Baru dibuka! Studio Virtual Reality Seharga $5M di Singapura, Tertarik?

Baru dibuka! Studio Virtual Reality Seharga $5M di Singapura, Tertarik?

Virtual reality menjadi teknologi yang sedang banyak dibicarakan dewasa ini. Inovasi VR membawa pengguna seakan masuk ke dunia virtual yang baru dan menakjubkan. VR mampu menciptakan simulasi yang mirip dengan kondisi dunia nyata dalam bentuk digital.

Tak heran kalau virtual reality banyak diadopsi dalam berbagai industri di mancanegara, termasuk di Asia Tenggara. Perusahaan berlomba-lomba menghadirkan konten virtual reality yang dapat menarik perhatian pengguna. Namun, bagaimana cara pembuatan konten itu sendiri ya?

Tak perlu khawatir. Sekarang sudah ada studio khusus pembuatan konten virtual di Singapura. Apa saja fasilitas yang ditawarkan? Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Contoh Pemanfaatan Teknologi VR di Asia Tenggara

Perkembangan virtual reality di Asia Tenggara kian pesat. Sebagai contoh, Malaysia menghadirkan taman hiburan virtual reality bernama EXA Outpost. Di sini, kamu bisa main game dengan berbagai perangkat canggih yang berbeda dari permainan lainnya. 

Tak hanya taman bermain, Indonesia sendiri sudah menggelar konser berbasis virtual reality, lho! Penyanyi papan atas Rizky Febian berhasil melangsungkan konser virtual dengan teknologi augmented reality dan virtual reality pada tahun 2020 lalu. Konser ini dilengkapi berbagai tampilan efek 3D yang menarik seperti lirik melayang dan spanduk realistik.

Produksi konten virtual sendiri berbeda dengan proses pembuatan konten pada umumnya ya. Tentu, peralatan yang dibutuhkan berbeda. Oleh karena itu, studio khusus pembuatan konten virtual semakin dibutuhkan. Tenang saja, di Asia Tenggara sudah ada, tepatnya di Singapura!

Studio Virtual Reality OMG di Singapura

Perusahaan teknologi media Oceanus Media Global atau OMG menghadirkan studio produksi konten virtual yang dilengkapi berbagai teknologi canggih. Anak dari perusahaan Oceanus Group ini menawarkan fasilitas lengkap, serupa dengan teknologi  yang digunakan untuk membuat set virtual pada serial TV Star Wars The Mandalorian.

studio virtual reality Singapura
Foto oleh The Straits Times

Tahukah kamu? Dinding pada studio ini dilengkapi dengan panel LED yang bisa menampilkan latar belakang realistis. Kemudian, gambar pada latar ini melewati proses rendering dengan Unreal Engine 4, alat grafis 3D yang umumnya dipakai dalam produksi video game dan film. Untuk menciptakan ilusi lingkungan virtual pada dinding LED, kamera fisik di studio juga disamakan dengan kamera virtual.

Kelengkapan teknologi ini bisa dimanfaatkan dalam berbagai produksi media. Contohnya adalah untuk acara konferensi, presentasi, pelatihan, hingga berbagai acara hiburan seperti konser, festival, video musik, dan produksi film. Tempat ini disebut juga sebagai Futurealistic Studio yang berfungsi sebagai platform bagi para klien yang ingin mewujudkan pengalaman futuristik.

Studio ini sendiri merupakan yang pertama di Asia Tenggara ya! Sebelumnya, OMG telah mengerjakan beberapa produksi skala besar seperti membuat konser virtual rapper Shigga Shay dan membuat konvensi digital RazerCon di tahun 2020. Perusahaan ini sendiri menggunakan studio OMG untuk melangsungkan rapat umum tahunan virtual secara online. Menarik bukan?


Setelah membaca artikel di atas, apakah kamu tertarik untuk mencoba mersakan pengalaman virtual reality? Atau kamu tertarik untuk terapkan teknologi canggih pada bisnismu? Bisa saja! 

Konsultasikan teknologi yang cocok untuk bisnismu dengan smarteye.id. Kunjungi juga situs resmi smarteye.id untuk baca lebih banyak informasi seputar inovasi teknologi.

Baru dibuka! Studio Virtual Reality Seharga $5M di Singapura, Tertarik?

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.