Bingung Memilihkan Konten Game untuk Anak? Cek 12 Rekomendasi Game VR Terbaik untuk Anak Berikut Ini

Dengan meningkatnya kualitas grafik, membuat bermain game VR semakin mengasyikkan. Namun, sebagai orang tua tentu memerlukan kejelian agar Game VR yang dimainkan oleh anak tetap memiliki unsur edukasi agar bermanfaat. Lalu, apa saja rekomendasi game VR terbaik untuk anak? Berikut 12 judul game VR rekomendasi dari Smarteye.id;

game vr rekomendasi untuk anak_credits to unsplash_smarteye(dot)id
Ilustrasi Anak memakai headset VR. Sumber Unsplash

 

Walaupun semenjak tahun 90’an game VR sudah mulai bermunculan, namun tidak semua anak pernah merasakan memainkan gim jenis ini. Hal ini dikarenakan perangkat keras gim yang disebut sebagai helm dan sarung tangan VR dibanderol dengan harga yang cukup fantastis.

Tetapi tak perlu sedih, sekarang perangkat keras gim ini sudah dapat dinikmati anak-anak karena dibandrol dengan harga yang lebih terjangkau dibanding 20 tahun yang lalu. Banyak perusahaan elektronik yang telah menjual perangkat keras untuk game VR seperti Samsung, Sony, HTC, dan Oculus.

Jika pada tahun 90an kualitas grafik pada game VR masih sederhana, sekarang gim virtual reality memiliki grafik menyerupai kehidupan nyata. Dengan meningkatnya kualitas grafik, membuat bermain game VR semakin mengasyikkan.

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda
Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda

Lalu, apa saja rekomendasi game VR terbaik untuk anak? Berikut 12 judul gim dan penjelasannya!

 

Rec Room

game vr rekomendasi untuk anak_credits to unsplash_smarteye(dot)id
Urutan pertama Game VR Terbaik untuk Anak adalah Recroom. Sumber Lifewire

 

Rec Room merupakan gim buatan Against Gravity yang dapat dimainkan pada perangkat keras HTC Vive dan Oculus Rift. Gim ini merupakan playground bagi pengguna VR. Di dalam gim ini, pemain dari berbagai penjuru dunia akan dipertemukan dan dapat bermain paintball, Frisbee golf, charades, dan dodgeball bersama. Namun tentu saja, karena tempat gim ini ‘terbuka’, maka ada pengguna yang baik dan tidak. Tapi secara keseluruhan, Rec Room merupakan tempat aman dan asyik untuk ditelusuri lebih jauh lagi.

Di dalam Rec Room, Anda akan mulai di dalam sebuah ruangan bernama ‘Dorm Room’ dimana Anda dapat mendesain dan memberi pakaian kepada avatar Anda. Selain memilih pakaian, Anda juga dapat memilih jenis kelamin, gaya potongan rambut, dan aksesoris. Ketika Anda sudah merasa avatar sudah sesuai, Anda akan berpindah tempat bernama ‘Locker Room’ dimana Anda akan bertemu dengan pemain lain dan memilih gim yang ingin dimainkan. Anda dapat keluar dari gim kapanpun dan kembali ke area ‘Locker Room’.

Sebenarnya, Rec Room merupakan gim yang mengasyikkan bagi semua umur, namun Against Gravity baru-baru ini hanya member akses untuk anak usia 13 tahun ke atas. Mengapa gim ini menyenangkan untuk anak-anak? VR paintball dapat dimainkan banyak orang!

 

Cleanopolis

Rekomendasi Game VR anak_Cleanopolis_smarteye(dot)id
Cleanopolis. Salah satu game VR yang direkomendasikan untuk Anak.

 

Cleanopolis merupakan gim dimana anak-anak ditantang untuk membersihkan lingkungan. Gim ini dimulai dengan Captain Clean yang membutuhkan bantuan pemain. Anak-anak harus berjuang Bersama Captain Clean untuk melawan perubahan iklim serta menghilangkan awan CO2 dari sebuah kota bernama Cleanopolis. Anak-anak dapat menjelajahi berbagai jalan di kota Cleanopolis secara keseluruhan, serta ada beberapa gim kecil dan kuis. Berkat keberhasilan anak-anak, kota Cleanopolis akan menjadi cantik dan mengurangi emisi CO2.

Gim ini sangat direkomendasikan untuk anak, karena dapat menambah wawasan anak terhadap lingkungan. Selain itu, anak dituntut belajar mengerti apa itu CO2 dan perubahan iklim yang juga masuk ke dalam pelajaran IPA di sekolah.

 

Unimersiv

game vr terbaik untuk anak unimersiv_smarteye(dot)id_credits to uploadvr
Gambar game VR anak: unimersiv. Sumber UploadVR

Unimersiv adalah sebuah layanan yang menyediakan konten VR untuk pendidikan. Ada beberapa piihan dalam unimersiv, yaitu menjadi seorang astronot yang menjelajahi luar angkasa, kembali ke masa lalu dengan mengendarai mesin waktu, atau masuk ke dalam tubuh manusia sehingga anak dapat menjelajahi tulang dan organ manusia secara menyeluruh. Aplikasi Unimersiv sangat bagus untuk pembelajaran anak, karena mereka akan mengerti tentang pelajaran melalui sebuah gim virtual reality.

 

Tilt Brush

Tilt Brush by Google_Salah satu game vr terbaik untuk anak_smarteye(dot)id
Tilt Brush dari Google. Salah satu game VR rekomendasi untuk Anak.

 

Gim keluaran Google ini merupakan versi perkembangan dari program paint yang sudah ada di computer sejak dulu. Hanya saja, ketika menggambar disini, gambar tersebut akan berubah menjadi 3D. Anak-anak akan belajar menggambar dan mengekspresikan diri mereka melalui gim ini.

Tidak hanya menggambar dengan kuas biasa, anak-anak juga dapat menggambar dengan menggunakan api, asap, lampu neon, listrik, dan masih banyak lagi. Karena itu, Tilt Brush merupakan gim yang tepat untuk mengasah kreatifitas anak!

 

InMind

Gamve VR rekomendasi untuk anak: InMind_ Smarteye(dot)id
Salah satu rekomendasi Game VR untuk Anak: InMind

Gim ini bercerita tentang seorang pasien yang mengidap penyakit misterius. Anak-anak yang memainkan gim ini akan dibawa ke dalam otak dan menyembuhkan pasien tersebut dengan berbagai instruksi yang diberikan. Pada setiap level, akan dijelaskan berbagai macam sel dan fungsi otak, sehingga anak akan belajar sambal bermain. Gim ini sangat cocok bagi anak-anak yang sedang mempelajari pelajaran biologi, karena akan sangat membantu dalam penghafalan nama-nama sel dan jaringan di dalam otak.

 

Apollo 11 VR

game vr untuk anak; Apollo 11_smarteye(dot)id
Salah satu game vr untuk anak: Apollo 11

Apakah Anda ingat dengan misi Apollo 11? Ya, misi ke bulan yang dijalani oleh Neil Armstrong pada tahun 1969 ini menjadi inspirasi bagi sebuah gim. Melalui teknologi VR, anak-anak akan pergi untuuk menjalani ekspedisi di luar angkasa. Mereka akan duduk di di dalam roket yang akan membawa ke luar angkasa dan disana mereka akan mempelajari berbagai macam planet, bintang, dan benda-benda luar angkasa lainnya. Gim ini tentunya akan membantu edukasi anak karena secara tidak langsung, anak akan mempelajari tentang luar angkasa yang juga menjadi salah pembahasan di pelajaran sekolah.

 

Cospaces

CoSpaces_credits to stealthvr_smarteye(dot)id
Salah Satu Game VR rekomendasi: CoSpaces. Sumber: Stealthvr

 

Ingatkah Anda dengan gim The Sims atau Sims City? Gim Cospaces akan memberi tugas kepada Anak untuk membuat dunia mereka sendiri melalui teknologi virtual reality. Karena menggunakan teknologi VR, maka bangunan dan segala macam isinya akan berbentuk 3D dan semuanya akan terlihat seperti nyata. Gim ini juga dapat mengajarkan anak tentang matematika karena anak harus memikirkan setiap kemungkinan ketika menata sebuah kota. Jika Sims City sangat mengasyikan bagi anak, bayangkan bagaimana keseruan Cospaces!

 

Sites in VR

game vr rekomendasi_Sites-in-VR_credits to  redkapmedia_smarteye(dot)id
Salah satu game vr rekomendasi; Sites in VR. Sumber Redkapmedia

 

Seperti namanya, ‘sites’ yang berarti tempat, adalah gim dimana anak akan mendatangangi tempat tersebut. Pada gim ini, anak akan dibawa ke berbagai tempat penting di dunia, beserta segala detil dan isinya. Menariknya lagi, gim ini membawa anak-anak ke berbagaii tempat bersejarah Islam, bahkan ke tempat-tempat yang tidak dapat dijangkau orang atau hanya dibuka selama beberapa waktu dalam setahun. Pada akhirnya, anakpun akan mendapat banyak informasi tentang bangunan-bangunan bersejarah ini.

 

King Tut VR

Game VR Rekomendasi dari unimersiv; King Tut_sumber Unimersiv_smarteye(dot)id
Salah satu game vr rekomendasi dari Smarteye: King Tut. Sumber gambar Unimersiv

 

King Tut VR merupakan gim dimana anak-anak akan ditugaskan untuk menelusuri kerajaan Mesir yang ada pada beberapa abad yang lalu. Pemain akan terperangkap di dalam sebuah ruangan yang penuh dengan harta karun dan hieroglif (karakter tulisan Mesir masa purba). Anak-anak akan belajar mengenai budaya Mesir lebih dalam, serta mempelajari tentang karakter tulisan Mesir yang sudah punah. Tentu saja, gim ini akan memberi pengetahuan baru untuk anak-anak.

 

Flashcards—Animal Alphabet

game vr anak_sumber flashcards_smarteye(dot)id
Rekomendasi Game VR untuk anak: AR Flash Cards. Sumber Arflashcards.

Gim yang menggunakan teknologi augmented reality atau AR ini sangat efektif sebagai media untuk pengajaran balita. Setiap balita tentunya perlu belajar alphabet dan nama-nama binatang. Nah melalui flashcards ini, orang tua atau anak hanya perlu mengarahkan kamera smartphone ke kartu flashcard dan setiap binatang yang ada di flashcards tersebut akan timbul. Cara pembelajaran ini akan menarik minat anak, sehingga mereka akan lebih cepat memahami apa yang diajarkan oleh orang tua mereka.

 

VR The Diner Duo

Rekomendasi Game VR Smarteye_VR The Dinner Duo_sumber Lifewire
Game VR Rekomendasi Smarteye; VR The Dinner Duo. Sumber Lifewire

 

Gim ini merupakan keluaran dari Whirlybird Games yang dapat dimainkan di HTC Vive dan Oculus Rift. VR The Diner Duo adalah gim yang dapat dimainkan oleh dua orang. Tetapi, bagaimana caranya ada dua orang bermain hanya menggunakan satu headset? Dalam gim ini, satu orang akan bermain sebagai koki yang menerima order makanan yang harus dimasak, sedangkan satu orang lainnya akan mengkontrol seorang pelayan menggunakan komputer.

Pemain yang mengoperasikan komputer akan mendapat pesanan dari pelanggan, memberitahu koki tentang pesananan tersebut, membuat membuat minuman, dan melayani pengunjung. Sementara itu, pemain yang menjadi koki akan menyiapkan makanan dan menaruhna di service counter agar dapat diambil oleh pelayan. Pekerjaan kedua pemain ini akan cukup sibuk setelah mencapai level 10. Kesulitan dalam gim ini akan meningkat di setiap levelnya dengan berbagai macam menu dan menambahnya jumlah pengunjung.

Semenjak dulu, banyak anak yang senang bermain masak-masakan. Mulai dari permainan dimana bahan-bahan makanan dibeli di toko, sampai dengan gim memasak yang dapat ditemui di smartphone. Dengan game VR ini, anak-anak akan merasa mereka benar-benar memasak dan tentu saja, gim ini akan disukai oleh anak-anak.

 

Job Simulator

Game VR Rekomendasi dari Smarteye; Job Simulatro_credits to Lifewire_smarteye(dot)id
Game VR Rekomendasi dari Smarteye; Job Simulator. Sumber Gambar Lifewire.

 

Job Simulator merupakan gim ciptaan Owlchemy Labs yang dapat dimainkan di HTC Vive, Oculus Rift, dan PlayStation VR. Gim ini bercerita tentang dunia di tahun 2050 dimana semua pekerjaan dilakukan oleh robot. Setiap pemain dapat memilih satu dari empat pekerjaan; kasir minimarket, pekerja kantoran, montir bengkel, atau koki.

Anda akan melewati tiap simulasi pekerjaan dengan sebuah robot sebagai mentor yang akan menjelaskan Anda tentang apa saja yang harus dikerjakan. Gim ini akan menyajikan berbagai macam situasi yang akan dinikmati semua umur. Karena itu, gim ini cocok untuk dimainkan oleh orang dewasa dan anak-anak. Selain itu, anak-anak gemar untuk menirukan apa yang orang dewasa kerjakan, sehingga gim ini dapat membuat anak-anak senang.

Itulah 12 game VR rekomendasi untuk anak-anak. Tentu saja, gim menggunakan teknologi ini akan sangat mengasyikkan bagi anak-anak. Namun, tahukah Anda bahwa virtual reality dapat digunakan untuk berbagai hal? Yuk, cari tahu lebih banyak tentang VR!

 

 

 

(Ditulis oleh Toska Dhia A.)

Post Author: Atikah

Content, SEO and Digital Marketing officer of SmartEye.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *