Rekomendasi Game VR Anak Terbaik untuk Kamu!

Rekomendasi Game VR Anak Terbaik untuk Kamu!

Peningkatan kualitas grafik membuat pengalaman bermain game virtual reality semakin seru. Namun, orang tua juga tetap harus memperhatikan sisi edukasi dari game yang dimainkan anak. Lalu, apa saja rekomendasi game VR terbaik untuk anak?

Game edukasi VR berpotensi menjadi alat pembelajaran yang efektif untuk mendorong empati dan pengetahuan anak. Artikel ini akan membahas berbagai game VR terbaik yang bisa dimainkan bersama keluarga.

Kamu bisa ajak si kecil untuk merasakan pengalaman teknologi virtual reality yang menyenangkan. Baca informasi terkait berbagai cerita game yang seru selengkapnya pada artikel yang satu ini, yuk!

Lihat juga: “Tren VR dan AR Menarik yang Akan Muncul di Masa Depan

Perkembangan Game Virtual Reality

Dalam satu tahun terakhir ini, virtual reality telah membuat comeback besar. Sebelumnya VR hanya menargetkan demografinya pada konsumen orang dewasa saja dengan game seperti Resident Evil 7, Beat Saber, dan Half-Life: Alyx. Namun, sekarang siapapun termasuk anak-anak berkesempatan besar untuk merasakan memainkan genre game VR ini.

Hal tersebut dikarenakan banyaknya perusahaan elektronik yang mulai menjual perangkat VR dengan harga terjangkau. Beberapa diantaranya seperti Samsung, Sony, HTC, PlayStation VR, dan Oculus Rift.

game VR untuk anak
Foto oleh iptek.co.id

Aplikasi dan game virtual reality memiliki efek yang kuat pada anak-anak. Kualitas grafik yang menyerupai kehidupan nyata dapat memberi hiburan dan mendorong anak-anak untuk bersosialisasi dengan orang lain. Aplikasi video game VR tentu bisa memberikan cara yang menyenangkan untuk bermain bersama keluarga ya.

Manfaat Game VR untuk Anak

Game VR mengajak pemain merasakan pengalaman memainkan game yang berbeda dari biasanya. Berbagai game VR terbaik untuk anak bisa kamu download sebagai pilihan hiburan online saat berada di rumah saja. Berikut beberapa manfaat dari permainan berbasis virtual reality yang bisa dirasakan pengguna usia muda:

Pilihan Hiburan Anak

Anak-anak pastinya senang untuk eksplorasi berbagai hal di sekelilingnya. Namun, tak jarang bahwa si kecil cepat bosan dengan permainan yang dimiliki.

Kamu bisa ajak si kecil masuk ke dunia virtual yang seakan nyata dengan game VR. Permainan zombie maupun game dari karakter film bisa menambah keseruan liburan anak di rumah.

Konten yang menarik dan memukau cocok untuk si kecil yang senang eksplorasi hal-hal baru dan bisa menghilangkan kejenuhan saat bermain di rumah saja ya. Sesi game VR bisa dimanfaatkan untuk bersantai bersama keluarga.

Cukup sediakan headset serta smartphone yang kompatibel dan download pilihan game yang seru. Kalau tidak ada headset VR, kamu bisa buat headset cardboard sendiri juga dari rumah, ya!

Meningkatkan Keseimbangan

Bermain video game dengan konten yang berfokus pada pelatihan otak dapat melatih keseimbangan dan keterampilan motorik halus, lho! Nah, game VR hadir menawarkan pengalaman video game yang serupa, namun terasa lebih nyata lagi. Si kecil bisa terlatih motoriknya karena game VR mengajak pemain menggerakkan seluruh tubuh selama bermain.

Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Pilihan olahraga saat libur sekolah di rumah mungkin cukup terbatas. Si kecil tentu bersemangat untuk mencoba berbagai kegiatan baru.

Pilihan game VR olahraga tentu bisa kamu coba bersama anak ya. Game VR seperti Fruit Ninja bisa membantu meningkatkan aliran darah dalam tubuh sehingga jantung menjadi lebih sehat. Jadi, bermain game tak hanya menyenangkan namun juga membuat tubuh bugar ya!

Game VR untuk si kecil
Foto oleh Econoxy

Meningkatkan Ekspresi

Anak kecil umumnya tertarik dengan banyak hal baru di sekitar. Namun, ada sebagian anak yang tidak terlalu ekspresif dalam menunjukkan emosinya.

Realitas virtual memberi si kecil kesempatan untuk meningkatkan kepercayaan diri, merasakan, serta menyampaikan emosinya. Dunia virtual memberikan si kecil kendali akan sekitarnya sehingga bisa lebih bebas berekspresi.

Sebagai Sarana Belajar

Game VR bukan hanya menyenangkan untuk dimainkan di rumah, genre games berbasis pendidikan juga bisa dikemas dengan pengalaman yang menyenangkan. Si kecil menjadi tidak bosan dengan cerita yang menarik. Konten ini berbeda dengan pengalaman belajar pada umumnya yang cenderung mudah membuat anak kecil bosan ya.

Si kecil bisa tetap belajar banyak hal baru sambil bersenang-senang. Wawasan akan teknologi games modern juga semakin bisa dikembangkan, bukan?

Rekomendasi Game VR Terbaik untuk Anak

Pengalaman bermain game untuk anak tentu perlu disesuaikan dengan usia si kecil ya. Para orang tua harus cermat memilih konten sebelum download dan memainkan games online di smartphone maupun gadget canggih lainnya. Berikut beberapa rekomendasi pilihan game VR anak yang bisa kamu coba:

Rec Room

Rec Room merupakan game buatanAgainst Gravity yang dapat dimainkan pada HTC Vive dan Oculus Rift. Pemain dari berbagai penjuru dunia dapat dipertemukan dan bermain bersama di dalam game yang satu ini.

Permainan dimulai ketika kamu berada dalam sebuah ruangan bernama “Dorm Room”. Dalam ruangan tersebut, kamu diajak untuk mendesain avatar sendiri termasuk memilih jenis kelamin, gaya potongan rambut, dan aksesoris.

Main Game Rec Room dengan Oculus Rift
Foto oleh uploadVR

Kemudian, kamu akan diajak berpindah ke mode “Locker Room” untuk bertemu dengan pemain lain dan memilih jenis permainan yang ingin dimainkan bersama. Memiliki tampilan game seakan nyata tentu seru, bukan?

Sebenarnya, Rec Room merupakan game VR yang mengasyikkan bagi semua umur. Namun Against Gravity baru-baru ini hanya memberi akses untuk anak usia 13 tahun ke atas. Jadi, perlu pengawasan lebih untuk memastikan anak mendapatkan akses permainan yang sesuai usianya ya.

Cleanopolis

Cleanopolis merupakan game dimana anak-anak ditantang untuk membersihkan lingkungan sekitar. Permainan ini dimulai dengan karakter Captain Clean yang membutuhkan bantuan pemain. Anak-anak sebagai pemain harus berjuang melawan perubahan iklim serta menghilangkan awan CO2 dari sebuah kota bernama Cleanopolis.

Saat memainkan permainan online ini, anak-anak dapat menjelajahi kota Cleanopolis dan menjawab kuis. VR game ini sangat direkomendasikan untuk anak-anak, karena dapat menambah wawasan mereka terhadap lingkungan. Selain itu, mereka juga dituntut untuk belajar mengenai perubahan iklim yang merupakan bagian dari pelajaran IPA di sekolah.

Unimersiv

Unimersiv adalah sebuah layanan penyedia konten VR untuk pendidikan yang memiliki beberapa pilihan mode permainan. Kamu bisa menjadi seorang astronot yang menjelajahi luar angkasa, kembali ke masa lalu dengan mengendarai mesin waktu, masuk ke dalam tubuh manusia, dan lainnya.

Game ini sangat disarankan bagi anak karena tampilan visual yang menarik dan juga interaktif, sehingga mempermudah proses pembelajaran. Download dan ajak si kecil main game yang satu ini, yuk!

Tilt Brush

VR game keluaran Google ini merupakan versi perkembangan dari program Paint yang sudah ada di komputer sejak dulu. Ketika menggambar, gambar tersebut akan berubah menjadi visualisasi gambar 3D. Anak-anak bisa belajar menggambar dan mengekspresikan diri mereka dengan games yang satu ini ya.

Tak hanya menggambar dengan kuas biasa, anak-anak juga dapat menggambar dengan menggunakan api, asap, lampu neon, listrik, dan masih banyak lagi. Terdengar menyenangkan ya? Karena itu, Tilt Brush merupakan salah satu game VR terbaik yang tepat untuk mengasah kreatifitas anak.

InMind

Game yang satu ini bercerita tentang seorang pasien yang mengidap penyakit misterius. Anak-anak yang memainkan game VR ini akan melakukan perjalanan ke dalam otak pasien dan menyembuhkan pasien dengan berbagai instruksi yang diberikan.

Game InMind di Playstation dan Oculus Rift
Foto oleh Steam

Pada setiap level games ini, pemain akan diberikan penjelasan seputar berbagai macam sel dan fungsi otak. Dengan konsep ini, anak akan merasakan pengalaman belajar sambil bermain yang seru ya.

Genre game VR ini sangat cocok bagi anak-anak yang tertarik untuk tahu lebih lanjut terkait pelajaran Biologi. Pemain bisa memahami konsep pelajaran yang rumit seperti nama sel dan jaringan di dalam otak dengan lebih baik.

Apollo 11 VR

Ingatkah kamu dengan misi Apollo 11? Ya, misi ke bulan yang dijalani oleh Neil Armstrong pada tahun 1969 ini menjadi inspirasi untuk sebuah VR game. Melalui teknologi VR, anak-anak akan pergi untuk menjalani ekspedisi di luar angkasa.

Game Apollo 11 VR di Oculust Rift dan Playstation
Foto oleh Steam

Mereka akan duduk di di dalam roket menuju luar angkasa dan disana mereka dapat mempelajari berbagai macam planet, bintang, serta benda-benda luar angkasa lainnya. Secara tidak langsung, game ini membantu edukasi anak-anak tentang luar angkasa yang juga menjadi salah satu pembahasan di pelajaran sekolah.

Cospaces

Melatih imajinasi anak dengan main game sangat baik untuk perkembangan otaknya. Cospaces adalah salah satu game VR yang mampu meningkatkan kecerdasan dan kreativitas melalui imajinasi anak-anak dengan membangun dan merasakan cerita dunia virtual.

Oleh karena itu, segala karakter di permainan ini ditampilkan dalam bentuk 3D. Meski hanya tampilan virtual, pemain bisa merasakan pengalaman yang seakan nyata. Bahkan mereka bisa membuat tur virtual yang unik.

Ingatkah kamu dengan permainan simulasi The Sims atau Sims City? Jika Sims City sangat mengasyikkan bagi anak-anak, bayangkan bagaimana keseruan Cospaces. Tentu tak kalah seru ya!

Sites in VR

Seperti namanya, sites yang memiliki arti “tempat”, adalah game yang membawa pemain ke dalam dunia virtual, seolah benar-benar berada di tempat lain. Mereka akan mengunjungi berbagai tempat penting dan bersejarah disertai segala detail dan isinya.

Dengan lebih dari seribu gambar panorama 360, anak-anak dapat menjelajahi keajaiban di setiap negara. Bahkan game VR ini dapat membawa pengguna ke berbagai tempat yang tidak dapat dijangkau orang atau hanya dibuka selama beberapa waktu dalam setahun.

King Tut VR

King Tut VR merupakan game yang mengajak anak-anak untuk menelusuri kerajaan Mesir pada peradaban awal. Pemain akan terperangkap di dalam sebuah ruangan yang penuh dengan artefak, harta karun dan hieroglif atau karakter tulisan Mesir masa purba.

Selain belajar mengenai budaya Mesir dan karakter tulisan Mesir yang sudah punah, anak-anak juga bisa bermain perburuan harta karun. Tentu saja, game ini memberi pengetahuan baru sekaligus pengalaman main game untuk anak-anak.

Flashcards – Animal Alphabet

Game berbasis teknologi augmented reality ini sangat efektif dijadikan media untuk pengajaran balita. Setiap balita tentunya perlu belajar alfabet dan nama-nama binatang.

Hanya dengan mengarahkan kamera smartphone ke kartu flashcard, orang tua dan anak akan melihat setiap binatang yang ada di flashcards tersebut timbul atau muncul. Cara pembelajaran ini akan menarik minat anak, sehingga mereka akan lebih cepat memahami apa yang diajarkan oleh orang tua mereka.

VR The Diner Duo

Game VR keluaran Whirlybird Games ini dapat dimainkan di HTC Vive dan Oculus Rift. VR The Diner Duo adalah game yang dapat dimainkan oleh dua orang tetapi dengan menggunakan satu headset. Bagaimana caranya?

Main VR The Diner Duo di Oculus Rift dan Playstation
Foto oleh Steam

Dalam game ini, satu orang akan memainkan game sebagai koki yang menerima pesanan makanan, sedangkan satu orang lainnya akan mengatur seorang pelayan menggunakan komputer.

Kesulitan dalam game ini akan meningkat di setiap levelnya dengan berbagai macam menu dan menambahnya jumlah pengunjung. Tentunya game VR ini akan disukai oleh anak-anak karena mereka akan merasa masuk ke dalam dunia baru tersebut.

Job Simulator

Job Simulator merupakan VR game ciptaan Owlchemy Labs yang dapat dimainkan di HTC Vive, Oculus Rift, dan PlayStation VR. Game ini bercerita tentang dunia di tahun 2050, dimana semua pekerjaan dilakukan oleh robot. Setiap pemain dapat memilih satu dari empat pekerjaan, yaitu menjadi kasir minimarket, pekerja kantoran, montir bengkel, atau koki.

Game VR terbaik Job Simulator
Foto oleh Steam

Kamu akan melewati tiap simulasi pekerjaan dengan sebuah robot sebagai mentor yang akan menjelaskan detail pekerjaan. Game ini cocok dimainkan oleh orang dewasa dan anak-anak karena menyajikan berbagai macam situasi yang akan dinikmati semua umur.

Anak-anak cenderung gemar menirukan apa yang dikerjakan orang dewasa, sehingga game ini dapat membuat cara kerja otak anak berkembang. Jika anak memiliki minat dalam bidang masak memasak, tentu game VR ini bisa jadi pilihan yang seru.

Pandemic By Prisms

Kalau kamu memiliki perangkat Oculus Rift, kamu bisa mencoba game Pandemic By Prisms untuk mengajak anak belajar aljabar bersama dengan cara yang lebih menyenangkan. Kamu bisa ajak anak belajar materi grafik, persamaan, fungsi eksponensial, dan lainnya.

SpaceEngine

Ajak si kecil untuk mengeksplorasi luar agkasa dengan SpaceEngine melalui bantuan perangkat Valve, HTC, Oculus Rift, Playstation, dan Windows. Aplikasi ini sendiri adalah simulator alam semesta berskala 1:1 yang bisa mengajak pemain menjelajahi tata surya.

Space Engine di Oculus Rift dan Playstation
Foto oleh Steam

Dengan berbasis konsep fisika Newton, kamu diajak berjalan-jalan melihat planet dan benda langit secara detail. Kamu bisa menyaksikan peristiwa jutaan lalu hingga perkiraan kondisi alam semesta di masa depan ya!


Itulah berbagai game VR terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan untuk mengajak si kecil merasakan pengalaman main game baru sambil belajar. Cukup siapkan perangkat seperti headset VR dan smartphone yang kompatibel, kamu bisa download dan pilih berbagai mode game VR yang diinginkan. Belajar menjadi lebih menyenangkan dan seru ya!

Namun, tahukah kamu bahwa virtual reality juga dapat digunakan untuk memasarkan bisnis, lho! Perusahaan smarteye.id menawarkan konsultasi kebutuhan teknologi untuk bisnis secara gratis.

Tunggu apalagi? Segera daftar dan jangan lewati informasi terbaru seputar vr dan ar lainnya yang sesuai dengan industrimu ya! Caranya mudah saja, hanya cukup klik di sini.

Rekomendasi Game VR Anak Terbaik untuk Kamu!

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.