Lagi Cari Headset Virtual Reality? Berikut Rekomendasinya!

Lagi Cari Headset Virtual Reality? Berikut Rekomendasinya!

Sedang mencari headset Virtual Reality? Baca sampai habis ulasan headset VR terbaik yang akan menjadikan aktivitas virtual kamu menjadi lebih nyata berikut ini.

Secara umum, ada 3 jenis headset Virtual Reality yang dibedakan berdasarkan penggunaannya, yakni tethered VR, standalone VR dan mobile VR yang bisa Anda pilih. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi dan permintaan pasar, jenis mobile VR Headset tidak lagi diproduksi karena kurangnya minat pembeli. Maka dari itu, kali ini kami akan fokus merekomendasikan 2 jenis headset Virtual Reality, yakni versi tethered (terhubung dengan PC) dan standalone (tidak harus dihubungkan dengan perangkat lain).

Kami telah merangkum rekomendasi headset Virtual Reality terbaik berdasarkan jenis penggunaannya. Baca selengkapnya di bawah ini!

headset virtual reality

Headset Virtual Reality Terbaik – Tipe Tethered

HTC Vive Pro 2

HTC merupakan sebuah merek teknologi yang tidak diragukan lagi kualitasnya. Berasal dari Taiwan, merek ini telah memproduksi berbagai perangkat teknologi seperti smartphone, laptop, tablet, dan sebagainya. Seiring dengan perkembangan teknologi, tentu saja HTC juga ingin masuk ke dalam pasar headset Virtual Reality yang sedang naik pamornya.

HTC Vive Pro 2 merupakan salah satu pilihan headset VR terbaik, terutama bagi kamu yang ingin bermain secara intensif menggunakan Virtual Reality. Dilengkapi dengan 2 controller utama dan satu headset, pengalaman gaming kamu akan terasa baru dan berbeda. 

Selain itu, perangkat satu ini juga diklaim memiliki resolusi terbaik untuk VR gaming. Didukung dengan fitur motion tracking yang sangat halus dan terbaik di kelasnya, tidak salah lagi kalau HTC Vive Pro 2 merupakan salah satu headset VR terbaik di pasaran.

Sony Playstation VR

Penggemar VR Gaming pasti sudah tidak asing dengan perangkat satu ini. Kehadiran Sony Playstation VR sangatlah menarik berkat dukungan pengembangan dari Sony, juga keterjangkauan dan ketersediaan dari PlayStation 4 dan 5, dibanding dengan PC gaming.

Yang Anda butuhkan hanyalah headset, Playstation 4/5, dan PlayStation Camera (sekarang termasuk dalam bundel PlayStation VR). Terdapat beragam permainan luar biasa pada PlayStation VR seperti Moss, Rez Infinite, Until Dawn : Rush of Blood, dan berbagai pilihan game lainnya.

Beragam permainan PlayStation VR yang menggunakan DualShock 4, sehingga Anda bahkan tidak memerlukan kontrol gerak. Namun, kontrol gerak itu sendiri merupakan ketertinggalan PlayStation VR, dimana headset masih menggunakan PlayStation Move wands dari era PlayStation 3, dan headset ini belumlah secakap serta senyaman pengendali Oculus Touch.

Dengar-dengar, seri terbaru dari Sony Playstation VR yakni PlayStation VR2 akan segera dijual secara umum. Untuk kamu yang ingin memiliki perangkat VR Gaming terbaru, jangan sampai ketinggalan perilisannya, ya!

Valve Index VR Kit

Valve Index VR Kit merupakan salah satu headset Virtual Reality yang sudah diakui kualitasnya dan mendapatkan banyak penghargaan. Dilengkapi dengan dua controller unik dan harness headset yang dapat diatur sesuai selera, wajar rasanya jika banyak pengguna menyukai perangkat ini.

Kualitas controller yang dimiliki Valve Index VR Kit merupakan salah satu dari yang terbaik dikelasnya. Hal ini dikarenakan adanya fitur finger tracking yang dapat mengikuti gerakan jari, meskipun hanya jari tengah dan jari ibu. Meskipun belum sempurna, penggunaan fitur ini memberikan pengalaman yang sangat berbeda dibanding headset Virtual Reality lainnya.

Headset Valve Index VR Kit dilengkapi dengan sebuah layar LCD yang dapat menyediakan ukuran gambar sebesar 1.600 x 1.440 piksel, dengan 120Hz refresh rate

Lihat juga: Teknologi Pintar Ini Bisa Merubah Warna Lipstick Kamu!

Headset Virtual Reality Terbaik – Tipe Standalone

Oculus Quest 2

Oculus Quest 2 merupakan headset Virtual Reality terbaru yang dirilis oleh Oculus. Setelah diakuisisi oleh Facebook (sekarang Meta), Oculus terus melakukan pengembangan fitur dan update bagi perangkat yang mereka jual. 

Oculus Quest 2 merupakan salah satu VR headset standalone yang paling banyak dibeli dan diminati oleh publik. Dengan desain baru yang lebih enteng dan modern, wajar jika produk satu ini disukai banyak orang. Selain itu, kamu juga tidak lagi ribet dengan kabel panjang yang menempel pada perangkat VR, karena Oculus Quest 2 sudah wireless. 

Salah satu kelebihan utama dari headset ini adalah opsi untuk bisa menggunakan Oculus Quest 2 dengan PC atau komputer. Untuk menghubungkannya ke komputer, kamu memerlukan aksesoris kabel tambahan yang bisa dibeli dengan terpisah.

Dengan harga yang cukup terjangkau, headset Virtual Reality ini bisa jadi pilihan baik untuk pengguna baru ataupun profesional yang sudah sering menggunakan VR headset.

HTC Vive Focus 3

Kalau kamu rela merogoh kocek yang lebih dalam untuk pilihan headset Virtual Reality terbaik, produk andalan dari HTC Vive ini bisa jadi pilihan kamu. Meskipun memiliki harga yang cukup tinggi, HTC Vive Focus 3 tetap saja diminati oleh banyak penggemar headset VR. 

Bukan tanpa alasan, headset Virtual Reality satu ini memang memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki produk lainnya. Beberapa diantaranya seperti layar yang lebih besar, menggunakan material yang tahan lembab, resolusi gambar yang sangat tajam, dan tersedianya slot memori tambahan.

Tidak hanya itu, perangkat satu ini juga dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 865, RAM 8 GB, memori 128 GB dan refresh rate 90 Hz. Bagaimana, tertarik untuk membeli produk satu ini?

Baca juga: Pengaruh VR dan AR pada Industri Gaming


Nah, sekarang kamu jadi lebih tahu pilihan headset Virtual Reality yang tersedia di pasaran, bukan? Kalau ingin tahu lebih lanjut terkait penggunaan teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality untuk bisnis, kamu bisa hubungi smarteye.id. smarteye.id merupakan salah satu penyedia jasa VR dan AR terbaik di Indonesia. Kami juga sudah melayani berbagai klien besar seperti Astra, ITB, @america, DHL, dan lain-lain. Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga!

Lagi Cari Headset Virtual Reality? Berikut Rekomendasinya!

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.