6 Fakta Seru Pemakaian Teknologi AR pada film Iron Man

6 Fakta Seru Pemakaian Teknologi AR pada film Iron Man

Teknologi AR (Augmented Reality) sudah banyak diterapkan untuk berbagai kebutuhan. Beberapa diantaranya seperti untuk training pegawai, operasional pabrik, hingga promosi kegiatan marketing. Namun, semua itu masih terasa awam bagi masyarakat.

Informasi Penting Seputar Penggunaan Teknologi AR di Iron Man

Mungkin Anda juga masih merasa awam dan tidak familiar dengan penggunaan teknologi ini. Tapi, tahukah kamu bahwa sebenarnya kamu sudah menikmati teknologi AR pada salah satu film kesukaan banyak orang, Iron Man. Teknologi AR dalam film Iron Man terpampang jelas pada berbagai adegan. 

Penasaran, pada bagian mana saja teknologi AR ada di Iron Man? Simak pembahasan di bawah ini:

Lihat juga: Melirik Serunya Tren Teknologi 2023, Apa Saja ya?

Holographic Projection Interface

penggunaan teknologi AR pada film Iron Man
sumber marvel.com

Pengembangan teknologi AR dalam film Iron Man yang pertama adalah Holographic Projection Interface. Teknologi ini terlihat saat Tony Stark memanipulasi proyeksi data digital secara fisik di atas meja/melayang di udara. Ia mengoperasikan hingga mengeksekusi perhitungan hanya dengan menyentuh layar hologram dia atas meja.

Heads Up Display  

teknologi Heads Up Display
sumber marvel.com

Tak cuma Holographic Projection Interface, masih ada penggunaan teknologi AR lainnya yang ada dalam film Iron Man. Bahkan, teknologi satu ini sangat sering ditampilkan penggunaannya. Yup, Head Up Display!

Teknologi Head Up Display umumnya ada pada seluruh pakaian, hingga aksesoris milik Iron Man untuk melakukan berbagai hal. Beberapa diantaranya seperti menerima dan melakukan berbagai perintah, melakukan analisis secara real time ataupun hal sepele seperti menelepon seseorang.

Lihat juga: Augmented Reality adalah Masa Depan, Apa Saja Kegunaannya?

Stark’s Smartphone

penggunaan AR pada film Iron Man
sumber marvel.com

Nampaknya teknologi AR pada Iron Man memang sudah benar-benar menyatu dengan kehidupan tokoh utamanya, Tony Stark. Kehadiran AR tak cuma ditampilkan dalam persenjataan dan baju besinya, tapi juga dalam tampilan smartphonenya. smartphone transparan tersebut dapat menghubungkan akses langsung ke hologram ke komputernya.

Meskipun terdengar sangat canggih, namun bukan tidak mungkin kalau nantinya smartphone yang kita miliki juga dapat memiliki tampilan AR. Duh, jadi tidak sabar!

Lihat juga: VR AR Berpotensi Tingkatkan Ekonomi Indonesia

Holographic Computer Interface dalam AR Iron Man

Serupa tapi tak sama dengan poin pertama (Holographic Projection Interface), Holographic Computer Interface juga merupakan teknologi tampilan berbasis hologram. Namun yang membedakan, teknologi ini tetap membutuhkan layar sebagai media penampilan data. Teknologi AR Iron Man ini dapat kamu saksikan saat Tony Stark menemukan elemen atom baru.

Holographic Computer Interface AR Iron Man
sumber marvel.com

Telepresence Headset

Headset AR Iron Man
sumber marvel.com

Kalau kamu perhatikan, kamu pasti pernah melihat Tony Stark menggunakan sebuah headset sembari memerintah JARVIS untuk melakukan berbagai hal. Headset tersebut diberi nama Telepresence Headset, yang tentunya memiliki berbagai kegunaan. 

Perangkat ini dapat digunakan Tony Stark untuk mengontrol setelan baju nya dari jarak jauh. Dengan kata lain, headset AR yang digunakan oleh Tony berperan sebagai remote control, dimana Tony Stark dapat memerintah salah satu baju besi miliknya untuk melakukan aktivitas yang dia perintah.

Meski Tony Stark tidak memakai baju Iron Man-nya, Tony dapat memberikan perintah melalui Telepresence Headset menggunakan suara. Nantinya aktivitas yang dilakukan akan dipantau melalui kacamata AR yang digunakan.

Pilihan Film Lain yang Menggunakan Augmented Reality

Nggak cuma penggunaan AR pada Iron Man, faktanya teknologi Augmented Reality juga telah digunakan di film box office lainnya. Kira-kira, ada film apa saja ya? Yuk baca informasi lengkapnya di bawah ini!

Terminator

Siapa yang tidak tahu film Terminator? Film yang menceritakan tentang robot tentara dari masa depan yang bisa membunuh semua orang dengan kecanggihannya. Film ini ternyata juga menggunakan teknologi Augmented Reality loh di dalam aspek ceritanya!

Tidak hanya itu, terdapat juga cuplikan dimana karakter utama, Arnie, sedang menggunakan penglihatan AR nya untuk melihat ukuran baju orang di sekitarnya. Hal tersebut tentu saja akan mungkin dilakukan dengan bantuan teknologi Augmented Reality.

Avatar

Eits, Avatar yang dimaksud bukan series Avatar: The Last Airbender, ya! Film Avatar yang dimaksud merupakan box office yang sempat menduduki posisi film terlaris sepanjang masa.

Selain penggunaan AR pada Iron Man, penggunaan teknologi Augmented Reality pada film ini juga cukup memukau, loh! Salah satu cuplikannya bisa dilihat saat Jake Sully sedang melihat sebuah peta interaktif canggih yang menunjukkan lokasi sekitar dan posisi pohon Na’vi. 

Robocop

Anak-anak kelahiran tahun 1990 pasti tahu deh dengan film satu ini. Film ini dijamin memiliki tempat spesial karena sering diputar saat masa-masa liburan sekolah. Robocop juga merupakan salah satu film yang telah menggunakan teknologi Augmented Reality.

Kalau kamu perhatikan, Robocop selalu terlihat menggunakan baju besi dan helm pada bagian kepalanya. Helm tersebut memungkinkan Robocop untuk mendapatkan informasi hanya dengan melihat suatu barang atau seseorang. Tentunya tampilan informasi tersebut dapat terwujud dengan bantuan Augmented Reality. 


Setelah tahu berbagai penggunaan riil teknologi AR di dunia nyata, apakah kamu tertarik untuk tahu bagaimana kamu bisa menggunakan Augmented Reality dalam bisnis? Kamu berada di tempat yang tepat! smarteye.id merupakan penyedia jasa VR dan AR terbaik di Indonesia. Hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan kamu sekarang juga!

6 Fakta Seru Pemakaian Teknologi AR pada film Iron Man

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.