Teknologi Artificial Intelligence (AI) Bisa Tahu Feeling Kamu Hanya dari Suara!

Teknologi Artificial Intelligence (AI) Bisa Tahu Feeling Kamu Hanya dari Suara!

Perkembangan teknologi tak cuma membuat hidup makin mudah, tapi juga membuat kita terpana bahkan terheran – heran. Mungkin kita sekarang merasa biasa saja dengan adanya beragam platform untuk mengirim pesan seperti berbagai aplikasi pesan dan juga email.

Namun 30 tahun yang lalu, mungkin semua hal ini belum terbayangkan. Hanya ada telepon, pager, dan surat pos. Itu pun tidak bisa dijangkau semua orang. Hal serupa juga akan terjadi pada teknologi Artificial Intelligence atau AI. Memang apa itu AI?

Selengkapnya Tentang Teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk Kamu!

robot dengan penerapan artificial intelligence
Foto oleh Alex Knight dari Pexels

Pernah mendengar istilah Artificial Intelligence atau AI? Di era digital seperti sekarang, sudah banyak gadget yang menggunakan teknologi AI untuk mempermudah penggunaan seperti smartphone, smart TV dan sebagainya. Namun, apa itu sebenarnya AI? Bagaimana caranya AI dapat mengetahui dan membaca isi perasaan manusia?

Pada dasarnya, AI merupakan simulasi kecerdasan manusia dalam mesin yang diprogram untuk berpikir dan bertindak seperti manusia. Jadi, tidak mengherankan jika AI juga bisa membaca pikiran manusia, memahami emosi serta perasaan manusia. Kemampuan ini bukan wacana, namun sudah diterapkan oleh beberapa platform layanan berbayar seperti Spotify.

Lihat juga: 7 Aplikasi Augmented Reality Tahun 2021

Awal tahun ini, Spotify menerima hak paten untuk penggunaan teknologi yang dapat membaca emosi manusia berdasarkan pengenalan suara di sekitar penggunanya. Dengan cara ini, perusahaan bisa menentukan kepribadian pendengarnya. Alhasil, Spotify dapat merekomendasikan musik yang sesuai dengan suasana hati, kepribadian dan juga minat pendengarnya.

Sensor teknologi AI ini pun sedang dalam pengembangan lebih lanjut agar bisa digunakan pada lebih banyak barang elektronik seperti mobil. Emosi & minat pengguna dapat diketahui hanya dari pengenalan nada suara.

Meskipun masih belum sempurna, pengenalan mood pengguna melalui emosi dan nada yang disampaikan dapat dikembangkan menjadi berbagai teknologi baru, yang bisa mempermudah dan membantu kehidupan manusia.

Tak cuma pikiran manusia, emosi hewan pun bisa dipahami dengan artificial intellegence

Masa Depan AI

masa depan artificial intelligence
Foto oleh Tara Winstead dari Pexels

Tentu, Spotify bukan satu-satunya platform yang menerapkan AI. Di masa depan, AI akan makin banyak diterapkan untuk berbagai keperluan. Namun, kehadiran AI di tengah-tengah kehidupan bukan tanpa pertentangan.

Kemampuan Spotify membaca emosi pengguna, kemudian menyarankan berbagai lagu ditentang oleh beberapa kalangan musisi. Mereka menilai bahwa teknologi Artificial Intelligence yang diterapkan Spotify dapat mencederai hak asasi manusia.

Meski perbedebatan terus belanjut, perkembangan teknologi AI tak bisa dibendung. Banyak pertanyaan seperti definisi dan fungsi AI di kehidupan sehari-hari terus muncul, mengikuti perkembangan teknologi yang semakin cepat. Akan semakin banyak muncul beragam platform yang dapat memahami pengguna mulai dari selera, suasana hati, hingga minat.

Dalam beberapa tahun, algoritma yang ada pada berbagai plaform dapat dengan jelas mengetahui suasana hati. Beberapa contohnya seperti aplikasi Spotify yang makin memahami profil kita atau Netflix yang dapat melihat kecenderungan genre film favorit.

Bahkan platform Zappos yang terus mengamati kecintaan pengguna pada berbagai desain sneaker yang mahal. Kemudian ada juga Facebook yang sangat memahami indikasi minat pengguna pada angka “likes“ & “dislikes” pada platform tersebut.

Artificial Intelligence dalam Menyelamatkan Hidup Kita

Meski demikian, Artificial Intelligence juga dapat membantu menyelamatkan hidup kita. Misalnya, saat kita menyetir dengan suasana hati yang tidak baik, maka artificial intelligence dalam mobil dapat mengambil alih ke mode autopilot secara otomatis tanpa perintah kita.

Tesla merupakan salah satu merk kendaraan canggih sudah memilik dan menerapkan teknologi ini. Artificial Intelligence menjadi sangat berguna bukan?

Artificial Intelligence Dapat Memprediksi Serangan Jantung

Seiring dengan perkembangan jaman, berbagai penelitian terus dilakukan untuk dapat mengembangkan Artificial Intelligence ke dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu yang paling baru terdapat di industri medis. 

Serangan jantung merupakan salah satu penyebab kematian manusia tertinggi di dunia. Karena waktunya yang cepat, kebanyakan orang yang terkena serangan jantung pasti akan meninggal dunia. Namun, dengan pengecekan kesehatan rutin, penyebab terjadinya penyakit ini sebenarnya dapat diketahui.

Jika penyebabnya diketahui, kita dapat mencegah penderitanya terkena serangan jantung. Pengecekan tersebut dinamakan CTA (Coronary Computed Tomography Angiography), yang dapat menunjukkan detail gambar dari hati dan pembuluh arteri. 

Berawal dari hal tersebut, banyak peneliti kesehatan yang berpikir untuk memadukan teknologi Artificial Intelligence untuk memecahkan masalah ini. Setelah beberapa waktu, penelitian tersebut sepertinya membuahkan hasil.

Sekelompok peneliti dari Cedars-Sinai Medical Center berhasil membuat teknologi Artificial Intelligence yang dapat membantu memprediksi serangan jantung, yang mungkin terjadi ke banyak orang. Bagaimana caranya?

Awalnya, para peneliti di Cedars-Sinai Medical Center mengumpulkan gambar CTA dari 1.196 orang dari berbagai pusat kesehatan. Setelah itu, para ilmuwan akan mengidentifikasi gambar tersebut dengan bantuan AI.

AI dapat membedakan gambar CTA penderita yang mungkin akan terkena serangan jantung selama 5 tahun kedepan. Canggih, bukan? Meski begitu, teknologi ini masih dalam pengembangan untuk dapat memberikan hasil yang lebih akurat.


Apapun itu, perkembangan artificial intelligence adalah sebuah kemajuan yang tidak akan bisa terhentikan. Hidup menjadi semakin mudah, aman dan nyaman. Sebelum melangkah ke sana, berkenalan dengan layanan berbasis virtual reality dan augmented reality merupakan langkah yang tepat.

Walaupun terdengar asing, faktanya teknologi virtual reality dan augmented reality perlahan masuk ke dalam kehidupan sehari-hari untuk mempermudah berbagai hal.

Terdapat banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan teknologi ini seperti untuk berbagai operasional bisnis, pelatihan, promosi hingga komunikasi yang bisa menjadi semakin efektif dengan VR dan AR. Tertarik? Mari melangkah ke masa depan bersama smarteye.id!

Teknologi Artificial Intelligence (AI) Bisa Tahu Feeling Kamu Hanya dari Suara!

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.