logo

Tertarik Belajar VR dan AR? Meta Immersive Learning Academy Telah diluncurkan di Indonesia Loh! 

Tertarik Belajar VR dan AR? Meta Immersive Learning Academy Telah diluncurkan di Indonesia Loh! 

Teknologi VR dan AR saat ini telah berkembang pesat. Keduanya tidak lagi hanya dikenal sebagai alat untuk bermain game. 

Kita dapat menemukan teknologi tersebut pada berbagai bidang dari pemasaran hingga pariwisata. Hal ini karena semakin banyaknya perusahaan yang menggunakan teknologi VR dan AR.

Tidak hanya di luar negeri, VR dan AR juga telah berkembang pesat di Indonesia. Perusahaan lokal mulai menerapkan teknologi ini untuk membantu bisnisnya.

 Seperti contoh, taman wisata di kota Bandung dan Mojokerto membuka wahana bioskop yang memanfaatkan virtual reality. Dalam bidang sumber daya manusia (SDM), Pertamina menciptakan pelatihan safety control pada user internal dan eksternal dengan bantuan headset VR.

vr ar
Sumber: DHL

Teknologi AR juga banyak digunakan kreator asal Indonesia untuk membuat filter pada media sosial Tiktok dan Instagram. Bahkan semakin hari semakin banyak kreator AR bermunculan di Indonesia. Namun, tentunya kamu harus memiliki imajinasi dan kemampuan baik untuk menjadi kreator VR dan AR. 

Apakah kamu tertarik mendalami kedua teknologi tersebut? Meta baru meluncurkan akademi pembelajaran virtual di Indonesia. Dengan akademi ini kamu bisa banyak belajar tentang VR dan AR, loh!

Meta Immersive Learning Academy, Program Edukasi bagi Kreator VR AR

Meta Immersive Learning Academy
Sumber: Kumparan

Meta Immersive Learning Academy adalah program pembelajaran yang membantu kreator augmented reality dan virtual reality mengembangkan keterampilan dan kemampuan mereka. Program baru ini diluncurkan saat pertemuan forum G20 di Bali yang juga bagian dari Digital Innovation Network. Akademi tersebut merupakan hasil kerja sama dari Kominfo dan Hacktiv8 dengan Meta.

Kurikulum dalam pelatihan milik Meta ini dirancang untuk mendukung kreator VR AR pemula mengembangkan kemampuannya lebih jauh. Meta Immersive Learning Academy juga akan bekerja sama dengan para kreator lokal. Hal ini dilakukan sehingga bahan pembelajaran dapat sesuai dengan kebutuhan di Indonesia. 

Meta mengatakan adanya program akademi bagi kreator VR AR pemula dapat menjadi langkah awal bagi masyarakat untuk terjun ke metaverse. Karena itu, akademi pembelajaran ini akan terus mendukung komunitas dalam mempelajari berbagai kemampuan di masa mendatang. 

Kemampuan Apa Saja yang Akan Dipelajari?

Saat diluncurkan, Meta Immersive Learning Academy baru merilis kurikulum untuk pelatihan para kreator AR menggunakan Spark AR. Berdasarkan kurikulum yang telah dirancang, pelatihan akan memakan durasi hingga 12 jam. Nantinya pelatihan augmented reality ini akan dilaksanakan secara daring melalui platform Blueprint Meta. 

Materi pembelajaran pelatihan augmented reality terbagi ke dalam tiga tingkatan. Tingkatan tersebut dibagi berdasarkan level kesulitan dan kemampuan para kreator. Tiga tingkatan tersebut adalah Quick Start, AR Fundamentals, dan AR Pro.

Quick Start

Tahapan paling rendah dalam pelatihan adalah Quick Start. Peserta akan mempelajari mengenai berbagai pengetahuan dan kemampuan dasar mengenai augmented reality. Peserta diharapkan dapat membuat efek standar dalam Spark AR setelah melewati tahap Quick Start.

AR Fundamentals

AR Fundamentals merupakan tahapan menengah yang berisi kurikulum mengenai prinsip dasar dalam membuat desain dengan teknologi AR. Tahapan ini ditujukan bagi pekerja profesional yang ingin mendalami membuat AR menggunakan Spark AR Studio.

AR Pro

Setelah menyelesaikan Quick Start dan AR Fundamentals, kreator dapat melanjutkan ke tahap lanjutan yaitu AR Pro. tahapan ini ditujukan bagi para kreator yang ingin menciptakan AR lebih imersif menggunakan Spark AR. Tidak hanya itu, para kreator juga dapat mempelajari materi untuk ujian sertifikasi nasional.

Menariknya para kreator yang telah menamatkan pelatihan bisa mendapatkan sertifikasi atas kemampuan mereka. Dengan begitu, pelatihan ini bisa menjadi bekal dalam melanjutkan karir di dunia metaverse sebagai seorang profesional.

Lihat juga: Tim Dokter di Brazil Menggunakan Virtual Reality dalam Operasi untuk Memisahkan Balita Kembar Siam

Gunakan Teknologi VR dan AR untuk Bisnis Kamu!

Setelah membaca artikel diatas, apakah kamu tertarik mengikuti Meta Immersive Learning Academy? Tentu adanya akademi untuk mempelajari VR dan AR merupakan salah satu terobosan besar dalam perkembangan teknologi di Indonesia. 

Jika kamu tertarik dengan informasi seputar VR dan AR, kamu bisa baca lebih banyak informasi dengan kunjungi situs smarteye.id

Tertarik Belajar VR dan AR? Meta Immersive Learning Academy Telah diluncurkan di Indonesia Loh! 

Billy Nurfaudzi

A startup enthusiast who writes out of curiosity. My deepest appreciation and thanks for those of you who read this article. May you have a good day!