Ini Dia Cara Virtual Reality Melatih Karyawan Baru dengan Efektif. Wah, Semakin Semangat Kerja, Nih!

Sejumlah sektor kerja di dunia kini memasukkan bantuan VR training untuk mengoptimalkan kemampuan karyawan baru. Selain terbukti efektif dan efisien, pelatihan dengan memanfaatkan teknologi Virtual Reality terbukti lebih melibatkan kekooperatifan calon karyawan dalam belajar. Seperti apakah training dengan Virtual Reality yang dimaksud?

kerja efektif dengan vr training_smarteye(dot)id_credits to pexels

 

 

Jika Anda menyimak bagaimana planetarium National Geographic memanfaatkan AR untuk pendidikan, Anda mungkin akan terpukau juga dengan VR dalam dunia pekerjaan.

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda
Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda

Proses belajar yang dirasakan berkat VR training tak hanya dirasa menyenangkan, tetapi juga lebih mudah diserap. Mau tahu seperti apa bentuk training yang dimaksud? Jangan lewati artikel ini.

Tahun lalu, ‘pasukan baru’ Kolonel Sanders untuk KFC tak ketinggalan dalam mengaplikasikan VR selama training karyawan. KFC menempatkan karyawan mereka dalam simulator training unik yang dianggap sebagai “pengalaman VR menyeramkan yang serupa gim escape room, BioShock.” Sedikit gambaran. Simulator ini dipenuhi dengan narasi seram yang ‘disuarakan’ Kolonel Sanders yang menghantui.

simulasi vr training untuk kerja
KFC memilih Virtual Reality sebagai teknologi utama untuk pelatihan calon karyawannya.

 

Menurut Eater, para trainee KFC menggunakan headset VR Oculus Rift untuk mengajarkan cara memasak resep ayam goreng Original Recipe. Untuk selamat dari ruangan ini, karyawan harus bermain sebagai tangan yang mendemonstrasikan 5 tahap memasak, mulai dari memeriksa ayam yang akan digoreng, membilas, sampai dengan menggoreng. Walaupun durasi training hanya 10 menit, kurang dari proses asli 25 menit, program training ini semata untuk merayakan kinerja restoran cepat saji ini secara menyenangkan.

Pelatihan Kerja Menggunakan VR

Sebuah lembaga riset Forrester mengatakan, salah satu industri yang paling cepat mengadopsi VR training adalah sektor berisiko kerja tinggi. Sebagai contoh, startup Strivr mendesain pengalaman VR untuk menunjukkan risiko kerja yang mungkin dihadapi pekerja konstruksi saat mengerjakan proyek.

SImulasi VR Training di Dunia Kedokteran_smarteye(dot)id_credits to pexels

 

Dunia kedokteran merupakan salah satu sektor yang berisiko kerja tinggi. Melalui VR training, perawat medis bisa mensimulasi penggunaan perangkat medis saat merawat pasien.

Berhubungan dengan training, pilot bisa menerbangkan pesawat lewat VR. Selain tahu rasanya menerbangkan pesawat secara real, para pilot juga terhindari dari risiko kecelakaan.

Virtual reality sebagai alat bantu simulasi juga ada dalam sektor militer. Alih-alih menerjunkan langsung para tentara ke medan perang, simulator VR bisa memperlihatkan suasana perang. Sensasi yang dirasakan pun nyata bak dalam medan perang sungguhan. Bisa dibilang, ini cara yang lebih praktis, aman, dan ekonomis.

Apa Itu VR Training?

Seorang profesional di bidang pekerjaan hingga kapan pun akan selalu dibutuhkan. Untuk inilah, training ada demi mengasah kemampuan pekerjanya dalam mengatasi problema sehari-hari. Inovasi teknologi VR membantu karyawan semakin valuable di mata pekerjaan yang digeluti.

Sejak kemunculan Oculus Rift and Gear VR, virtual reality mulai bersinar dan dimanfaatkan banyak sektor yang kami sebutkan di atas. Namun, apa dan seperti apa sih training berbasis VR?

Pada dasarnya, pelatihan kerja VR dilakukan secara simpel, menempatkan trainee di lingkungan 3D interactive yang relevan dengan materi yang mau diajarkan berbantu headset audio-visual. Cukup sampai sini, trainee sudah bisa merasakan lingkungan kerja sebenarnya.

Manfaat VR dalam Training Karyawan

VR Training by vrroom_smarteye(dot)id

 

Tak kalah keren dengan inovasi AR Interactive, manfaat VR selama pelatihan kerja, antara lain:

  • memperkecil gangguan berkonsentrasi selama training, mengingat trainee berada dalam simulasi real-life situation.
  • Informasi pekerjaan lebih relevan sehingga trainee bisa langsung mempraktikkan kemampuannya sejak hari pertama.
  • Proses belajar visual. Anda mungkin beberapa kali mendengar, 90% informasi yang diserap otak manusia berupa visual. Bahkan, 93% komunikasi yang kita lakukan pun bersifat visual. Nah, melalui VR training, materi yang diajarkan dipresentasikan dengan visual yang menawan, dalam format 3D pula. Jadi, daripada disampaikan melalui medium tekstual, metode ini lebih berhasil ‘masuk’ ke otak trainee.
  • Belajar menjadi lebih terjangkau. Beberapa tahun lalu, VR training hanya mampu dinikmati high-end commercial, pemerintahan, dan militer. Kini, banyak sektor cukup menggunakan perangkat VR seperti Oculus Rift dan HTC Vive yang notabene berharga terjangkau ditambah specs yang bagus.
  • Belajar menjadi lebih aman. Risiko pekerjaan merupakan salah satu yang tak terelakkan terutama jika pekerjaan Anda lebih banyak di lapangan. Maka itu, karyawan trainee butuh tempat aman untuk melatih skill. VR training bisa mewujudkan ‘tempat’ yang aman itu. Membiarkan karyawan berlatih dalam lingkungan 3D virtual reality tak hanya terasa nyata, tapi juga seolah sudah benaran bekerja.
  • Bisa dijalankan secara remote. Bangkitnya tren bekerja BYOD (Bring Your Own Device) memungkinkan pekerja berkolaborasi dari jarak jauh. Belum lagi, harga headset VR semakin terjangkau dan mudah dibawa-bawa. Ini juga menambah daftar kegunaan positif VR untuk training. Anggaplah trainee sudah memiliki perangkat VR pribadi, ia cukup mengunduh atau mengakses materi training dari situs perusahaan, di mana pun ia berada.
  • Membantu daya ingat trainee. Mirip dengan poin 3, segala materi yang diberikan selama training akan tertanam dalam memori trainee. Trainee bisa berlatih berulang-ulang sehingga materi diingat lebih baik dan meminimalisasi kesalahan yang mungkin terjadi selama bekerja.

 

Bagaimana, apakah Anda setuju dengan manfaat VR dalam training kerja tersebut? Boleh juga kan dicoba untuk training perusahaan Anda. Jika ingin cari tahu lebih lanjut tentang jasa pembuatan konten VR Training untuk karyawan perusahaan, anda bisa hubungi kami langsung disini. Psst, ada konsultasi GRATIS 24 untuk anda loh.

 

(Ditulis oleh Novrisa W. Wulandari)

Post Author: Atikah

Content, SEO and Digital Marketing officer of SmartEye.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *