Top 3 Teknologi Berkembang Paling Berpengaruh di Dunia!

Top 3 Teknologi Berkembang Paling Berpengaruh di Dunia!

Seakan tak ada matinya, teknologi akan selalu berkembang tanpa henti. Setiap hari selalu ada saja barang yang ditemukan. Ada saja material yang dikembangkan menjadi material baru. Atau selalu ada zat baru yang berhasil dikembangkan. Kehadiran teknologi digital turut mempercepat perkembangan teknologi lainnya. Tentu, hal ini dapat mengubah dunia.

Teknologi juga berkembang dengan sangat cepat. Saking cepatnya, kita bahkan tidak menyadari keberadaan sebuah teknologi baru. Pernahkah Anda merasakan hal ini? Kali ini kita akan bahas 3 teknologi berkembang yang paling berpengaruh di dunia. Apa saja itu?

Teknologi Berkembang yang Sedang Heboh Saat Ini!

Rekayasa Genetika

rekayasa genetika, salah satu bagian dari teknologi berkembang
Foto oleh Jorge Sepuldava dari Pexels

Mungkin Anda juga akrab dengan istilah rekayasa genetika dari film. Meski begitu, istilah tersebut sebenarnya memiliki arti yang jauh lebih dalam dari yang kita ketahui. Masih banyak hal terkait rekayasa genetika yang belum diketahui oleh khalayak umum. Namun, teknologi ini dipercaya dapat menyelamatkan umat manusia dari kelangkaan makanan. Bagaimana bisa?

Feng Shang, seorang profesor Neuroscience dari Institut Teknologi Massachusetts bersama rekan-rekannya telah mengembangkan gen CRISPR-Cas9 yang dapat memperbaiki mutasi individu pada DNA manusia. Lebih lanjut, Feng menjelaskan bahwa gen CRISPR-Cas9 bekerja tak ubahnya seperti tombol search dalam pencarian sebuah dokumen. Ia dapat bekerja dalam lingkungan kimia di antara sel-sel untuk mencari mutase gen, sehingga dapat membantu menyembuhkan penyakit. Dengan kata lain, CRISPR-Cas9 dapat menjadi editor gen yang dapat melakukan perubahan baik dalam hitungan menit.

Para Ilmuwan sudah membuktikan gen tersebut dengan melihat gen CRISPR-Cas9 mengalahkan sel-sel penyakit yang menyerang penyakit liver. Pada bidang pertanian para peneliti berhasil mengembangkan tanaman gandum yang dapat menghasilkan lebih banyak panen dengan jumlah air yang lebih sedikit. Sejalan dengan manfaatnya, rekayasa genetika juga memerlukan tanggung jawab besar. Pemerintah perlu memikirkan regulasinya jika kelak teknologi ini benar-benar diterapkan di sekitar kita.

Self Healing Material

teknologi berkembang setiap waktu
Foto oleh cottonbro dari Pexels

Di masa depan, dengan komposisi tertentu sebuah bahan material seperti aspal akan dapat memperbaiki kerusakannya sendiri. Selain itu, manusia juga dapat berkomunikasi dengan robot yang menanam atau mengaplikasikan aspal tersebut. Abir Al-Tabbaa, seorang profesor teknik lingkungan dari Universitas Cambridge mengatakan bahawa riset-riset kini berfokus pada daya sebar semen, biaya hingga jejak karbon yang dihasilkan.

Lebih lanjut profesor Tabba menjelaskan bahwa material biometric juga akan memiliki kemampuan untuk merasakan lingkungan, berdaptasi, merespon hingga memperbaiki dirinya sendiri. Mereka juga punya kemampuan self-healing, self-sensing, self-diagnosing, hingga self immunizing.

Rekayasa Sistem Metabolisme

Teknologi yang akan berpengaruh selanjutnya adalah system metabolic engineering (SysME) atau rekayasa sistem metabolisme. Teknologi ini digunakan untuk memproduksi bahan-bahan kimia yang diperlukan untuk bahan bakar dan obat-obatan.

Mikroorganisme seperti bakteri secara genetik dapat direkayasa untuk memproduksi bahan kimia seperti ethanol secara besar-besaran. Proses tersebut merupakan proses metabolisme alami dengan memberi makan sumber daya organik yang juga dapat menyelamatkan lingkungan.

“Bahan bakar sepeti bensin dan solar dapat diproduksi kembali dengan cara fermentasi yang direkayasa dari mikroorganisme, ” ujar Sang Yup Lee, seorang profesor dari Korea Selatan.

Meski teknologi ini belum pasti digunakan dan memberikan pengaruh pada perkonomian 10 tahun ke depan, teknologi ini tetap berpotensi mendisrupsi cara kita selama ini memproduksi bahan-bahan kimia yang ada.

Buat Bisnis Semakin Interaktif dengan Teknologi VR dan AR

Mau buat bisnis Anda terlihat lebih canggih ataupun interaktif dengan customer? Teknologi VR dan AR bisa jadi pilihan Anda! Penasaran? Hubungi kami untuk konsultasi gratis lebih lanjut di sini!

Top 3 Teknologi Berkembang Paling Berpengaruh di Dunia!

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.