Pengaruh VR dan AR pada Industri Gaming

Pengaruh VR dan AR pada Industri Gaming

Siapa yang tidak suka bermain game? Game pada aplikasi smartphone maupun PC sangatlah menarik dan juga menghibur. 

Seiring dengan perkembangan teknologi, game jadi semakin canggih dan juga menyajikan pengalaman yang semakin nyata. Hal ini dapat terjadi karena adanya kontribusi dari teknologi baru seperti virtual reality dan augmented reality dalam industri gaming. 

Bagaimana detilnya? Yuk, simak pada artikel berikut ini!

Informasi Penting Seputar Pengaruh VR dan AR pada Industri Gaming!

AR atau augmented reality merupakan teknologi yang membawa gambar atau video yang dibuat oleh komputer menjadi nyata secara langsung. Kombinasi antara visual dan audio dalam game disajikan di lingkungan nyata. Hal tersebut tentunya membuat berbagai permainan semakin interaktif dan juga menarik.

Bermula pada tahun 1998, teknologi AR awalnya digunakan dengan membuat garis kuning pada banyak permainan sepak bola seperti Winning Eleven ataupun PES. Sejak saat itu, teknologi AR mulai masuk dan mempengaruhi industri hiburan ini. 

Penggunaan VR & AR pada industri gaming dipercaya menjadi game changer bagi para pelaku industri. Sekarang, teknologi AR juga makin berkembang dan digunakan untuk berbagai aktivitas pemasaran, edukasi dan lain sebagainya.

Apa itu Virtual Reality?

Jika teknologi augmented reality dapat mewujudkan berbagai objek, lokasi ataupun imajinasi ke dunia nyata, maka virtual reality memiliki arti sebaliknya. Teknologi virtual reality dapat membawa realitas nyata ke dalam realitas virtual secara online. 

Gampangnya, virtual reality menciptakan berbagai objek, lingkungan serta imajinasi buatan yang berupa animasi. Hal ini memungkinkan pengguna untuk merasakan pengalaman terbaik dalam dunia simulasi. Pada penggunaan teknologi VR, penguna dapat berinteraksi dengan berbagai objek 3 dimensi yang ada di dunia virtual tersebut.

Bagaimana Penggunaan Teknologi VR & AR Mempengaruhi Industri Gaming?

penggunaan vr ar pada industri gaming
Foto oleh Tima Miroshnichenko dari Pexels

Penggunaan teknologi VR & AR pada industri gaming sebenarnya sudah cukup terkenal di masyarakat, meski pemakaiannya belum cukup meluas. Oleh karena itu, produsen game tidak dapat sembarang merilis game yang bisa dimainkan menggunakan VR ataupun AR. 

Penggunaan VR & AR juga tidak asal digunakan untuk membuat game terkesan futuristik dan juga mahal. Diperlukan juga perangkat khusus agar game dapat dimainkan dengan baik. 

Cara Kerja Teknologi VR & AR pada Industri Gaming

Terdapat juga jenis permainan yang bisa dimainkan baik hanya dengan teknologi virtual reality ataupun augmented reality. Untuk tahu lebih lanjut, berikut beberapa cara kerja VR & AR pada industri gaming:

Lihat juga: “Pengaruh Augmented Reality pada 4 Industri di Dunia”

  • Real-time Interaction

Teknologi AR punya keunggulan untuk membawa realitas nyata dan virtual dalam satu tempat. Nah, kombinasi keduanya ini menyebabkan formasi menarik. 

pengalaman VR AR secara real time
Foto oleh Forbes

Tentu, hal ini memerlukan perlakuan khusus. Waktu real time saat interkoneksi akan mendorong para gamer untuk bisa bermain bersama, meski mereka berada di negara berbeda.

  • The Renewal of 3D

Penggunaan teknologi 3D sebenarnya bukanlah hal baru dalam industri entertainment. Teknologi ini sendiri sudah banyak diakui dan disenangi karena dapat memberikan pengalaman yang berbeda serta lebih menarik. Penggunaan objek 3D dengan teknologi VR & AR pada permainan favorit tentu saja bisa memberikan sensasi berbeda saat dimainkan.

  • Fascinating Experience

Ditengah era digital seperti sekarang, berbagai permintaan khusus terhadap industri gaming tentu saja meningkat. Hal tersebut tentu saja meningkatkan harapan pengguna untuk mendapatkan pengalaman serta sensasi yang berbeda saat bermain. 

Namun, terdapat gap yang cukup besar antara apa yang pemain benar-benar rasakan. Hal ini terjadi karena tidak adanya platform virtual yang bisa membuat pemain seolah-olah masuk ke dalam game.

Penggunaan teknologi VR & AR tentu saja dapat menjembatani gap ini dan membuat pemain mendapatkan pengalaman yang lebih imersif dan juga menarik. Pemain dapat diajak masuk ke dalam game layaknya di dunia nyata.

Lihat juga: Masa Depan Cerah AR Marketing”

  • Change in Lifestyle

Tak cuma untuk hiburan, game saat ini juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup bahkan kebutuhan. Melepas penat seusai main game menjadi daya tarik tersendiri. 

Saking menariknya, banyak sektor lain yang menggunakan format gaming dengan teknologi VR & AR untuk kebutuhan industri mereka. Beberapa diantaranya seperti sektor pendidikan, medis hingga pariwisata.

Masa Depan Industri VR AR Gaming

Tahukah kamu? Industri gaming secara global telah US$180 milliar di tahun 2021. Angka ini diperkirakan akan terus meningkat.

Bahkan, industri videogames lebih besar daripada industri perfilman, lho! Menurut data dari Statista, dilansir dari iTMunch, game konsol meraih keuntungan sebesar US$49.2 miliar dibandingkan segmen permainan lain.

Menurut ResearchAndMarkets.com, pasar industri gaming virtual reality diperkirakan akan tumbuh secara signifikan hingga tahun 2026 ke depan.

Beberapa tahun terakhir, VR telah disambut hangat oleh para pengguna. Bahkan, ada banyak perusahaan baru yang bermunculan seiring dengan kemajuan teknologi di bidang ini.

Menurut NewGenApps, pengguna game AR dan VR di seluruh dunia akan meningkat dan meraih angka 216 juta pengguna para tahun 2025 mendatang.

Tantangan untuk Industri VR AR Gaming

Meski memiliki potensi yang besar, ada beberapa rintangan bagi industri gaming VR AR di masa depan. Salah satunya adalah aksesibilitas perangkat.

Karena alasan praktis, masyarakat lebih banyak bermain game dari smartphone. Sementara VR AR gaming membutuhkan peralatan tambahan.

perangkat VR AR
Foto oleh iNews.id

Penelitian dari Entertaintment Software Association mengutarakan bahwa dari 169 juta gamers, hanya 29% yang memiliki perangkat VR tambahan ya. Tak semua orang mau dan mampu untuk membeli perangkat tambahan ini ya.

Selain aspek aksesibilitas, biaya pembangunan infrastruktur VR AR gaming juga tidak sedikit. Mulai dari pengembangan perangkat keras dan aspek lain yang lebih mahal dari perangkat komputer konvensional.

Buat Bisnis Lebih Menarik dengan Teknologi VR & AR!

Tidak hanya bisa digunakan dalam industri gaming, teknologi VR & AR juga dapat digunakan pada berbagai industri lain seperti ritel, otomotif dan lain sebagainya. Tertarik untuk buat bisnis lebih menarik dengan teknologi ini? Hubungi kami di sini untuk konsultasi gratis lebih lanjut!

Pengaruh VR dan AR pada Industri Gaming

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.