis ini adalah seorang seniman yang bekerja untuk pemerintah. Ide Lux kemudian digunakan untuk menghubungkan cyberbrain dengan emosi tubuh manusia. 

Project LUX dipecah menjadi lima bagian episode. Menariknya, tedapat banyak alur cerita dan akhir yang bergantung pada pilihan pemain. Game VR anime ini dapat dimainkan pada headset HTC Vive atau Valve Index.

Spice and Wolf VR 2

Game VR Anime spice and wolf vr 2
Sumber: Steam

Spice and Wolf VR 2 merupakan sekuel dari game VR anime yang populer di tahun 2019, Spice and Wolf VR. Dikisahkan di masa depan,pemeran utama bernama Holo dan Lawrence menetap bersama dan memiliki seorang putri. Game ini menceritakan mengenai keseharian kehidupan keluarga tersebut.

Spice and Wolf VR 2 memiliki mode interaktif di akhir cerita. Pemain dapat membuat Lawrence, Holo, dan putri mereka menonton klip dari anime menggunakan Kamishibai yang merupakan teater jalanan kertas Jepang. Kamu dapat memainkan permainan tersebut menggunakan Oculus Rift atau HTC Vive.

Laid-Back Camp – Virtual – Fumoto Campsite

Game VR Anime laid back camp
Sumber: IMDb

Apakah kamu Ingin pergi berkemah tanpa harus repot-repot? Game Laid-Back Camp – Virtual – Fumoto Campsite adalah pilihan yang cocok untuk kamu. Dengan game VR anime satu ini, berkemah dapat menjadi pengalaman yang seru ditemani dengan karakter anime lucu!

Game tersebut mengambil referensi anime yang memiliki nama yang sama, Laid-Back Camp atau Yuru Camp. Pemain dapat menjalani petualangan berkemah sebagai Rin bersama karakter Nadeshiko dan gadis-gadis lainnya dari serial anime. Kamu bisa makan makanan lezat, lihat pemandangan, berfoto, dan melakukan banyak aktivitas lainnya.

Food Girls – Bubbles’ Drink Stand

Food Girls – Bubbles’ Drink Stand merupakan game spinoff dari Food Girls. Game ini menampilkan salah satu gadis dari Food Girls, Bubbles. Pemain berperan sebagai Mr.Consultant dan harus membantu Bubbles di toko bubble tea miliknya. 

Game food girls
Sumber: Steam

Toko tersebut sudah berhari-hari tidak memiliki bahan baku, sehingga pemain harus mengumpulkan bahan-bahan dari Bubbles. Saat permainan berjalan, pemain mencoba menerima pesanan dan membuatnya secepat dan seakurat mungkin. 

Meskipun terlihat seru, game  Food Girls – Bubbles’ Drink Stand masih dalam tahap early access. Nantinya kamu bisa memainkannya melalui Valve Index, HTC Vive, dan Oculus Rift. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Lihat juga: Bagaimana Cara Kerja Virtual Reality?


Itulah 5 game VR anime yang dapat kamu coba. Tentunya masih banyak game lain yang memanfaatkan virtual reality. Apakah kamu ingin mengetahuinya? Jika kamu tertarik dengan informasi seputar VR, yuk klik di sini!

5 Game Virtual Reality Bertemakan Anime yang Bisa Kamu Mainkan!

Billy Nurfaudzi

A startup enthusiast who writes out of curiosity. My deepest appreciation and thanks for those of you who read this article. May you have a good day!