Tren Teknologi yang Kamu harus Tahu di Tahun 2023!

Tren Teknologi yang Kamu harus Tahu di Tahun 2023!

Setiap tahunnya, tren teknologi dan bisnis akan selalu berubah. Hal tersebut tidak terlepas dari munculnya teknologi baru dan perubahan kebutuhan masyarakat. Berbagai perusahaan hingga media pun banyak yang memprediksi tren di masa mendatang.

Namun prediksi tersebut belum tentu sepenuhnya relevan. Teknologi yang diprediksi bisa jadi baru menjadi tren bertahun-tahun kemudian. Contohnya seperti teknologi metaverse yang telah ada istilahnya semenjak 1992 namun baru dipopulerkan oleh perusahaan Meta di tahun 2021.

Dalam waktu dekat kita akan menyambut tahun baru 2023. Apakah kamu penasaran teknologi apa yang akan menjadi tren nanti? Berikut merupakan tren teknologi yang akan populer di tahun 2023!

Lihat juga: Internet of Things (IoT) Adalah Masa Depan, Bagaimana Bisa?

Artificial Intelligence (AI)

Tren teknologi artificial Intelligence (AI) memang telah populer belakangan ini. Kamu bisa menemukan AI di berbagai bidang. Bahkan setiap kita membuka internet, AI menggunakan algoritma yang bisa membuat hasil pencarian sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Tentunya teknologi canggih tersebut akan terus berkembang seiring waktu berjalan. CEO Google, Sundar Pichai menyebutkan AI sebagai teknologi yang akan memiliki dampak besar terhadap peradaban manusia. Bahkan menurut Sundar, AI akan memiliki dampak yang lebih signifikan dibandingkan dengan energi listrik atau api.

Tren teknologi artificial intelligence
Sumber: MIT

Salah satu pemanfaatan artificial intelligence yang menarik untuk dilihat adalah konten AI buatan. AI memiliki kemampuan kreatif untuk menghasilkan gambar, suara, atau bahkan membuat karya baru seperti menulis lagu.

Algoritma dan bahasa pemrograman AI memungkinkan teknologi ini untuk memahami dan mereplikasi bahasa dan cara berkomunikasi manusia. Salah satu contoh penerapannya adalah replikasi deep fake Tom Cruise menggunakan teknologi AI yang sempat viral. Pada tahun 2023, teknologi ini diprediksi akan berkembang pesat dalam bidang hiburan dan bisnis. 

Metaverse

Secara sederhana, metaverse merupakan suatu dunia virtual yang imersif. Teknologi ini banyak disebut-sebut sebagai masa depan dari internet. 

Hal ini juga didukung oleh CEO Meta Mark Zuckerberg. Mark mengatakan VR dan AR akan menjadi penunjang utama bagi masa depan metaverse sebagai lingkungan virtual yang imersif.

Meskipun begitu, perusahaan lain memiliki pendapat yang berbeda. Kreator platform web3 seperti Decentraland dan The Sandbox menyebutkan tren teknologi metaverse akan mengarah ke desentralisasi dan blockchain. Bahkan, keduanya telah lama membangun dunia virtual yang terdesentralisasi dan menggunakan teknologi blockchain untuk bertransaksi.

tren teknologi metaverse
Sumber: cointelegraph

Semenjak populer di tahun 2021, berbagai perusahaan berlomba untuk membawa bisnisnya ke dalam metaverse. Strategi tiap perusahaan pun tentunya berbeda-beda. Sebagian besar mengandalkan platform yang sudah ada seperti Decentraland untuk masuk ke dalam metaverse. 

Beberapa perusahaan juga berusaha terjun dengan membangun dunia virtual sendiri. Salah satunya adalah Telkom Indonesia yang memiliki platform metaverse bernama metaNesia. Pengguna dapat melakukan berbagai aktivitas seperti menonton konser, membeli aset digital, dan mengobrol layaknya di dunia nyata dalam platform milik Telkom tersebut.


Pada tahun 2023 diprediksi teknologi ini akan mulai dimasuki perusahaan dan organisasi kecil. Tentunya perusahaan yang telah terjun di dalamnya akan mulai terintegrasi untuk membuat jasa dan produk yang kohesif.

Metaverse dan AI akan memang akan menjadi tren teknologi di masa depan. Terutama dengan banyak bermunculan inovasi baru yang berhubungan dengan kedua teknologi tersebut. Apakah kamu sudah pernah menggunakan AI atau masuk ke metaverse?

Jika kamu tertarik dengan topik diatas, kunjungi smarteye.id untuk mendapatkan berita terkini mengenai VR, AR, dan metaverse!

Tren Teknologi yang Kamu harus Tahu di Tahun 2023!

Billy Nurfaudzi

A startup enthusiast who writes out of curiosity. My deepest appreciation and thanks for those of you who read this article. May you have a good day!