7 Rekomendasi VR Headset Terbaik di Tahun 2022

7 Rekomendasi VR Headset Terbaik di Tahun 2022

Tidak sedikit orang yang ingin memulai pengalaman bermain dan menjelajah menggunakan perangkat Virtual Reality seperti VR Headset. Fitur-fitur yang diberikan oleh perangkat ini cukup mengasyikan untuk dicoba, terutama karena adanya berbagai macam pilihan game dan tur virtual yang disajikan. Meskipun begitu harga seringkali jadi kendala. Masih banyak orang yang tetap mencari rekomendasi VR Headset terjangkau dengan kualitas yang baik.

Sebelumnya, apa Virtual Reality (VR) itu?

Dalam Bahasa Indonesia, VR berarti realitas maya, yakni sebuah teknologi yang dapat membuat penggunanya berinteraksi di dalam dunia maya atau 2D dan 3D seakan-akan pengguna berada di alam tersebut. 

Penasaran untuk tahu lebih lanjut? Yuk, baca informasi selengkapnya di bawah ini!

Lihat juga: Tren VR & AR Menarik di 2022!

Informasi Lengkap Seputar VR Headset untuk Kamu!

VR Headset sendiri umumnya banyak digunakan untuk bermain game. Dengan perangkat ini, pengguna dapat seolah-olah masuk dan berada di dalam permainan. Tentunya pengguna juga membutuhkan controller untuk bisa berinteraksi di dalam game. 

Selain untuk bermain game, pengguna juga bisa menggunakan VR Headset untuk melakukan virtual tour ke tempat yang belum pernah dikunjungi dengan bantuan Google Street View. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berjalan-jalan ke sebuah tempat dengan tampilan yang sangat nyata, bukan 2D atau 3D. 

Selain itu, VR juga sudah dipakai untuk keperluan penting seperti simulasi penerbangan untuk calon pilot dan pemasaran sebuah brand. Tentunya teknologi seperti ini adalah salah satu yang semakin dibutuhkan di kemudian hari seperti pada museum virtual tour ini.

Tanpa berlama-lama lagi, yuk mari kita simak rekomendasi VR Headset terbaik dari smarteye.id!

Oculus Quest 2

Pastinya banyak pecinta perangkat teknologi yang sudah kenal dengan Oculus. Sebagai salah satu merek pelopor VR Headset, wajar rasanya jika produk buatan Oculus menjadi salah satu rekomendasi VR Headset terbaik yang ada di pasaran. 

oculus quest 2
Sumber: Oculus

Setelah diakuisisi Facebook (sekarang Meta), Oculus Quest 2 atau yang juga dikenal sebagai Meta Quest 2 merupakan salah satu headset VR terbaik yang bisa kamu beli. Produk satu ini juga dilengkapi dengan dua controllers yang bisa digunakan pengguna untuk berinteraksi di dalam dunia virtual.

Beberapa kelebihan yang dimiliki produk ini adalah desainnya yang modern dan juga stylish, refresh rate 120Hz, dapat terhubung dengan komputer, dan juga memiliki build quality yang cukup oke. Sesuai dengan kualitas yang ciamik, produk satu ini juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Tertarik?

HTC Vive 

Tidak ingin ketinggalan dengan merek teknologi lain, HTC juga turut masuk ke dalam pasar VR Headset. Salah satu produk buatan mereka yakni HTC Vive juga banyak disukai dan direkomendasikan oleh penggemar perangkat VR. 

HTC Vive
Sumber: Vive

Salah satu kelebihan HTC Vive yang paling menonjol adalah sensor controllers yang sangat baik, sehingga mudah untuk digunakan. Selain itu, grafik gambar yang dihasilkan oleh perangkat satu ini juga sangat tinggi, sehingga dapat memanjakan mata penggunanya.

Meskipun memiliki harga yang lebih tinggi dari Oculus Quest 2, namun perangkat ini dijamin dapat memberikan pengguna pengalaman berbeda yang tentunya lebih memuaskan.

Lihat juga: Nikon Bersama Microsoft Membuat Platform Konten Virtual Reality!

Valve Index

Awalnya, Valve bekerja sama dengan HTC untuk merilis salah satu perangkat VR rilisan HTC yakni seri Vive. Namun, seiring berjalannya waktu, Valve juga ingin menunjukkan posisi mereka di dalam industri perangkat VR. 

valve index
Sumber: Valve Software

Valve Index merupakan salah satu perangkat VR high-end yang memberikan kualitas serta kenyamanan lebih pada penggunanya. Produk satu ini memiliki speaker yang sudah tertanam di dalam VR Headset-nya. Build quality yang dimiliki produk ini juga bisa diadu dengan produk perangkat VR lainnya di pasaran. 

Salah satu kelemahan yang dimiliki Valve Index adalah bobot VR Headset yang cukup berat, sehingga mungkin tidak terlalu nyaman untuk digunakan dalam jangka lama.

Lihat juga: Menangkap Hantu Ghostbusters VR Academy, Gimana Caranya? 


Setelah mengetahui berbagai rekomendasi VR Headset murah dan terbaik untuk kamu, sudah tahu mau beli yang mana? Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut terkait penggunaan teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality, kamu bisa hubungi smarteye.id! smarteye.id merupakan perusahaan penyedia teknologi VR dan AR untuk kebutuhan bisnis atau brand kamu! Mau tahu lebih lanjut? Kunjungi smarteye.id sekarang juga!

7 Rekomendasi VR Headset Terbaik di Tahun 2022

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.