Ketahui Tiga Teknologi Penyembuhan Diabetes, Ada Apa Saja?

Ketahui Tiga Teknologi Penyembuhan Diabetes, Ada Apa Saja?

Taukah kamu? Kemajuan teknologi di bidang kesehatan dapat membantu proses pengobatan penyakit diabetes. Diabetes sendiri disebabkan oleh gangguan pada fungsi pankreas yang memproduksi hormon insulin. Artikel berikut akan membahas teknologi yang dapat membantu mengobati diabetes.

Tiga Pilihan Teknologi Diabetes yang Bisa Menyembuhkan Penderitanya!

Omnipod 5 Tubeless System 

Omnipod 5 merupakan alat pengukur gula darah dengan sistem pompa insulin tanpa tabung. Sebelumnya, sistem keluaran Insulet Corp dari Massachusetts ini dikenal dengan nama Omnipod Horizon. Sistem Omnipod 5 didasari oleh data Continuous Glucose Monitoring (CGM) yang dapat memantau kadar gula darah pasien. 

Alat ini menggunakan closed-loop insulin system yang dikombinasikan dengan monitor glukosa Dexcom G6. Sistem ini dapat menyesuaikan dosis insulin pasien berdasarkan kadar gula dalam darah yang terdeteksi. 

Dengan Omnipod 5, kamu tidak lagi memerlukan alat finger stick untuk membaca kadar gula darah sebelum menyuntikkan insulin. Menariknya lagi, kamu bisa mengontrol dosis insulin melalui aplikasi ponsel pintarmu, lho

Dexcom G7 

Dexcom menghadirkan model terkini dari Dexcom CGM yakni Dexcom G7. Versi terbaru dari Dexcom CGM ini mengusung desain yang menggabungkan sensor dengan pemancar untuk penggunaan sekali pakai selama tiga bulan. Dari segi ukuran, alat pemantau kadar gula darah dalam tubuh ini juga memiliki bentuk yang lebih kecil, waktu pengecekan yang lebih singkat, dan tingkat akurasi yang lebih baik. 

Hadirnya Dexcom G7 juga akan diiringi dengan aplikasi baru yang terintegrasi dan lebih lengkap. Kalau kamu pengguna Apple, G7 ini juga memiliki kemampuan direct-to-watch yang dapat terhubung dengan Apple Watch. 

Terlebih, Dexcom G7 juga dapat terintegrasi dengan asisten pribadi virtual, Siri. Kamu bisa mengakses data yang dibutuhkan melalui iPhone. Canggih bukan? 

FreeStyle Libre 3 

Teknologi Diabetes FreeStyle Libre 3
Foto dari Abbott

FreeStyle Libre 3 menjadi salah satu inovasi teknologi diabetes yang ditunggu-tunggu dari Abbott. Perusahaan peralatan medis dan perawatan kesehatan multinasional ini menghadirkan sistem pemindaian glukosa real-time yang terhubung ke perangkat ponsel pintar Android maupun iPhone. Sistem ini dirancang agar pengguna dapat memeriksa glukosa kapanpun diperlukan tanpa mengggunakan jari lagi.

Sistem Mean Absolute Relative Difference (MARD) pada FreeStyle Libre 3 menawarkan akurasi CGM 9,2% yang tahan hingga 14 hari. Perangkat ini dibanderol dengan harga yang sama dengan perangkat generasi sebelumnya. Teknologi diabetes yang satu ini hanya merogoh kocek sepertiga dari harga alat CGM lainnya di pasaran. 

Lihat juga: “Teknologi Anti Mabuk untuk Pengendara Mobil

Penggunaan Teknologi Diabetes pada Kehidupan Sehari-hari

Kalau kamu merupakan seseorang yang baru saja didiagnosa terkena diabetes oleh dokter, kamu tidak boleh menyerah. Meskipun diabetes merupakan penyakit yang tidak akan pernah sembuh, namun kamu tetap dapat menikmati hidup dengan baik.

Di era modern seperti sekarang, sudah banyak muncul teknologi yang dapat membantu penderita diabetes untuk hidup lebih nyaman. Teknologi ini biasanya disebut sebagai teknologi diabetes.

Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh penderita diabetes adalah mengawasi dan membatasi kandungan gula pada makanan yang dikonsumsi. Kamu harus dapat mengatur kadar gula dengan baik,  untuk bisa beraktivitas secara nyaman.

Berikut beberapa bentuk teknologi diabetes yang bisa kamu gunakan, untuk membantu mengontrol kadar gula di tubuh.

Glucometer

Glucometer yang merupakan kepanjangan dari glucose meter merupakan sebuah alat wajib yang harus dibawa oleh penderita diabetes. Cara menggunakan alat ini juga cukup mudah. Cukup tempelkan jari pada glucometer untuk mengambil sedikit darah, setelah itu informasi kandungan gula pada darah akan langsung terlihat.

Meskipun kamu rutin melakukan cek kandungan gula darah menggunakan GCM atau glucose monitor, keberadaan glucometer masih dianggap penting. Hal ini dikarenakan ukuran glucometer yang kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana. 

Aplikasi Pengatur Kesehatan

Beberapa aplikasi kesehatan seperti Lose Fit! dan MyFitnessPal juga dapat membantu penderita diabetes mengatur kesehatannya. Dengan mengetahui kalori serta kandungan gula yang dikonsumsi, tentu pengguna dapat menjalankan keseharian dengan lebih aman. 

Aplikasi tersebut juga biasanya mengatur berapa banyak langkah serta kalori yang dapat dibakar oleh pengguna. Sangat bermanfaat, bukan?


Itulah beberapa penggunaan teknologi diabetes yang bisa digunakan penggunanya. Meskipun telah menggunakan berbagai alat tersebut, pastikan kamu juga rutin mengunjungi dokter spesialis untuk melakukan kontrol. 

Ingin tahu lebih lanjut terkait informasi teknologi lainnya seperti Virtual Reality, Augmented Reality atau bahkan Metaverse? Yuk baca selengkapnya di blog smarteye.id!

Ketahui Tiga Teknologi Penyembuhan Diabetes, Ada Apa Saja?

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.