Membawa Taman Safari di Rumah dengan Google AR Core

Membawa Taman Safari di Rumah dengan Google AR Core

Mengunjungi taman safari tentu tak cuma hanya refreshing tapi juga bernilai edukasi pada anak-anak. Mengenalkan berbagai jenis hewan beserta perilakunya. Memang dengan keberadaan internet beserta berbagai gambar dapat menjelaskan bentuk dan rupa hewan-hewan tersebut. Namun, bentuk aslinya tentu lebih memukau. 

Meskipun pandemi masih berlanjut, tapi sekarang kamu dapat melihat berbagai hewan secara langsung. Gimana caranya? Dengan Google AR Objects! Teknologi AR Core berbasis Augmented Reality (AR) dari Google ini memungkinkan penggunanya untuk menghadirkan berbagai pilihan hewan, objek, hingga dinosaurus secara langsung!

Mau tahu lebih lanjut? Baca informasi selengkapnya di bawah ini, ya!

Edukasi dan Hiburan dari AR Core

harimau 3D dari AR Core
image by Cnet

Salah satu alasan kenapa banyak orang membuka internet hingga sosial media adalah untuk mendapatkan hiburan. Hiburan menjadi fokus utama. Jadi, meskipun tujuan kita untuk mengedukasi, penyampaiannya harus menghibur. Google AR Objects adalah salah satu cara edukasi sekaligus hiburan. Terutama pada fitur yang menampilkan hewan-hewan virtual.

Google AR Objects; yang dibuat dengan AR Core, merupakan sebuah fitur gratis yang dapat membuat pengguna menggunakan teknologi AR secara langsung. Dengan teknologi ini, kamu bisa melihat berbagai pilihan hewan ataupun objek AR secara langsung.

Di akhir tahun 2021, terdapat lebih dari 80 hewan virtual seperti kucing dan harimau 3D  yang bisa dilihat pada Google AR Objects. Selain itu, Google juga menambahkan berbagai dinosaurus serta hewan yang terancam punah ke dalam fitur menarik ini.

Lihat juga: Pameran Virtual yang Tak Kalah Menarik

Bagaimana Cara “Menghadirkan” Hewan ke Dalam Rumah

hewan virtual dengan AR Core
image by kompas.com

Nah, setelah mengetahui fitur Google AR Objects yang didukung AR Core, mau coba fitur ini secara langsung? Tentu bisa. Ikuti arahannya di bawah ini!

Pastikan Perangkat Kompatibel

Untuk bisa mengakses ini, kamu bisa gunakan perangkat pintar seperti smartphone ataupun tablet. Spesifikasi yang dibutuhkan dari setiap perangkat adalah:

  • Android: Android 7.0 atau lebih tinggi, atau yang sudah terinstall Google Play Store.
  • iOS: Minimal iOS 11 atau lebih tinggi.

Setelah memastikan kalau perangkat yang kamu pilih bisa digunakan, mari kita lihat langsung berbagai hewan menarik di Google AR Objects!

Cara Mengakses Google AR Objects | AR Core

Untuk bisa mengakses teknologi buatan AR Core ini, pastikan kamu sudah membuka aplikasi Google pada perangkat pilihan. Setelah itu, kamu dapat mengetik nama hewan yang ingin kamu lihat seperti harimau 3D ataupun anjing 3D. 

Google kemudian akan menampilkan hasil pencarian dari hewan yang kamu cari. Kalau kamu perhatikan atau scroll ke bawah, akan terdapat pilihan “View in your space” atau “View in 3D”. Klik salah satu dari kedua pilihan dan kamu dapat langsung melihat hewan pilihan dengan teknologi AR di rumah kamu!

Pengguna juga dapat mengatur ukuran hewan melalui layar perangkat. Cukup besar dan kecilkan hewan melalui layar perangkat sesuai keinginan. Selain itu, pengguna juga dapat menghadirkan lebih dari satu hewan pada layar perangkat yang sama. Mirip seperti taman safari, bukan?

Teknologi Augmented Reality untuk Berbagai Kebutuhan

Setelah mengetahui teknologi AR Core yang mendukung fitur Google AR Objects, apakah kamu tertarik untuk tahu Augmented Reality (AR) lebih dalam? Tidak hanya untuk kebutuhan edukasi dan hiburan, AR juga dapat digunakan untuk kebutuhan marketing ataupun bisnis!

smarteye.id merupakan salah satu penyedia jasa Virtual Reality dan Augmented Reality terpercaya di Indonesia. Merupakan bagian dari Telkom Indonesia, smarteye.id telah melayani berbagai klien besar seperti Pertamina, @america, Astra International, dan lain sebagainya. 

Takut harganya mahal? Tenang, konsultasikan dulu kebutuhan secara gratis dengan kami! Tunggu apa lagi? Yuk, konsultasi sekarang juga!

Membawa Taman Safari di Rumah dengan Google AR Core

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.