Showcase Virtual Reality Pengganti Maket, Apa Saja Kelebihanya?

Penggunaan maket sebagai alat promosi bisnis properti memang sudah sangat umum. Meski secara fisik ukuranya besar dan sulit dibawa, maket menawarkan gambaran detail bangunan properti yang dijual. Dapatkah teknologi virtual reality menggantikan penggunaanya?

Credits: Liputan 6

Sebagai seseorang yang berkecimpung di dunia properti, maket selalu menjadi sebuah alat promosi utama. Maket menjadi alat promosi yang berguna untuk menampilkan gambaran detail eksterior maupun interior sebuah properti kepada client.

Tetapi, karena dimensi fisik yang besar, maket umumnya hanya bisa digunakan di tempat yang terbatas dan sulit untuk dipindahkan. 

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda
Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda

Kini dengan perkembangan teknologipara penggiat bisnis properti dapat membuat property showcase berbasis virtual reality. Menggunakan teknologi kamera 360, showcase berbasis virtual reality mampu menangkap detail yang akurat seperti maket tanpa kelemahan besar dimensi fisik yang dimilikinya.

Inilah kelebihan-kelebihan yang dimiliki showcase berbasis virtual reality dibandingkan dengan maket tradisional!

1. Showcase Virtual Reality Memungkinkan Promosi Dimanapun Client Berada

Credits: New Atlas

Bagi para penggiat bisnis properti, padatnya hari dengan client meeting tentunya sudah menjadi makanan pokok.

Membawa maket ke setiap pertemuan tersebut tentu bukan hal yang praktis dilakukan. Alhasil, pamflet sering jadi andalan meski tidak memberikan gambaran yang cukup detil untuk meyakinkan client akan properti yang akan ditawarkan.

Solusi  property showcase berbasis virtual reality tentunya menjadi sebuah pilihan yang tepat dalam situasi tersebut.

Showcase berbasis virtual reality menawarkan detail yang dimiliki sebuah maket tetapi dalam bentuk yang lebih ringkas. Hal ini dikarenakan penggunaanya hanya memerlukan gawai portabel seperti laptop ataupun telepon genggam sehingga dapat dengan mudah dibawa oleh satu orang.

Dengan property showcase berbasis virtual reality, anda tidak perlu berkompromi lagi soal detail saat client meeting kapanpun dan dimanapun anda berada.

2. Buat 2 Atau 20, Tak Perlu Waktu Ekstra Untuk Menambah Jumlah Showcase Virtual

Credits: The Washingtong Post

Sebagai penggiat bisnis properti, kadang ditemukan situasi dimana dalam hari yang sama terdapat dua event promosi properti yang berbeda. Jika anda sudah menyiapkan hal tersebut dari jauh hari, maka tidak masalah karena anda dapat menyiapkan maket untuk kedua event tersebut.

Tetapi jika dalam pembuatan maket ada kesalahan teknis atau maket rusak satu malam sebelum event berlangsung, tentunya promosi yang dilakukan menjadi tidak maksimal.

Dengan menggunakan property showcase berbasis virtual reality, konten promosi yang detil dapat dengan mudah direplikasi tanpa batas.

Hal ini dikarenakan showcase berbasis virtual reality merupakan konten digital berbentuk aplikasi dan website sehingga dapat diperbanyak dengan instan.

Dengan menggunakan showcase berbasis virtual reality anda tidak perlu takut lagi mengalami masalah kerusakan atau tidak cukupnya promotional tools sehingga promosi yang dapat terus dilakukan secara maksimal.

3. Perubahan Model Tak Terduga Tak Masalah dengan Showcase Berbasis Virtual Reality

Credits: Canerbilgin

Sebagai sebuah bisnis properti, kadang pembuatan maket dibutuhkan sebelum properti rampung untuk keperluan promosi kepada client potensial.

Namun kadang di tengah pembangunan properti belangsung, terdapat perubahan yang harus dilakukan dalam konstruksi, sehingga model maket yang sudah dibuat menjadi tidak relevan lagi. Maket yang lama pun menjadi tidak berguna dan maket baru harus dibangun sesuai dengan perubahan konstruksi yang terjadi.

Dengan showcase berbasis virtual reality revisi pada model bangunan tentu lebih mudah dilakukan. Alih-alih harus membangun semua dari awal, revisi cukup dilakukan pada bagian yang terdampak perubahan konstruksi tak terduga tersebut.

Hal ini dikarenakan showcase berbasis virtual reality dibangun dari konten digital yang memungkinkan perubahan atau bahkan penghapusan sebagian dari model yang sudah dibangun tanpa mempengaruhi struktur keseluruhan model.

Sementara pembuatan model pada maket tradisional  dibangun sebagai sebuah satu kesatuan, sehingga jika rusak tidak bisa diperbaiki hanya satu bagian saja.

Karena itu anda tidak perlu khawatir saat terjadi perubahan konstruksi tak terduga saat menggunakan showcase berbasis virtual reality karena sifatnya yang dapat diubah sesuai kebutuhan. 

4. Showcase Properti Berbasis Virtual Reality Lebih Ramah Lingkungan

Credits: picpedia.org

Di era modern seperti sekarang, pembeli properti dari kalangan milenial yang sadar akan lingkungan semakin tinggi. Tentunya mereka lebih menghargai praktik bisnis yang lebih ramah lingkungan.

Property showcase berbasis virtual reality tidak membutuhkan materi fisik seperti pembuatan maket.

Pembuatan showcase berbasis virtual reality tidak menimbulkan sampah seperti pembuatan maket tradisional. Saat sudah usang dan tidak dibutuhkan, showcase  berbasis virtual reality ini juga tidak perlu dibuang dan menjadi sampah seperti maket tradisional.

Hal ini pada akhirnya dapat mengurangi carbon footprint yang dihasilkan bisnis anda karena minimnya sampah yang dihasilkan dari pembuatan konten berbasis digital.

Tentu hal ini menjadikan showcase berbasis virtual reality lebih ramah lingkungan sekaligus mengurangi biaya pengolahan sampah hasil bisnis anda secara keseluruhan.

Bagaimana Contoh Penerapan Showcase Berbasis VR?

Banyak bisnis properti yang sudah mulai menggunakan showcase berbasis virtual reality. Salah satu contohnya adalah PP Urban Town yang menggunakan showcase berbasis virtual reality buatan Smarteye.id untuk menunjukan detail salah satu apartemen hasil konstruksinya.

Dalam showcase virtual ini, client potensial dapat dengan bebas melihat secara detail seluk beluk ruang apartemen yang ditawarkan dari sudut pandang orang pertama. Showcase ini membuat pelanggan seolah dibawa kedalam suatu event open house tanpa harus beranjak dari kursi yang diduduki.

Tentunya hal ini dapat membantu client mengambil keputusan pembelian karena client potensial dapat melihat ruang apartemen yang akan ditinggalinya secara detail.

Penggunaan showcase berbasis virtual reality ini memang memiliki banyak kelebihan. Selain mudah dibawa, showcase virtual juga mudah diperbanyak, diubah, dan lebih ramah lingkungan sehingga anda tidak perlu berkompromi lagi dalam memilih alat promosi yang tepat bagi anda.

Jika anda masih belum terbayang bagaimana kelebihan showcase berbasis virtual reality ini dapat membantu bisnis anda, Smarteye.id menawarkan konsultasi gratis yang dapat dicek disini.

Post Author: Muhammad Ichsan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *