Mengenal Sejarah Virtual Reality dalam Industri Gaming (Game VR)

Mengenal Sejarah Virtual Reality dalam Industri Gaming (Game VR)

Kalau berbicara tentang Virtual Reality (VR), banyak orang yang mengaitkannya dengan industri gaming. Hal ini tentunya wajar karena banyak orang yang memang mengenal teknologi ini setelah merasakan pengalaman bermain game Virtual Reality.

Sudah banyak pilihan game VR yang tersedia di pasaran, yang bisa kamu coba mainkan. Beberapa diantaranya seperti Rec Room, Resident Evil 7, Beat Saber, dan lain sebagainya. Industri game VR sendiri sudah mulai berkembang dan dimainkan banyak pemain. Namun, apakah kamu tahu asal mula terdirinya industri ini?

keseruan bermain game vr dengan teman
Sumber: Canva

Asal Muasal Berdirinya Industri Game VR

Munculnya industri game VR diawali dari penggunaan teknologi Virtual Reality secara masif. Dirilisnya prototipe Oculus Rift merupakan sebuah langkah baru yang memajukan industri ini pada tahun 2014 lalu. Prototipe Oculus Rift ini nantinya dibeli oleh Facebook dan berubah menjadi Oculus VR.

Di waktu yang bersamaan, Valve baru saja merilis teknologi baru pada layar VR headset. Teknologi ini memungkinkan tampilan multimedia yang muncul lebih lancar dan tidak lagging. Teknologi tersebut kemudian diadaptasi Oculus dan digunakan pada seluruh produk mereka.

Mengikuti langkah Valve dan juga Facebook, Sony kemudian mengumumkan projek terbaru mereka dengan merilis bocoran produk VR Headset bernama Project Morpheus pada tahun 2014. Setelah itu, semakin banyak raksasa teknologi yang mulai memasuki industri game VR seperti Google, Amazon, Microsoft, dan lain sebagainya.

Baca juga: Rekomendasi VR Game Mendidik untuk Anak!

Pengalaman VR Gaming yang Semakin Nyata

Seiring dengan pertumbuhan industri game VR, semakin banyak orang dan pengguna yang mencoba dan menyukai pengalaman yang disuguhkan. Istilah VR Gaming pun muncul. VR Gaming dapat diartikan sebagai pengalaman bermain game baru dengan balutan teknologi Virtual Reality. Penggunaan teknologi ini tentu dapat memberikan keseruan bermain game yang lebih imersif dan menarik.

Berbagai game Virtual Reality yang tersedia di pasaran dapat dimainkan dengan PC, ataupun standalone hanya menggunakan perangkatnya. Beberapa contoh VR Headset yang banyak digunakan adalah Oculus Quest dan juga HTC Vive.

memainkan game vr terbaik
Sumber: Canva

Jenis-Jenis Perangkat Game VR

Untuk bisa merasakan pengalaman bermain game Virtual Reality dengan lebih nyata, terdapat beberapa pilihan perangkat yang bisa kamu pilih. Berikut merupakan beberapa jenis perangkat dan rekomendasi yang bisa kamu gunakan.

  • Kacamata dan VR Headset

Perangkat penting yang harus kamu miliki untuk memainkan pilihan game VR terbaik adalah kacamata dan VR Headset. Seiring dengan kemajuan jaman, semakin banyak pilihan spesifikasi dan jenis yang bisa kamu pilih. Kini tersedia berbagai macam pilihan VR Headset mulai dari motion-control VR Headset, hingga perangkat sederhana untuk bekerja ataupun belajar.

  • Pengendali Permainan VR (Controller)

Layaknya perangkat gaming pada umumnya yang memiliki controller, perangkat VR juga memilikinya. Pengendali permainan VR atau controller merupakan perangkat khusus yang membuat pemain dapat merasakan game VR dengan lebih nyata.

Kerennya lagi, ada beberapa fitur khusus yang hanya terdapat di beberapa jenis controller. Fitur ini biasanya tersedia pada perangkat VR high-end, yang memiliki harga lebih mahal dibanding produk lain dikelasnya. Salah satu fitur yang dimaksud adalah motion detector. Fitur ini memungkinkan perangkat untuk mengetahui lingkungan sekitar nyata dari pemain.

Baca juga: Rekomendasi Permainan VR Terbaik untuk Kamu!

  • Sarung Tangan VR (Gloves)

Beberapa perangkat VR baru juga telah dilengkapi dengan sarung tangan VR, yang membuat pemain merasakan pengalaman bermain game VR terbaik. Sarung tangan ini biasanya dilengkapi dengan sensor yang dapat mengetahui pergerakan seluruh badan pemain. Sarung tangan VR yang digunakan juga dapat merasakan pergerakan jari dan tangan, yang memungkinkan pemain untuk mengambil barang kecil saat berada di dalam game.

bermain game virtual reality
Sumber: Canva

Pilihan Konsol Game VR

Untuk bisa menggunakan perangkat game VR, terdapat beberapa pilihan konsol yang dapat kamu gunakan. Berikut beberapa pilihannya:

  • PC dan Laptop

Banyak pilihan game VR terbaik yang tersedia biasanya bisa dimainkan di PC ataupun laptop. Pilihan game yang bisa dimainkan di komputer juga biasanya memiliki kualitas grafik yang sangat baik. Beberapa contoh perangkat yang bisa digunakan adalah Oculus Quest, Oculus Rift, dan HTC Vive.

  • Konsol Permainan

Spesifikasi game VR yang bisa dimainkan di konsol permainan biasanya hampir sama dengan yang ada di komputer ataupun laptop. Namun, konsol ini umumnya dirilis khusus dan hanya dapat dimainkan oleh salah satu merek konsol permainan. Contohnya adalah VR headset milik PlayStation.

  • Smartphone

Tidak hanya pada komputer ataupun konsol permainan, mulai banyak permainan yang bisa dimainkan pada ponsel pintar. Umumnya, merek dari smartphone tersebut akan merilis perangkat VR khusus yang hanya bisa digunakan di perangkatnya. Contohnya seperti Samsung Gear VR.


Teknologi Virtual Reality dipercaya akan terus berkembang mengikuti perkembangan jaman dan kebutuhan manusia. Kemunculan Metaverse tentunya dapat menghasilkan berbagai inovasi baru pada Virtual Reality. Keberadaan pemain dan juga berbagai pilihan permainan VR terbaik yang tersedia akan membuat industri ini selalu hidup.

Ingin tahu bagaimana teknologi Virtual Reality bisa digunakan di bisnis atau UMKM pilihan? Yuk, konsultasikan kebutuhan kamu dengan smarteye.id. smarteye.id merupakan salah satu perusahaan VR dan AR terbaik di Indonesia, yang juga bagian dari Telkom Indonesia.

smarteye.id telah melayani berbagai klien besar seperti Pertamina, Astra International, Wahana Visi Indonesia, dan lain sebagainya. Masih bingung? Tenang, kamu bisa lakukan konsultasi dengan kami secara gratis!

Tunggu apa lagi? Yuk, hubungi smarteye.id sekarang juga!

Mengenal Sejarah Virtual Reality dalam Industri Gaming (Game VR)

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.