Siapa yang tidak mengenal perusahaan Apple? Perusahaan yang tidak cuma membuat perangkat gawai canggih, tapi juga software unggulan yang menempel di dalamnya. Software eksklusif yang memberikan kemudahan sekaligus kebanggaan bagi penggunanya. Sebagai perusahaan teknologi raksasa dunia, wajar jika Apple ingin berekspansi pada industri teknologi yang kini semakin booming yaitu teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR). Bagaimana kisah ekspansi bisnis ini?

Ekspansi pada VR AR, Investasi pada Masa Depan

apple AR headset
sumber: appleinsider.com

Sebagai salah satu industri yang sedang berkembang, berekspansi pada teknologi VR AR menjadi investasi bisnis yang memiliki masa depan cerah. Geliat teknologi VR AR sudah mulai terasa dan mulai beranjak dari hanya sekedar game. Aplikasi VR AR juga berkembang menjadi aplikasi yang fungsional dan memudahkan hidup banyak penggunanya.

Apple pun tak mau kehilangan momentum, perusahaan ini sudah berencana untuk meluncurkan VR AR headset Apple. Sebuah rencana ekspansi yang masif. Meski belum ada pengumuman resmi, DigiTimes sudah mengeluarkan rumor bahwa Apple akan meluncurkan perangkat ini di pertengahan tahun 2022. Hal ini terlihat dari banyaknya chip yang sedang dibuat di Taiwan. Chip inilah yang disinyalir akan menjadi komponen VR AR headset Apple.

Berawal dari Rumor

Lantas berapa harganya? Masih dari laporan yang sama, diprediksi perangkat ini akan memiliki harga yang cukup tinggi. Perkiraan harga ini dihitung dengan asumsi perangkat dibuat dengan bahan kuat namun ringan, yakni magnesium alloy. Tentu dengan campuran bahan-bahan langka lainnya yang cukup sulit dicari.

Dugaan-dugaan tersebut diperkuat dengan laporan Bloomberg yang menyatakan bahwa headset VR AR Apple akan rilis pada pertengahan tahun 2022 dengan kamera resolusi tinggi. Bahkan, info gambar perangkat Apple ini sudah beredar sejak Februari 2021. Laporan ini juga menyebutkan bahwa setelah fase pengujian purwarupa tahap 2 dilakukan, produk ini akan diluncurkan pada Q2 tahun 2022.

Lihat juga: Apple Luncurkan Aplikasi AR: For All Mankind

Bukan yang Pertama

Kehadiran VR AR headset Apple bukan yang pertama. Setelah sukses dengan mengembangkan VR, Apple bersiap mengembangkan teknologi Apple Glass. Dengan aplikasi khusus yang dikembangkan, Apple Glass dapat memberikan pengalaman baru dalam berbelanja. Bayangkan saat berada di toko kue, Anda bisa mendapatkan informasi nutrisi dalam setiap potong kue yang Anda pilih. Kemampuan ini dikenal dengan istilah gaze detection.

Komitmen Apple pada teknologi AR memang benar-benar luar biasa. Tidak hanya fokus pada hiburan, produk Apple Glass juga dirancang untuk mempermudah kehidupan manusia. Saat menggunakan Apple Glass, pengguna tidak hanya dapat melihat petunjuk dan data, namun juga dapat memberikan tanda warna pada objek yang diinginkan. Fitur ini tentu sangat berguna dalam berbagai aspek, misalnya dalam pelatihan ataupun saat memasuki lingkungan baru.

Fitur Canggih dan Impresif Khas Apple

Tidak seperti perangkat VR AR lainnya yang menggantungkan operasi pada perangkat utama seperti smartphone dan laptop, VR AR headset Apple ini memiliki CPU & GPU yang tergabung di dalam perangkat. Hal ini membuat VR AR headset AppleĀ dapat beroperasi sendiri, meski memiliki fungsi yang masih terbatas. Perbedaan ini tentunya akan menjadi keunggulan yang menarik.

Menurut Mac Rumors, perangkat Apple ini juga akan dilengkapi dengan sensor gambar dan driver display untuk headset. Gambar yang dihasilkan juga akan memiliki kualitas serta resolusi tinggi. Tak cuma itu, perangkat ini juga akan menjadi perangkat yang jauh lebih ringan, lebih nyaman dan tentunya lebih pintar dibanding produk VR AR headset lainnya.

Baca juga: 9 Aplikasi VR AR untuk Edukasi

Sebagai salah satu merek produk teknologi terbesar di dunia, wajar jika peluncuran produk Apple apapun akan selalu ditunggu-tunggu. Lihat saja peluncuran iPhone terbaru, orang rela berlama-lama antri untuk menjadi yang pertama menggunakan Apple. Jika Anda menganggap ini hanya karena kecanggihannya, tentu bukan! Desain yang artistik, simpel serta user interface yang nyaman menjadi alasan utamanya. Jadi, wajar jika kemunculan perangkat VR AR headset Apple senantiasa ditunggu.

Anda juga dapat menerapkan kebutuhan VR AR untuk bisnis Anda. Tentu performa bisnis makin naik karena pembeli dan klien semakin tertarik dengan layanan ini. Klik di sini untuk berkonsultasi tentang VR AR bersama kami!

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.