Teknologi Digital di Era Informasi yang Penting untuk Kamu Ketahui

Teknologi Digital di Era Informasi yang Penting untuk Kamu Ketahui

Rangkaian teknologi modern terus berkembang hingga saat ini. Inovasi alat canggih tidak lagi membutuhkan tenaga manusia secara manual untuk bekerja. Sistem pengoperasian otomatis berbasis komputer diciptakan untuk membantu kehidupan sehari-hari. Mulai dari industri komunikasi, bisnis, kesehatan, hingga edukasi.

Banyak kebutuhan manusia yang bisa dilakukan lebih sederhana dengan program dan aplikasi tertentu. Artikel ini akan membahas secara lengkap terkait pengertian, kelebihan, kekurangan, dan contoh teknologi digital yang perlu kamu ketahui. Untuk informasi lebih lanjut, baca selengkapnya di bawah ini ya!

Lihat juga: “Pengaruh Penggunaan Teknologi Canggih di Kehidupan Sehari-hari”

Pengertian Teknologi Digital

Pada dasarnya teknologi digital bisa diartikan sebagai konsep ilmu yang diterapkan untuk mempermudah pekerjaan manusia sehari-hari. Teknologi dibuat untuk meningkatkan efisiensi kerja dan mengurangi pemakaian waktu yang kurang efektif.

Teknologi Digital
Foto oleh Sindonews.com

Dilansir dari Merdeka.com, teknologi digital dapat diartikan sebagai sistem operasi otomatis dan sistem komputerisasi yang tidak lagi menggunakan bantuan tenaga manusia. Sistem ini dapat bekerja secara cepat dan memproses informasi sebagai nilai numerik ataupun kode digital. Teknologi ini termasuk inovasi yang memaksimalkan kerja manusia.

Teknologi digital menggunakan sensor untuk bisa mengubah informasi nyata menjadi kode digital. Sinyal elektrik komputer ini menggunakan sistem bilangan biner sehingga sinyalnya bersifat terputus-putus.

Setelah sensor mengolah informasi menjadi data digital, hasilnya bisa ditampilkan pada layar pengguna. Agar lebih mudah dipahami, pesan singkat yang biasanya kamu lihat di layar smartphone merupakan bentuk teknologi komunikasi digital dalam kehidupan sehari-hari ya.

Sejarah Singkat

Peralihan ke arah digital dikenal dengan istilah digitisasi atau bentuk perubahan dari teknologi analog dan mekanik ke dalam teknologi digital. Digitisasi sendiri sudah dimulai dari tahun 1908-an dan terus berkembang hingga saat ini. Dari tahun ke tahun, teknologi canggih tak ada habisnya untuk menawarkan kemudahan bagi kehidupan manusia dalam berbagai bidang.

Era 80-an menjadi awal mula informasi digital dikenal khalayak luas hingga berkembang menjadi lebih modern sampai sekarang. Peralatan canggih kini terhubung dengan internet yang semakin mengurangi jarak antar pengguna. Tren otomisasi dan pertukaran data juga menyebabkan munculnya Artificial Intelligence (AI) serta Internet of Things.

Perbedaannya dengan Teknologi Analog

Mungkin kamu juga sudah familiar dengan istilah teknologi analog. Namun, analog tidak sama dengan digital ya. Salah satu faktor yang membedakan keduanya adalah ketelitian pengukuran dan kecepatan proses. Teknologi ini dapat bekerja lebih detail dalam kurun waktu yang lebih cepat.

Analog dapat dijelaskan sebagai peralihan dari teknologi mekanis yang lebih mengutamakan kerja manual menuju ke arah teknologi digital. Teknologi analog sendiri bersifat lebih sederhana dan dilengkapi dengan program pengaturan tertentu layaknya komputer analog. Namun, teknologi analog tidak bisa melakukan pengukuran secara teliti dan memakan waktu yang lebih lama.

Kelebihan

Dibandingkan dengan teknologi analog, teknologi digital bisa melakukan transmisi data dengan lebih teliti dan cepat. Transmisi data berbasis sinyal elektrik komputer atau kode digital ini juga tidak terpengaruh cuaca buruk saat dikirimkan dari satu tempat ke tempat lainnya. Perangkat lebih praktis digunakan dan kinerjanya lebih stabil. Tentu, biaya perawatan yang dikeluarkan menjadi lebih kecil pula.

Kekurangan

Meski memiliki banyak kelebihan, masih ada beberapa kekurangan yang bisa kamu temui. Kekurangan ini meliputi potensi kesalahan saat mengubah sinyal analog ke dalam sinyal digital. Ada pula potensi ancaman keamanan di mana data pengguna memiliki resiko terkena peretasan.

Data seperti identitas diri, nomor rekening, informasi perusahaan tentu sangat sensitif dan rawan diretas oleh hacker maupun terkena virus. Kekurangan lainnya adalah efek candu, tanpa penggunaan yang bijak, teknologi digital bisa seolah memisahkan individu dari dunia nyata.

Manfaatnya di Berbagai Industri

Sebagai inovasi yang bertujuan untuk mempermudah kerja manusia, tentu teknologi ini memiliki banyak manfaat. Berikut manfaatnya yang bisa kamu rasakan di berbagai industri:

Contoh Teknologi Digital

Teknologi digital bisa dikatakan sebagai sistem penghitung cepat yang mampu memproses informasi berupa kode digital. Agar lebih mudah dipahami, berikut contoh teknologi digital yang bisa ditemukan pada kehidupan sehari- hari:

Website

Situs web menjadi salah satu contoh jenis teknologi digital yang paling populer. Website juga dikenal dengan istilah World Wide Web (WWW) yang mungkin sudah cukup sering kamu dengar ya. Begitu banyak hal yang bisa kamu lakukan melalui situs web ini. Mulai dari belajar, membeli tiket konser, hingga menonton film.

Dengan banyaknya perangkat canggih, kamu bisa akses website dari mana saja dan kapan saja. Teknologi komunikasi digital juga bisa terhubung dengan situs website ini. Berbagai situs jejaring sosial seperti Facebook dan Instagram bisa kamu akses melalui website.

Smartphone

Siapa yang tak punya smartphone di era digital seperti sekarang ini? Smartphone sudah sangat erat dengan kehidupan manusia. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa bisa mengatur dan mengoperasikannya sesuai kebutuhan. Sistem digital otomatis dikemas dalam desain produk yang mudah dibawa ke mana-mana, membuat smartphone menjadi alasan utama mengapa teknologi digital berkembang pesat hingga sekarang.

Teknologi komunikasi digital ini tak hanya bisa digunakan untuk menelepon saja, namun kamu juga bisa manfaatkan berbagai aplikasi dan situs jejaring sosial sesuai kebutuhan. Kamu bisa tangkap gambar kamera video dan mengubahnya menjadi kode digital dan dikirimkan ke perangkat smartphone lainnya. Dengan teknologi komunikasi digital ini, kamu bisa tetap terhubung meski dalam jarak yang berjauhan sekalipun.

Video Streaming

teknologi digital video streaming
Foto oleh McKinsey

Contoh lainnya ialah video streaming. Kamu bisa nonton film, acara TV, konten edukasi, dan lainnya. Bahkan, dengan aplikasi teknologi komunikasi digital seperti Zoom, kamu bisa berinteraksi secara real-time. Ada banyak tipe sistem komunikasi tersedia yang bisa menawarkan interaksi video secara lancar.

Tak hanya itu, acara live streaming juga bisa kamu saksikan seperti konser maupun pertandingan bola. Platform video streaming yang sangat dikenal hingga sekarang ialah Youtube. Kamu bisa akses dari berbagai perangkat canggih seperti komputer, TV, dan ponsel pintar ya.

Mata Uang Digital

Mata uang digital menjadi contoh teknologi digital yang bisa mempermudah kehidupan sehari-hari. Mata uang digital ini dikelola, disimpan, dan ditukarkan melalui sistem komputer dengan dukungan jaringan internet. Jenis mata uang yang kerap dipakai di pasaran adalah mata uang kripto, mata uang virtual, dan mata uang digital bank sentral.

Contoh teknologi digital berupa mata uang kripto yang cukup terkenal ialah Bitcoin. Penukarannya terjadi secara virtual. Metode transfer uang digital ini memang cukup unik namun bisa menunjang perkembangan ke arah yang lebih maju.

Blockchain

Contoh lainnya adalah blockchain. Blockchain merupakan sistem rantai yang bisa memelihara rekam jejak transaksi publik. Dalam setiap blok rantai terdiri dari beberapa transaksi. Kemudian, setiap transaksi baru yang terjadi pada blockchain akan ditulis dalam “digital ledger”.

Teknologi digital blockchain
Foto oleh mobileappdaily.com

Digital Ledger Technology (DLT) sendiri merupakan protokol yang digunakan untuk mengamankan data digital pada blockchain dari jaringan luar, secara terdesentralisasi. Transaksi virtual tadi diverifikasi dan dilindungi oleh tanda tangan digital para pengguna untuk mengkonfirmasi dan mengamankan transaksinya. Oleh karena itu, informasi transaksi digital pada blockchain sangat aman.

Lihat juga: Nissan Meluncurkan Mobil Secara Virtual di Metaverse


Itulah penjelasan lengkap seputar teknologi digital yang perlu kamu ketahui. Kalau kamu tertarik untuk membaca informasi terkait teknologi digital lainnya, smarteye.id punya banyak artikel menarik yang bisa kamu baca. Bagaimana caranya? Mudah saja, tinggal kunjungi situs resmi smarteye.id hanya dengan klik di sini!

Teknologi Digital di Era Informasi yang Penting untuk Kamu Ketahui

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.