Tren Marketing Property Real Estate di Tahun 2022

Tren Marketing Property Real Estate di Tahun 2022

Teknologi telah berkembang sedemikian cepatnya. Berbagai industri pun semakin maju berkat teknologi, tak terkecuali industri real estate. Perkembangan teknologi ini mendorong banyak perusahaan memasukkan kecerdasan buatan proses pembelian dan penjualan.

Real estate mulai memanfaatkan teknologi virtual guna memudahkan proses operasi yang memakan waktu. Proses operasi ini mencakup akses data properti, tingkat utang, penilaian pajak, nilai transaksi, dan informasi pribadi pemilik rumah secara real time.

Tren Marketing Property Terbaru, PropTech!

PropTech atau Property Technology merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan inovasi digital yang berkaitan dengan kegiatan jual, beli, pencarian dan pengelolaan properti. Tren ini dikabarkan berkembang sangat cepat. Bahkan perkembangannya mendisrupsi cara-cara lama dalam memasarkan properti. smarteye.id telah merangkum beberapa tren marketing property yang terbukti efektif dengan mengandalkan era digital 4.0.

marketing property masa kini dengan teknologi
Foto oleh Alena Darmel dari Pexels

Artificial Intelligence & Chatbots

Di era digital, kemampuan artificial intelligence, khususnya chatbot dapat menjadi teman baru Anda. Jika sebelumnya Anda repot menjawab banyaknya pertanyaan dari pelanggan, chatbot sebagai asisten virtual dapat menjadi solusi utama permasalahan tersebut.

Chatbot mampu menjawab berbagai macam pertanyaan yang sering muncul dan mengajukan pertanyaan relevan yang berkaitan dengan kebutuhan Anda. Fitur canggih ini dapat membantu industri marketing property mengenal para pelanggan dengan lebih dalam dan melayani mereka dengan cepat.

Virtual & Augmented Reality

Pernahkah Anda merasa kesulitan dalam memasarkan rumah kosong tanpa furniture atau rumah dengan furniture yang sudah usang? Hal tersebut tidak menjadi masalah marketing property lagi karena bisa diatasi dengan augmented reality atau AR.

Penasaran dengan teknologi VR untuk properti? Klik di sini!

Agen properti menggunakan teknologi AR seperti VisualStager agar dapat mempromosikan rumah kosong dengan tampilan furniture kekinian. Layar gadget Anda akan menampilkan pilihan furnitur yang cocok mengisi berbagai sudut ruangan. Hal ini membuat para pembeli dapat leluasa mendekorasi calon hunian hanya melalui layar handphone.

[maxbutton name=”Marketing Property”]

Blockchain

Sering terjadi penipuan dalam industri real estate. Mulai dari penjualan properti yang bukan milik mereka hingga bankir yang curang memberikan pinjaman. Oleh karena permasalahan tersebut, munculnya teknologi blockchain menjadi inovasi baru dalam marketing property real estate. Teknologi blockchain memungkinkan kita untuk melakukan transaksi dengan lebih aman, transparan dan tanpa perantara (middleman). Meski tanpa perantara, transaksi di dalamnya telah terverifikasi oleh jaringan komputer yang saling terhubung dari seluruh dunia.

Jaringan setiap komputer akan mengkonfirmasi data detil transaksi yang dilakukan. Kemudian, informasi dan tanda tangan digital juga otomatis direkam. Setelah itu akan muncul kode identifikasi padal di komputer-komputer dalam jaringan blockchain. Hal ini membuat transaksi properti online akan menjadi lebih aman dan tidak dapat diretas.

Perusahaan seperti Propy dan DocuSign menjadi beberapa contoh perusahaan yang bisa membantu Anda dalam melakukan transaksi properti online yang aman dan legal.

Loan Management and Insight Tools

Dengan platform teknologi Rocket Pro Insight, agen real estate dapat melihat dan terus memperbarui apa saja tanggungan calon klien. Tentu hal ini akan mempercepat proses persetujuan kredit, misal KPR. Melalui the Rocket Pro Insight tool, agen properti leluasa melihat status pinjaman dan bisa mengirimkan berbagai dokumen pada klien. Selain itu, mereka juga dapat menyesuaikan angka dalam surat persetujuan.


PropTech terbukti telah menjadi game changer dalam industri real estate khususnya marketing property yang lebih atraktif. Dimana para pelaku industri properti dapat terus menggaet pelanggan yang cerdas dan melek teknologi.

Masih banyak cara unik yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemasaran. Selain lebih atraktif, teknologi virtual dan augmented reality juga dapat membantu memperluas jangkauan pasar bisnis Anda. Penasaran apa saja? Yuk cari tahu informasinya hanya di smarteye.id!

Tren Marketing Property Real Estate di Tahun 2022

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.