Prediksi Teknologi Masa Depan yang Bisa Mengubah Dunia

Prediksi Teknologi Masa Depan yang Bisa Mengubah Dunia

Dahulu, teknologi canggih seperti smartphone, hologram, hingga robot vacuum cleaner seakan menjadi hal yang tidak mungkin ada. Seiring dengan perkembangan yang terus berjalan, kehidupan manusia semakin dipermudah dengan hadirnya beragam inovasi baru. Tak hanya ponsel pintar, mobil elektrik hingga mesin pencetak 3 dimensi sudah bisa kamu gunakan.

Bahkan, kamu bisa memasuki lingkungan dunia virtual dengan bantuan perangkat augmented reality dan virtual reality. Lantas, bagaimana kemajuan teknologi di masa yang akan datang? Artikel ini akan membahas prediksi tren teknologi masa depan. Simak selengkapnya di bawah ini!

Manfaat Teknologi Masa Depan

Teknologi mencoba menghadirkan solusi untuk memenuhi kebutuhan kehidupan manusia sehari-hari. Tak heran kalau teknologi terus berkembang. Adapun, manfaat teknologi masa depan bagi manusia adalah sebagai berikut:

Memperlancar Komunikasi

Sebelum ada teknologi komunikasi seperti sosial media, video call, dan lainnya, komunikasi hanya terbatas pada pengiriman surat atau pertemuan secara langsung. Kini, bidang komunikasi sudah bisa difasilitasi beragam inovasi yang mempersingkat waktu dan jarak.

Kedepannya, konsep inovasi teknologi masa depan seperti metaverse diharapkan bisa menghadirkan lebih banyak kemudahan untuk penyampaian informasi dalam skala yang lebih besar pula.

Memperluas Potensi Industri Kreatif

Dengan lebih banyak platform digital, lebih terbuka pula peluang industri kreatif untuk terus maju. Perangkat canggih semakin ditingkatkan dan bisa mempermudah pembuatan konten-konten kreatif seperti video hingga digital art.

Tak hanya dari sisi produksi, karya anak bangsa juga bisa semakin bersaing di kancah internasional dengan adanya kemajuan teknologi.

Mempermudah Transaksi

Aplikasi Transaksi Digital
Foto oleh Liputan 6

Aktivitas jual beli sekarang sudah bisa dilakukan melalui internet. Zaman dahulu, kamu perlu pergi keluar rumah dan membayar barang belanjaan dengan uang tunai. Dengan adanya platform bank digital hingga e-commerce, transaksi jual beli bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Kedepannya, inovasi baru tentu bisa lebih membantu kemudahan transaksi bisnis skala kecil hingga besar sekalipun.

Berbagai Prediksi Teknologi Masa Depan

World Economics Forum (WEF) dibentuk pada tahun 2000 untuk merangkul perusahaan desain, pengembang teknologi, dan inovasi untuk bisa berkontribusi secara nyata pada bisnis dan masyarakat.

Pada tahun 2020 lalu, WEF mengadakan acara Pioneers of Change Summit secara virtual. Pada pertemuan ini, WEF membahas prediksi perkembangan teknologi dalam 5 tahun ke depan, yakni di tahun 2025. Berikut pembahasannya:

Artificial Intelligence pada Industri Manufaktur

Pekerjaan di industri manufaktur biasanya melibatkan proses pelacakan dan pencatatan kerja secara tradisional menggunakan kertas. Manufaktur suatu produk melibatkan banyak mesin dan melalui berbagai langkah yang tidak mungkin bisa dicatat satu persatu secara rinci. Proses ini membuat kinerja menjadi kurang transparan dan bisa merugikan dari segi energi, material, dan waktu.

Dipicu oleh pandemi COVID-19, perusahaan perlu mengadopsi teknologi masa depan berbasis cloud secara cepat. Teknologi ini bisa membantu mengumpulkan data, mengubahnya secara cerdas sesuai kebutuhan, dan menyajikannya dengan rapi. Dengan data berbasis cloud, pekerjaan tetap bisa dilaksanakan dan dipantau, meski dalam situasi pandemi sekalipun.

Anna Katrina Shedletsky selaku CEO dari Instrumental; sebuah perusahaan data manufaktur, memprediksi kekayaan data yang dilengkapi algoritma cerdas bisa mengoptimalkan proses manufaktur pada tahun 2025 mendatang.

Dengan artificial intelligence (AI), kualitas produk juga ikut membaik seiring dengan berkurangnya pemakaian limbah. Produksi menjadi lebih cepat, lingkungan lebih terawat, dan bisnis diuntungkan dengan biaya produksi yang lebih rendah.

Transformasi Energi

Semenjak adanya pandemi, masyarakat semakin sadar akan pentingnya kesehatan dan masa depan kehidupan. Publik semakin memperhatikan kebijakan pemerintah dalam menanggulangi jejak karbon di dunia. Negara, perusahaan, hingga individu berlomba untuk menghapus jejak karbon.

Pengurangan jejak karbon berkelanjutan dapat dibangun melalui transformasi energi secara signifikan dalam jangka panjang. Steve Oldham dari Carbon Engineering memprediksi kemunculan ragam teknologi masa depan baru yang dibuat untuk mengurangi dan menghilangkan emisi dunia. Sistem manajemen karbon juga diperlukan untuk menangkap hingga menghilangkan karbondioksida secara berkala.

Koneksi 5G untuk Dorong Ekonomi

Pendiri dan CEO dari perusahaan teknologi nirkabel Metawave, Maha Achour, berbagi pendapatnya akan koneksi 5G yang bisa meningkatkan ekonomi global. Meski sekarang kita sudah familiar dengan inovasi Wi-Fi, koneksi ini tidak bisa memenuhi permintaan kapasitas yang lebih tinggi.

Industri bisnis sendiri kini sudah didukung dengan berbagai teknologi seperti konferensi video, metaverse, dan platform digital lainnya.

Oleh karena itu, jaringan 5G bisa mengatasi kendala jaringan dan memungkinkan layanan berkapasitas tinggi seperti telehealth, telesurgery dan lainnya. Bisnis bisa melakukan peningkatan dengan konsep inovasi pabrik pintar, pemantauan real-time, dan layanan komputasi yang intensif.

Hadirnya 5G membawa lebih banyak dampak baik pada ekonomi yang bisa menciptakan pasar berkembang dengan tujuan yang makmur.

Teknologi Robot Ritel

Seperti yang kita tahu, robot telah mengubah banyak industri termasuk pada sektor fast-moving consumer goods (FMGC) untuk membuat produk tetap higienis serta menjaga kebersihan. Dengan inovasi robot yang semakin canggih, tingkat produktivitas industri makanan pasti menjadi lebih tinggi.

Kecerdasan teknologi robot ini membuka masa depan industri ritel yang lebih baik dengan menghadirkan kecepatan, ketersediaan produk, dan biaya yang lebih murah.

Lihat juga: Perusahaan Ritel yang Menggunakan VR & AR, Apa Saja Ya?

Foto oleh Mixtape Madness

Peningkatan Keamanan

Tren teknologi yang berkembang pesat harus diimbangi dengan kebijakan privasi yang semakin diperketat. Ellison Anne Williams selaku pendiri dan CEO dari perusahan data security Enveil, berpendapat bahwa dalam lima tahun ke depan, privasi dan keamanan data akan dianggap seperti komoditas.

Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya privasi, meningkat pula kemampuan menjaga privasi atau privacy-enhancing technologies (PET). Seperti namanya, teknologi peningkatan privasi ini dirancang untuk mengamankan informasi yang bersifat privasi.

Data pribadi pengguna internet dipastikan terjamin kerahasiaanya sehingga tidak disalahgunakan oleh penyedia layanan online, pedagang, maupun pengguna lain.

Sebagai contoh, identitas diri seperti nomor KTP, alamat email, dan IP Address, tidak bisa diketahui pengemudi ojek online saat kamu memesan layanan pengantaran makanan. Penyedia jasa hanya mendapatkan informasi nama, titik lokasi pengantaran, dan nomor telepon saja ya.

Diperkirakan di tahun 2025, PET akan menjadi elemen dasar strategi privasi dan keamanan perusahaan. Kedepannya, pendekatan keamanan yang berpusat pada data bisa memberikan fleksibilitas sesuai kebutuhan peraturan regional dan harapan konsumen.

Teknologi Kesehatan dengan Pendekatan Preventif

Jim Flatt selaku CEO dari perusahaan bioteknologi berbasis Artificial Intelligence, Brightseed, memprediksikan adanya pergeseran paradigma kesehatan. Pergeseran ini membawa industri perawatan kesehatan kepada konsep diet yang lebih preventif. Hal ini membawa dampak baik dalam upaya mengurangi resiko terkena penyakit dan penggunaan biaya tak terduga akibat sakit ya.

Pergeseran tersebut akan mengajak masyarakat untuk mengubah gaya hidup dan pola makan menjadi lebih padat nutrisi. Konsep ini akan didukung dengan tren teknologi berbasis AI untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya peran makanan tertentu bagi tubuh. Pandemi menjadi salah satu faktor meningkatnya kesadaran publik akan hal ini karena kondisi kesehatan semakin diperhatikan.

Dengan pemahaman kebutuhan nutrisi yang semakin baik, industri makanan tentu dapat merespon hal ini dengan menawarkan pilihan-pilihan produk yang lebih luas untuk menjawab kebutuhan publik. Tak hanya sekedar menawarkan obat penawar sakit, industri perawatan kesehatan dapat mempromosikan produk suplemen maupun vitamin ya!

Metaverse

Dilansir dari Detikinet, Budiono selaku Managing Director Applied Intelligence Lead for Indonesia, mengatakan bahwa Metaverse dan Web3 akan semakin berkembang di masa yang akan datang. Metaverse dan Web3 akan membentuk kembali internet.

Tak hanya menjadi platform digital di mana berbagai situs dan aplikasi berkumpul, Metaverse bisa menjadi lingkungan 3D yang memungkinkan penggunanya berjalan dari satu tempat ke lain tempat secara virtual.

Kalau kamu belum akrab dengan istilah Metaverse, singkatnya pengertian metaverse adalah ruang virtual buatan di mana kamu bisa menjelajahi dunia digital bersama pengguna internet lainnya. Kamu tak perlu berpindah tempat untuk melakukan pertemuan bisnis, maupun bermain game bersama.

Sementara itu, Web3 merupakan internet generasi ketiga yang mengusung konsep ekosistem internet yang lebih terbuka, beroperasi secara otonom, dan dikekola secara desentralisasi yang membuatnya lebih fleksibel.

Lihat juga: “Kenalan dengan Platform Metaverse dari Indonesia, metaNesia!”

Self-driving Car

Pada industri transportasi sendiri, tren teknologi mobil dengan fitur self-driving diperkirakan akan terus berkembang untuk menjawab kebutuhan banyak orang. Dengan kecanggihan komputer dan artificial intelligence, mobil dengan fitur ini bisa mengurangi resiko kecelakaan di jalan raya.

teknologi transportasi masa depan
Foto oleh EES

Tak hanya itu, laporan dari Stanford University menjelaskan bahwa self-driving car bisa mengubah gaya hidup masyarakat di kota. Inovasi ini dapat menghadirkan kembali waktu yang terbuang sia-sia saat terjebak macet sehingga masyarakat bisa melakukan lebih banyak hal produktif.

Perkembangan teknologi transportasi ini menawarkan kenyamanan yang banyak dicari dan membuat kehidupan manusia menjadi lebih efektif.


Setelah membaca artikel di atas, manakah teknologi masa depan yang paling kamu nanti? Kedepannya, perkembangan teknologi ini diharapkan bisa menjadi kenyataan dan mampu mendorong berbagai industri ke arah yang lebih baik lagi. Tentu, teknologi canggih dan terkini selalu dinanti kehadirannya.

Kalau kamu ingin baca lebih banyak artikel terkait teknologi terkini, kamu bisa kunjungi situs smarteye.id hanya dengan klik di sini ya! Jangan lewati berita maupun artikel terkait inovasi dan tren teknologi. Baca dan cari tahu seputar metaverse, augmented reality, dan teknologi masa depan lainnya dengan smarteye.id.

Prediksi Teknologi Masa Depan yang Bisa Mengubah Dunia

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.