VR AR lenses atau lensa virtual reality dan augmented reality menjadi salah satu produk inovatif berteknologi mutakhir. Bayangkan, ada sebuah lensa yang biasanya digunakan untuk kacamata, namun kini memiliki teknologi VR ataupun AR didalamnya. Kamu seakan dapat merasakan sensasi memakai kacamata layaknya karakter Tony Stark di film Iron Man ya. Karakter ini bisa memperkirakan jarak, kekuatan musuh, hingga memilih senjata yang digunakan. Seru sekali bukan? Kini, kamu juga bisa merasakan sensasi kacamata serupa dengan VR AR lenses. Simak informasi lengkapnya di bawah ini! 

Apa Itu Young Optics?

Sebagai salah satu perusahaan peralatan teknologi, Young Optics mulai membuat VR AR lenses sejak tahun 2017. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2002 di Hsinchu Science Industrial Park. Pada tahun 2007 silam, Young Optics sudah terdaftar di Taiwan Stock Exchange. 

Biasanya, optik dan modul Young Optics diperkirakan akan tiba 3 sampai 6 bulan setelah pesanan diterima dari klien. Dengan pengalaman, track record yang sudah ada, serta riset yang dimulai tahun 2017, perusahaan Young Optics diyakini mampu membuat produk yang fungsional dan brilian.

VR AR Lenses Young Optics
Foto oleh Young Optics

Menurut Young Optics, pembuatan lensa ini sudah mencapai progress yang cukup signifikan. Meskipun begitu, proses pembuatan lensa ini diharapkan dapat mencapai produksi massal dalam jumlah besar untuk memberikan profit yang pasti kepada perusahaan. Mungkinkah kacamata layaknya perangkat milik “Tony Stark” dapat menjadi konsumsi publik secara luas? 

Lihat juga: 6 Fakta Seru Pemakaian Teknologi AR pada Film Ironman

VR AR Lenses: Perangkat yang Spesial

Lensa besutan Young Optics ini merupakan alat yang spesial. Teknologi yang ada pada lensa ini berbeda dengan smartphone ya. Jika lensa smartphone masih dikombinasikan dengan sensor, maka lensa VR/AR didesain untuk diletakkan di mata. Lensa yang digunakan Young Optics lebih ketat dan juga padat dibandingkan lensa smartphone. Hal ini mengikuti mata manusia yang sifatnya lebih tajam saat melihat objek, tidak seperti lensa ponsel pintar.

Selain ketajaman, salah satu hal utama yang membedakan lensa canggih milik Young Optics dari lensa ponsel pintar adalah diameter. Diameter lensa pada ponsel pintar umumnya adalah 5 mm, sedangkan diameter lensa VR/AR Young Optics berukuran sekitar 50 mm. Young Optics juga menambahkan bahwa pembuatan komponen lensa AR/VR lebih sulit dibandingkan pembuatan komponen lensa smartphone. Khususnya dalam hal stabilitas desain permukaan lensa dan axial deviation.

Dimulai dengan produksi skala kecil, Young Optics kini dapat memproduksi hingga 1 juta lensa plastik dalam satu bulan dan masih dapat ditingkatkan sesuai kebutuhan. Sebenarnya, banyak orang yang sudah menggunakan produk Young Optics untuk berolahraga, namun permintaan sempat turun karena pandemi COVID-19.  

VR AR Lenses Young Optics untuk Apple 

Kabarnya, Apple akan merilis headset mixed reality pertama di tahun 2022. Perangkat dari perusahaan ternama ini akan menggunakan fitur lensa pancake. Memiliki nama yang unik seperti menu makanan, lensa pancake didesain dengan lebih ringan dan lebih padat. Kamu bisa merasakan pengalaman augmented reality dan virtual reality secara sekaligus, lho!

VR AR Lenses Apple
Foto oleh Apple Insider

VR AR lenses untuk headset Apple ini disediakan oleh Genius dan Young Optics. Lensa pancake menjadi salah satu daya tarik utama yang membedakan perangkat Apple dari kompetitor karena tidak memiliki desain yang besar. Kalau kamu pecinta fotografi, kamu pasti sudah tidak asing lagi karena lensa pancake banyak dipakai pada kamera DSLR dan mirrorless. Dalam memberikan suplai untuk Apple, Young Optics telah menerima penghargaan the New Product Introduction (NPI).


Fakta di atas merupakan kiprah Young Optics dalam dunia teknologi. Tingginya produksi VR AR lenses setidaknya menandakan bahwa semakin lama, teknologi semakin mudah diakses. Tak lagi hadir di dalam film saja, kamu juga bisa merasakan kecanggihannya. Sudah siapkah kamu untuk mencoba VR AR lenses?

Kalau kamu penasaran dengan berbagai infomasi seputar teknologi VR dan AR, kamu bisa klik di sini untuk kunjungi situs resmi smarteye.id dan pelajari lebih lanjut! 

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.