Visualisasi Produk Otomotif Dengan AR Tak Perlu Lagi Ke Showroom

Visualisasi produk dalam industri otomotif menjadi penting karena terbatasnya kapasitas showroom dan pameran. Visualisasi realistis menjadi kunci untuk menawarkan informasi sedetail mungkin. Bagaimana teknologi augmented reality dapat membuat visualisasi produk yang lebih realistis?

Credits: Atmago.com

Biasanya seorang pembeli produk otomotif yang sudah memiliki pertimbangan pembelian akan datang ke showroom atau pameran. Hal ini dilakukan untuk melihat langsung bentuk kendaraan yang diinginkan. Padahal setiap retailer atau dealer otomotif sudah menyediakan beragam brosur dan katalog promosi berisi informasi dan gambar dari produk yang akan dijual. 

Tetapi mengandalkan brosur dan katalog promosi saja tidak cukup. Seringkali, gambar yang ditampilkan dalam brosur dan katalog tidak dapat menangkap detail setiap sudut dari sebuah kendaraan.

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda
Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda

Karena itu calon pembeli biasanya lebih memilih untuk memeriksa kendaraan secara langsung di showroom atau pameran otomotif. 

Showroom atau pameran juga memiliki kelemahan tersendiri. Biasanya sebuah showroom atau pameran hanya memajang sebagian kecil dari katalog produk yang dijual. Keterbatasan ruang dan besarnya ukuran produk otomotif menjadi alasan utama terbatasnya produk yang dipajang. 

Selain itu, tidak semua orang memiliki waktu untuk mengunjungi showroom atau pameran otomotift. Pada akhirnya, calon pembeli akhirnya mengurungkan niat untuk melakukan pembelian karena tidak memiliki informasi yang cukup.

Hal ini menjadikan visualisasi produk diliuar showroom menjadi penting untuk lebih meyakinkan pembeli yang ingin mengetahui detail kendaraan tanpa harus melihatnya secara langsung.

Dengan menggunakan teknologi augmented reality (AR), visualisasi produk yang lebih detail dibandingkan foto dapat dilakukan. Dengan AR, retailer otomotif dapat menciptakan model 3d produk realistis seperti yang ada di showroom.

Credits: Tech.co

Selain itu model yang sudah dibuat ini juga dapat bersifat interaktiv dan dapat diproyeksikan di dunia nyata. Dengan memproyeksikan model kendaraan yang dinginkan, pembeli dapat melihat bagaimana produk otomotif dapat muat di dalam garasi mereka.

Bagaimana contoh visualisasi produk otomotif menggunakan AR yang sudah dilakukan? 

Melihat Katalog Mobil Diskon Di Garasi Anda  Dengan Toyota AR Camera Effect

Credits: Vancouver is Awesome

Melihat kebiasaan pembeli di era internet yang mencari segala informasi produk secara online, Toyota Canada memutuskan untuk membuat sebuah aplikasi berbasis augmented reality bernama Toyota AR Camera Effect.

Aplikasi ini dibuat sebagai bentuk visualisasi produk yang sedang diskon di hari diskon Kanada bertajuk Red Tag Days. Red Tag Days sendiri merupakan hari diskon yang diadakan khusus oleh Toyota Canada.

Dengan aplikasi ini, calon pembeli dapat melihat bagaimana sebuah model mobil Toyota bertengger di garasi rumah mereka. Tinggal arahkan kamera smartphone ke garasi calaon pembeli, lalu pilih model dan varian mobil toyota yang diinginkan.

Selain menampilkan model visual yang realistis, Toyota AR Camera Effect juga berisi berbagai informasi mengenai varian mobil yang akan dibeli sehingga semakin mempermudah calon pembeli dalam memilih model produk yang diinginkan. 

Brosur Digital Action dari Astra Indonesia 

Credits: Tribun Jateng

Perkembangan teknologi yang semakin maju mendorong Astra Indonesia mencoba meningkatkan pengalaman pengguna mereka dengan mengadopsi teknologi Augmented Reality.

Menggunakan teknologi ini, Astra menciptakan aplikasi katalog digital bertajuk Astra Motor Catalogue Interactive Motorcycle Experience (Action). Aplikasi ini dbuat oleh Astra untuk menggaet kaum milenial yang sudah tidak lagi menyukai promosi fisik dengan brosur. 

Action merupakan sebuah brosur digital berupa aplikasi smartphone yang berisi beragam informasi detail mengenai motor honda dalam katalog Astra Motor. Selain itu, calon pembeli juga dapat menggunakan fitur AR untuk melihat model motor secara langsung di dunia nyata. 

Untuk semakin memudahkan pengguna, aplikasi ini juga menampilkan lokasi dealer dimana motor yang diinginkan dapat dibeli. 

Itulah contoh penggunaan teknologi augmented reality (AR) untuk visualisasi produk otomotif yang lebih realistis. Dengan kelebihan seperti itu, visualisasi produk berbasis AR dapat membantu calon pembeli untuk lebih percaya terhadap keputusan pembelian mereka.

Tertarik menggunakan AR untuk visualisasi produk anda? Smarteye.id menawarkan konsultasi penggunaan teknologi AR gratis yang dapat dicek disini.

Post Author: Muhammad Ichsan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *