Buka Meta Avatars Store di Metaverse, User Bisa Membeli Outfit Digital dari Luxury Brand

Buka Meta Avatars Store di Metaverse, User Bisa Membeli Outfit Digital dari Luxury Brand

Dalam Instagram Live, CEO Meta, Mark Zuckerberg mengumumkan peluncuran toko pakaian desainer digital yang disebut Meta Avatars Store. Melalui outlet ini, pengguna bebas mengekspresikan dirinya di metaverse dengan mendandani avatar mereka. Selain itu, mereka juga bisa membeli pakaian digital tersebut layaknya berbelanja di toko sungguhan.

Tak tanggung-tanggung, Meta menggandeng beberapa fashion brand ikonik seperti Balenciaga, Prada, dan Thom Browne. Sudah terbayang berapa harganya? Tapi jangan khawatir, Meta tetap menyediakan opsi pakaian gratis, loh.

Daripada penasaran, yuk kita simak penjelasan yang sudah dirangkum oleh smarteye.id di bawah ini!

Toko Pakaian untuk Kustomisasi Avatar

Avatar adalah ekspresi digital dari kepribadian dan karakter unik si pengguna. Oleh karena itu, pengguna dapat bebas memodifikasi avatar sesuai dengan gaya hidup dan keinginan mereka.

Meta berencana membuka pasar terbuka untuk para pengembang agar dapat mendesain dan menjual produk digital mereka, sekaligus terhubung dengan siapa pun. Oleh karena itu, Meta menghadirkan Meta Avatars Store, sebuah toko pakaian digital yang dapat dibeli dan dikenakan oleh avatar saat memasuki Metaverse. Dengan menggunakan pakaian dari toko ini, kamu dapat menampilkan seberapa besar ekstrovert atau introvert, selera humor, bahkan selera mode kamu ke orang lain.

Membawa konsep virtual dan augmented reality, toko avatar ini akan tersedia di beberapa platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Messenger. Jadi, apakah kamu sudah siap mencobanya?

Dalam peluncuran perdananya di Amerika Serikat, Kanada, Thailand, dan Meksiko, Meta bekerjasama dengan beberapa fashion brand terkenal sebagai koleksi pertamanya. Meta juga mengajak para kreator untuk menunjukkan kreativitasnya dengan merancang sejumlah item pakaian piksel digital. Dimana hasil rancangan mereka akan berada dalam Meta Avatars Store bersama brand-brand lainnya.

Ingin mengganti gaya penampilan setiap hari? Tidak masalah, perlihatkan versi terbaik dirimu lewat avatar. Ini saatnya kamu bereksperimen dengan berbagai mode pakaian karena terdapat berbagai opsi avatar yang dapat dikombinasikan sesuai dengan suasana hati.

Di sisi lain, Meta juga ingin memperluas pasarnya dengan menyediakan berbagai merek pakaian yang tidak dijual secara fisik. Dengan begitu, merek tersebut bisa menjual produknya di dalam metaverse. Wah, paket lengkap banget ya!

Baca juga: Penggunaan Fashion di Metaverse? Gimana Caranya?

Selamat Datang Balenciaga, Prada dan Thom Browne

Siapa yang tidak tahu Prada, Balenciaga, dan Thom Browne? Yap, ketiga brand ternama di industri fashion tersebut menjadi koleksi pertama yang akan tersedia di Meta Avatars Store, loh.

Hal tersebut diumumkan saat Live Instagram Mark Zuckerberg dan Eva Chen, Instagram Vice President of Fashion and Shopping Partnerships. Selama live berlangsung, Chen juga menunjukkan beberapa model pakaian dari Balenciaga, Prada dan Thom Browne yang digunakan oleh avatar Zuckerberg.

Ide Meta yang satu ini ternyata sangat didukung oleh pihak Balenciaga. Dimana Cédric Charbit selaku CEO mengatakan bahwa “Meta membawa peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk Balenciaga”. Menurutnya, Meta berhasil membuka lingkup baru untuk menunjukkan kemewahan dari produk Balenciaga kepada audiens.

Baca juga: Apa itu Virtual Reality? Bagaimana Brand Fashion Balenciaga Menerapkannya?

Selain itu, Prada juga membocorkan koleksi pakaiannya untuk Meta Avatars pada acara SS23 Menswear Collection yang diselenggarakan pada Juni 2022 lalu. Dimana salah satu tamu undangan mengunggah postingan Instagram yang memperlihatkan gambar avatarnya setelah didandani dengan koleksi terbaru dari Prada.

Lantas berapa harga untuk memperoleh pakaian dari ketiga luxury brand ini? Sayangnya untuk mendapatkan barang tersebut, kamu harus rela merogoh kocek yang cukup dalam. Namun, dengan mahalnya biaya tersebut kamu akan terus terupdate dengan pakaian desainer terbaru.

Kolaborasi yang dibentuk Meta ini bertujuan untuk menambah koleksi seiring dengan perkembangan tren busana terbaru. Mulai dari make-up, pilihan rambut, pakaian bergaya formal, casual, sampai pakaian olahraga akan tersedia di toko digital ini. Walaupun ada beberapa item yang berbayar, tapi kamu tak perlu khawatir karena Meta Avatars Store tetap menyediakan opsi pakaian dan aksesori gratis.


Mungkin terobosan Meta yang satu ini terdengar sangat familiar jika dibandingkan dengan game online pada umumnya. Konsepnya kurang lebih sama yaitu pengguna dapat memodifikasi avatar untuk merepresentasikan karakternya dalam platform tersebut. Hanya saja, Meta tidak segan-segan menggandeng brand ternama di industri fashion.

Jadi, bagaimana menurutmu? Seberapa penting membeli produk fashion untuk avatar Facebook atau Instagram?

Setelah membaca penjelasan di atas, ternyata produk digital menjadi cara penting untuk mengekspresikan diri di metaverse dan merupakan pendorong besar ekonomi kreatif. Maka tak heran jika semakin banyak perusahaan yang berinovasi menggunakan teknologi AR VR pada produknya. Segera hubungi kami dan konsultasi gratis dengan smarteye.id!

Buka Meta Avatars Store di Metaverse, User Bisa Membeli Outfit Digital dari Luxury Brand

Veronica Heny

Never thought i could become a writer. This is my favorite crime.