Mengenal Oxford Medical Simulation, Simulasi dengan Virtual Reality untuk Dunia Medis

Penggunaan Virtual Reality dalam bidang pelatihan terdengar familiar. Namun, seperti apa terapannya dalam pelatihan bidang medis? Sebuah perusahaan di kota Oxford berhasil mengembangkan Virtual Reality untuk simulasi pelatihan medis untuk melatih para calon pekerja di bidang medis seperti dokter. Seperti apa caranya?

Kegunaan virtual reality atau VR dalam bidang kedokteran cukup banyak, salah satunya simulasi VR medis. VR terkenal dapat memudahkan pekerjaan seseorang, terutama pada tingkat keamanan dari pekerjaan itu sendiri. Nah, melihat keamanan yang dapat ditunjang oleh VR, bidang kedokteran pun ikut serta dalam mengembangkan teknologi ini. Perusahaan yang mencoba dan berinovasi  untuk bidang simulasi VR medis ini adalah Oxford Medical Simulation (OMS) yang berbasis di kota Oxford, Inggris.

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda
Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda

Virtual reality atau yang sering disebut VR merupakan teknologi yang menggunakan video dan audio 3D. Seseorang dapat menikmati VR jika sedang memakai headset VR, dimana otak pengguna tersebut akan berpikir bahwa yang sedang dilakukan adalah nyata.

Hal ini akan membuat seseorang melakukan suatu kegiatan, seolah-olah ia benar-benar sedang mengerjakan pekerjaan tersebut di ‘dunia’ lain. Melihat fakta ini, banyak orang yang melakukan inovasi untuk teknologi. Banyak pekerjaan di luar sana yang membutuhkan keamanan dan keselamatan. Sebut saya kontraktor, buruh, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya teknologi virtual reality ini, seseorang dapat berlatih tanpa harus khawatir ada hal-hal yang tidak mengenakkan terjadi.

Kendati memiliki nama yang sama dengan salah satu universitas terbesar di dunia, namun Oxford Medical Simulation (OMS) tidak terhubung dengan Universitas Oxford sama sekali.

Apa saja tujuan dan manfaat dari Oxford Medical Simulation?simulasi VR medis_OMS_smarteye

Oxford Medical Simulation merupakan sebuah program yang bertujuan untuk membantu dokter, suster, bahkan para pelajar ilmu kedokteran.

Pernahkah Anda bermain gim di smartphone dengan tema rumah sakit dimana Anda harus memeriksa, kontrol, dan mungkin melakukan operasi? Itulah yang akan Anda rasakan ketika memakai program ini. Bedanya, jika pada smartphone kita tidak dapat leluasa mencari tahu apa yang terjadi pada pasien secara detil dan keseluruhan, kita dapat mengetahuinya melalui program ini. Ya, tentu saja berbeda karena program ini bukan sebuah gim.

Alur Simulasi

Dalam Oxford Medical Simulation, Anda akan ditempatkan di suatu ruangan dan akan ada aktor atau pemain yang menjadi bagian dari tim Anda. Selain itu, akan ada juga seorang pasien yang perlu diperiksa kesehatannya. Setelah memeriksa pasien tersebut, Anda akan ditugaskan untuk memberikan laporan mengenai kondisi pasien saat itu.

Tidak hanya memeriksa pasien, namun Oxford Medical Simulation juga menantang Anda untuk mengatasi hal-hal darurat yang dapat terjadi pada pasien tersebut—misalnya operasi secara mendadak. Dalam program ini, setiap pengguna akan dapat berjalan kesana kemari keliling ruangan, layaknya sedang melakukan praktek pada dunia nyata.

Simulasi VR medis ini memang terdengar seperti gim, namun banyak sekali keuntungan yang akan di dapat. Tidak hanya pelajar, namun dokter dan suster pun disarankan untuk berlatih menggunakan program ini.

Tidak semua dokter dan suster memiliki kesempatan untuk menangani semua penyakit yang diderita pasien di dunia ini. Maka, dengan adanya simulasi VR medis ini, diharapkan dapat menaikkan kualitas para medis, sehingga akan turun resiko kegagalan yang akan diterima oleh pasien. Oxford Medical Simulation mendapat banyak pujian dari para pengguna yang sudah pernah menggunakan program ini.

Program ini benar-benar terasa seperti nyata dan juga membuat pelajar ilmu kedokteran merasa nyaman. Para pelajar dapat mempelajari banyak hal melalui program ini, sehingga mereka akan merasa percaya diri ketika nanti tiba saatnya bagi mereka untuk melakukan hal tersebut secara nyata.

Oxford Medical Simulation diprediksi akan digunakan oleh banyak orang di dunia sebagai program training VR. Training VR sejenis ini juga dapat di aplikasikan ke model bisnis lain yang menginginkan presentasi dan pelatihan yang interaktif, tidak membosankan, dan juga efektif.

Contoh training (pelatihan) dengan Virtual Reality untuk bisnis manufaktur, property dan lainnya Anda bisa cek website Smarteye.id, loh. Bahkan, anda juga bisa membuat konten pelatihan Virtual Reality ala bisnis anda disana.

Bagaimana, tertarik dengan model simulasi Virtual Reality?

 

(Ditulis oleh Toska Dhia Andana)

Post Author: Atikah

Content, SEO and Digital Marketing officer of SmartEye.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *