Setiap perusahaan perlu meningkatkan kemampuan karyawannya secara berkala. Salah satu caranya adalah dengan program pelatihan atau training. Dengan pelatihan, kemampuan pekerja makin meningkat, sehingga dapat mendorong performa perusahaan. Kini, seiring kemajuan zaman, training tidak harus dilakukan secara langsung, melainkan dengan teknologi virtual reality atau VR. VR training menawarkan pengalaman baru yang lebih aman dan lebih murah. Dan berdasarkan riset yang dirilis PwC, pekerja yang dilatih secara dengan VR training lebih fokus daripada metode e-learning biasa dan belajar di kelas.

Training Pekerja untuk Memaksimalkan Keamanan

foto oleh unplash.com

Dengan mengadakan training, tentu pekerja semakin memahami tugasnya. Potensi kecelakaan juga dapat makin dinimalisir. Apalagi jika bidang pekerjaannya outdoor, seperti bidang pertambangan, kontruksi, dan operator alat-alat berat. Tentu VR training akan meminimalisir risiko saat terjadi kesalahan.

Setelah beberapa kali mendapatkan VR training dan kemampuannya mumpuni, maka saatnya praktik mengoperasikan alat berat asli. Tentu, pekerja akan jauh lebih percaya diri dan yakin saat mengoperasikan alat berat, karena sudah melalui VR training.

Lihat juga: “Tahukah Anda? Virtual Reality Training juga Diterapkan di Bandara Soetta Lho!”

Sesuai dengan Protokol Kesehatan

Foto oleh cottonbro dari Pexels

Virtual reality training tidak mensyaratkan kehadiran fisik di tempat tertentu. Anda tidak akan dihadapkan pada praktik satu orang bergantian, dan peserta lain memperhatikan. Dengan Virtual reality training, satu orang bisa dijadwalkan kapan hadir untuk menggunakan perangkat VR seperti headset, kacamata, hingga joystick. Jadi hanya ada pelatih dan peserta. Di saat waktu luang, pembersihan dengan disinfektan dapat dilakukan secara maksimal.

Dalam kondisi pandemi, penerapan protokol kesehatan. Selain untuk mencegah penularan, peserta hingga trainer juga pihak yang berisiko tinggi tertular. Oleh karena itu, penerapan VR training adalah sebuah keniscayaan.

Lihat juga: “Wisata Aman dengan Virtual Reality, Ini Kuncinya!”

Makin Kredibel dengan Virtual Reality Training

Foto oleh Canva Studio dari Pexels

Setelah isu keamanan selesai dengan VR training, kredibilitas perusahaan Anda akan meningkat. Konsumen akan makin percaya pada layanan atau produk yang Anda berikan. Potensi kecelakaan kerja hingga jelaknya pekerjaan dapat dikurangi karena pekerja-pekerja Anda punya kecakapan yang mumpuni, karena sudah menjadi virtual reality training.


Itulah berbagai alasan sekaligus keunggulan mengapa perlu segera menerapkan VR training untuk perusahaan Anda. Tenang! Kami siap membantu Anda. Mari berdiskusi dengan klik tombol di bawah ini:

Mari Bicara VR

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.