Apa itu Transformasi Digital?

Apa itu Transformasi Digital?

Mungkin sebagian dari Anda sudah sering mendengar istilah  “transformasi digital”. Yap! Istilah ini memang sedang banyak digunakan seiring dengan semakin kuatnya penetrasi teknologi digital di sekitar kita. Tapi tahukah Anda definisi dari istilah ini? Transformasi digital dapat diartikan sebagai proses dan strategi penggunaan teknologi digital yang dapat secara drastis mengubah cara operasi dan melayani pelanggan. Pengisian formulir dengan form online atau pengiriman dokumen daftar harga melalui surat elektronik (e-mail) menjadi contoh nyata transformasi digital. Lantas sudah sejauh mana transformasi digital ini? Dan mengapa kita membutuhkannya?

Temukan Bakat & Passion Lebih Mudah

pentingnya transformasi digital
Foto oleh Ron Lach dari Pexels

Transformasi tak cuma mengubah cara sebuah bisnis melayani pelanggannya, tapi juga mengubah cara kerja dalam sebuah perusahaan itu sendiri. Pandemi Covid-19 semakin memperjelas perubahan tersebut. Situasi kerja WFH (Work From Home) justru membuat karyawan lebih produktif dan bisnis semakin efektif. Banyak juga institusi yang semakin memahami dan menemukan bakat terpendam anggotanya. Bagaimana ini bisa terjadi?

Berdasarkan laporan yang dirilis oleh APS Workforce Strategy, fleksibilitas waktu yang didapatkan saat WFH terbukti dapat mempertahankan skill yang sudah ada. Tentu hal ini sangat bergantung pada strategi departemen HR masing-masing perusahaan. 

Pengembangan juga tetap bisa dilakukan, tentu berkat adanya transformasi digital. Teknologi akan mengakselerasi pengembangan kemampuan karyawan. Salah satu contoh nyatanya adalah dengan virtual reality training. Dengan pelatihan virtual, peserta tidak harus datang ke tempat secara langsung, namun tetap dapat mengikuti pelatihan dengan baik. Bakat karyawan pun semakin terasah dengan adanya teknologi tersebut.

Baca yang lainnya: Kembangkan Bakat Piano Anda dengan Teknologi Augmented Reality

Produktivitas Makin Meningkat

transformasi digital tingkatkan produktivitas kerja
Foto oleh Anthony Shkraba dari Pexels

Adaptasi teknologi yang sukses membutuhkan perhitungan yang detail dan dalam. Semua pihak yang terlibat harus paham perannya masing masing. Termasuk kemampuan dan skill yang berhubungan dengan pekerjaannya. Ini harus menjadi landasan dalam setiap transformasi digital. Tanpa perhitungan, transformasi mustahil terjadi.

Salah satu pilarny adalah otomatisasi, yang membutuhkan penyesuaian pekerjaan dan skill. Otomatisasi juga dapat meningkatkan kepuasan karyawan saat bekerja, khususnya mereka yang bekerja di sektor publik dan banyak melakukan pekerjaan yang berulang.

Mencari kecocokan antara teknologi dengan manusia merupakan cara yang baik untuk menghubungkan jenjang karir yang diinginkan. Hal tersebut cukup penting karena dapat mewujudkan tujuan karyawan dan juga tujuan institusi atau perusahaan. Produktivitas meningkat, karyawan pun puas dan bangga dengan pekerjaannya,

Lihat juga: Contoh AR untuk Pendidikan

Fokus pada Orang yang Tepat

Mungkin hari ini kita masih bisa menggunakan cara-cara konvensional dalam memberikan layanan pada pelanggan ataupun kepada publik. Tapi nanti di tahun 2025 siapa yang tahu? Pasar sudah punya standar sendiri tentang pelayanan. Pelayanan yang cepat dan berteknologi tinggi pastinya akan berlimpah kemudahan. Jika Anda tidak mempersiapkan para karyawan ataupun Anda sendiri untuk melakukan transformasi digital, tentu tujuan perusahaan juga tidak akan tercapai.

Itulah mengapa transformasi digital sangat penting untuk diterapkan di manapun Anda berada. Apapun industri yang sedang Anda tekuni, perubahan ini dianggap penting untuk dapat tetap bersaing di dalam pasar. 

Bagaimana Cara Memulai Transformasi Digital?

Setelah mengetahui seberapa pentingnya transformasi digital, sekarang Anda tinggal menentukan, mau memulai dari mana. Berikut 5 cara yang bisa Anda ikuti untuk memulai transformasi digital pada bisnis Anda!

Buat Visi Misi yang Jelas

Untuk bisa mengalami transformasi digital yang baik, para pembuat keputusan ataupun pemimpin harus bisa menentukan visi misi yang jelas. Pemimpin bisa menentukan atau melakukan brainstorming dengan karyawan lain, untuk menemukan celah kosong yang masih berada di dalam keseluruhan organisasi. Selain itu, diskusi juga dapat dilakukan untuk membicarakan kekurangan lain yang berhubungan dengan bisnis maupun pelayanan customer. 

Menentukan visi dan misi yang jelas dapat membantu pembuat keputusan untuk menentukan target yang baik, sehingga mempermudah proses.

Libatkan Leader yang Tepat Saat Pemilihan Keputusan

Suara karyawan memang wajib untuk didengarkan oleh atasan, namun atasan juga memiliki suara pasti yang juga harus didengarkan. Meskipun pemimpin memiliki posisi yang cukup tinggi di suatu perusahaan, namun bisa saja suara pemimpi tidak didengarkan.

Target ataupun visi misi yang dibicarakan selaras dengan atasan, tentu saja dapat membuat proses transformasi digital berjalan lebih lancar dan mudah.

Jangan Lupakan Budaya Perusahaan

Kalau perusahaan kamu ingin mengalami proses transformasi digital yang baik, sesuaikan juga proses tersebut dengan budaya yang biasa dilakukan di kantor. Para pemimpin dan pembuat keputusan dapat kembali menilai budaya kantor apa saja yang bisa dilakukan, mengikuti adanya proses transformasi digital. 

Pilih budaya yang dapat mendukung pekerjaan menjadi lebih efektif dan sesuaikan budaya yang dirasa masih kurang cocok. Hal tersebut tentu saja dapat membuat karyawan lebih betah dan bekerja dengan baik.

Miliki Sumber Daya yang Dibutuhkan

Proses transformasi digital juga harus didukung dengan sumber daya yang tepat. Misalnya, kamu ingin kegiatan perkantoran tidak harus dilakukan setiap saat di kantor, dan bisa dilakukan di mana saja. Namun, kamu tidak memberikan fasilitas yang memadai kepada karyawan seperti laptop ataupun perangkat teknologi lainnya. Kalau begitu, tentu proses perubahan akan sulit terjadi.

Diskusikan dengan bagian keuangan ataupun pembuat keputusan, sumber daya apa saja yang dibutuhkan untuk membuat proses transformasi berjalan lebih baik.

Pilih Teknologi yang Tepat

Setelah tahu sumber daya apa saja yang dibutuhkan, maka ini saatnya kamu untuk memilih teknologi yang tepat. Pemilihan teknologi yang akurat tentu saja dapat mempercepat dan mempermudah transformasi yang direncanakan. Meskipun tersedia banyak pilihan teknologi yang bisa kamu coba, pastikan kamu tetap memilih yang terbaik, yang dapat membantu pekerjaan karyawan maupun perusahaan menjadi lebih maju. 

Lihat juga: Mendukung Transformasi Digital, Apa Manfaat 5G untuk Virtual Reality?


Segera lakukan perubahan dan nikmati kemudahannya! Anda juga bisa memulai transformasi digital dengan memberikan pelatihan berbasis virtual ataupun kebutuhan penggunaan teknologi VR dan AR lainnya. Mau tahu lebih lanjut? Hubungi kami untuk konsultasi gratis dengan lebih jelas! Klik di sini!

Apa itu Transformasi Digital?

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.