logo

10 Tren VR & AR Menarik yang Akan Muncul di Masa Depan

10 Tren VR & AR Menarik yang Akan Muncul di Masa Depan

Layaknya fashion, teknologi juga punya tren yang terus berkembang dan berubah dari masa ke masa. Salah satu contohnya adalah tren teknologi VR dan AR. Semenjak kemunculannya, virtual reality (VR) & augmented reality (AR) telah memberikan berbagai pengaruh pada banyak orang di seluruh dunia. Penggunaan teknologi VR dan AR sendiri sudah mulai banyak digunakan oleh pelaku bisnis, sehingga memberikan kesan yang berbeda. Beberapa tahun ke depan, disinyalir teknologi VR & AR akan masuk ke dalam berbagai industri baru dan beragam konsultan spesialis. Potensi pasar teknologi ini diramalkan akan mencapai $1,274 miliar pada tahun 2030. Wow! Besar sekali potensinya bukan?

Lihat juga: “AR tren Tahun 2021, Apa Saja Ya?”

Tren VR & AR Menarik yang Akan Muncul di Masa Depan!

Penerapan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) pada Teknologi VR/AR

Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dengan teknologi VR ataupun AR sebenarnya bukan lagi sebuah hal baru. Perpaduan teknologi tersebut telah menunjukkan fungsionalitas mereka dalam mempermudah berbagai tugas dan beban di sebuah perusahaan. Diprediksi akan ada banyak eksekutif perusahaan VR/AR dan AI yang bakal terus menerus melakukan inovasi, untuk menggabungkan kedua teknologi ini menjadi satu.

AR Makin Populer di Pusat Perbelanjaan dan Retail

Jika beberapa waktu sebelumnya teknologi AR yang populer adalah virtual shopping, maka sekarang muncul fitur baru yang bisa digunakan calon pembeli dengan teknologi AR yaitu virtual fitting rooms. Sebelumnya, fitur virtual shopping banyak digunakan oleh merek produk terkenal seperti Sephora, Kohls, Uniqlo dan sebagainya. Sekarang dengan fitur virtual fitting rooms, calon pembeli dapat mencoba pakaian yang ingin mereka beli dengan teknologi AR. Beberapa merek terkenal seperti American Apparel dan H&M telah mulai menggunakan fitur ini pada aplikasi mereka.

Kemunculan Augmented Reality Berbasis Indoor Navigation

tren vr ar di masa depan
Foto oleh Areous Ahmad dari Pexels

Salah satu tren VR & AR terbaru adalah penggunaan teknologi ini untuk kebutuhan navigasi interior. Cara kerjanya juga cukup mudah, dengan perpaduan teknologi VR / AR serta navigasi interior, sebuah sistem yang mirip seperti GPS dapat menuntun pengguna untuk tahu peta dari sebuah gedung ataupun pusat perbelanjaan. Teknologi AR juga dapat menunjukkan susunan produk yang disusun di rak sebuah brand hingga berbagai tempat hiburan yang bisa pengguna temukan. Perpaduan kedua teknologi ini tentunya akan memberikan sebuah pengalaman baru yang sangat menarik.

Lihat juga: “Augmented Reality untuk UMKM, Ilusi atau Potensi?”

Tren VR AR pada Dunia Kesehatan

tren vr ar untuk dunia kesehatan
Foto oleh Darlene Alderson dari Pexels

Teknologi augmented reality, mixed reality dan virtual reality telah memberikan warna baru pada industri medis ataupun layanan kesehatan. Setiap harinya, industri kesehatan membutuhkan tenaga medis yang mumpuni untuk membantu mengobati pasien. Dengan teknologi AR, calon tenaga medis dapat mengikuti pelatihan dengan lebih efektif, efisien serta mudah dipahami. Kini, teknologi AR juga telah mulai digunakan oleh berbagai praktisi medis untuk mempersiapkan berbagai tindakan bedah. Pada konteks ini, AR digunakan untuk melakukan berbagai persiapan dan preparasi sebelum operasi bedah dilakukan.

Pengembangan pada Tampilan VR/AR

Salah satu pewujudan tren VR/AR di masa depan adalah peningkatan kualitas tampilan pada gadget ataupun headset yang Anda miliki, untuk menggunakan kedua teknologi tersebut. Selain kualitas tampilan atau gambar, banyak juga perusahaan yang sedang berinovasi untuk membuat gadget VR/AR memiliki layar lebih lebar, sehingga lebih nyaman digunakan dan juga tidak menghasilkan efek samping berlebih untuk penggunaan dalam jangka waktu cukup lama.

Pengembangan Tren VR AR akan Dipercepat dengan Adanya 5G

Pengembangan koneksi 5G juga dapat mendukung tren VR/AR sebagai salah satu pilihan teknologi yang ditunggu-tunggu di masa depan. Dengan koneksi 5G, pengguna bisa mendapatkan kecepatan koneksi yang menakjubkan, sehingga konten VR ataupun AR yang dihasilkan dapat hadir dengan kualitas yang lebih baik.

VR AR untuk Pendidikan

Karakteristik virtual reality yang imersif dapat membantu guru menghasilkan konten pembelajaran yang lebih menarik bagi para siswa/i. Dengan beragam konten edukatif yang imersif, hal tersebut tentu akan meningkatkan minat siswa pada kelas, sehingga kemungkinan ketinggalan pelajaran atau ketidakpahaman materi dapat ditekan.

Tren VR AR pada Kendaraan Otonom

Kendaraan otonom (autonomous) yang dapat menyetir sendiri merupakan salah satu jenis kendaraan yang diminati banyak orang karena penggunaan teknologi yang canggih. Banyak orang yang tidak sabar dan sangat tertarik ingin mendapatkan kesempatan mengendarai kendaraan super canggih ini. Dengan penggunaan teknologi Augmented Reality, kemungkinan kendaraan ini menjadi nyata di masa depan akan semakin cepat.

Remote Assistance dengan VR/AR

Bantuan jarak jauh dan pengendalian perangkat dapat menjadi lebih mudah berkat pengembangan teknologi VR dan juga AR. Para teknisi dapat lebih mudah mengamati dan mengontrol berbagai perangkat secara langsung hanya dengan smartphone ataupun laptop. Teknologi ini juga dapat memudahkan transfer data dengan jarak yang cukup jauh menjadi sangat mudah. Tidak sabar menunggu tren VR/AR yang ini?

Advent of WebAR

Selama ini, pengalaman menggunakan teknologi Augmented Reality hanya dapat dinikmati melalui smartphone. Untuk masuk ke dalam dunia AR, pengguna harus mengunduh dan menginstal aplikasi yang ditentukan. Dengan WebAR, pengguna bisa menikmati teknologi augmented reality di website, layaknya sedang membuka berbagai portal berita ataupun portal entertainment favorit. Tentu pengalaman yang didapat juga berbeda dan lebih nyaman karena layarnya lebih besar.

Gunakan Teknologi VR dan AR untuk Bisnis Anda!

Itulah 10 tren VR AR yang akan populer di masa depan. Tentu mengikuti tren VR AR bukan sekedar untuk menunjukkan pribadi yang lebih maju, namun juga makin memudahkan hidup banyak manusia. Penggunaan teknologi VR dan AR tentunya juga dapat memajukan bisnis ataupun perusahaan. Tertarik untuk tahu lebih lanjut? Hubungi kami di sini untuk konsultasi lebih lanjut.

10 Tren VR & AR Menarik yang Akan Muncul di Masa Depan

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.