Tahukah Anda? teknologi virtual reality (VR) dapat berkontribusi pada perekonomian global lho! Berdasarkan laporan yang dirilis PWC Indonesia, peningkatan keamanan, adanya pengalaman baru bagi pengguna, hingga peningkatan produktivitas adalah faktor-faktor utama yang mendukung perekonomian global. Lantas, bagaimana dengan teknologi ini di tanah air? Apakah VR Indonesia juga mampu berkontribusi bagi perekonomian nasional?

Lihat juga: “VR AR Indonesia Berpotensi Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi”

Perkembangan VR Indonesia

Foto oleh Eugene Capon dari Pexels

Sebelum virtual reality masuk ke Indonesia, teknologi ini sudah sejak tahun 1960. Itupun hanya dikembangkan oleh segelintir orang dan belum bersifat komersil. Penggunaannya masih berkutat di sektor konstruksi, pendidikan, dan kesehatan. Mulai pada tahun 1980-an, teknologi VR hadir dengan lebih canggih, tapi tetap belum populer penggunannya. Kemudian, pengembangan teknologi VR terus berlanjut hingga hari ini. Makin banyak sektor yang menerapkan VR, makin banyak juga penggunanya di seluruh dunia.

Jika ingin meneropong perkembangan virtual reality kita bisa lihat di medio tahun 2010-an, saat google memperkenalkan model 3D 360 di Google Street View. Selain itu, di kisaran tahun ini, sudah mulai banyak e-commerce yang menjual kacamata VR. Tahun – tahun ini menjadi babak baru VR Indonesia. Meski masih banyak berkutat di bidang game, tapi setidaknya masyarakat mulai akrab dengan teknologi ini.

Lihat juga: “5 Perusahaan VR yang Berpotensi di Tahun 2021”

Mendorong Dunia Usaha

Foto oleh Kaique Rocha dari Pexels

Tak cuma dari sisi produksi, teknologi VR juga mampu menjadikan promosi produk lebih mengesankan. Sudah jelas dengan berbagai pelatihan teknologi virtual reality, dunia bisnis bisa lebih efektif dan efisien meningkatkan kemampuan para pekerja. Bahkan, bandara Soekarno-Hatta juga menerapkan VR training untuk melatih para pekerja apron bandara.

Perusahaan yang melayani jasa penerapan dan pengembangan virtual reality juga makin menjamur. Kondisi ini semakin meyakinkan kita bahwa, VR Indonesia benar-benar siap diterapkan dan bisa diserap oleh dunia industri. Jika tidak berpotensi, mustahil para perusahaan VR berinvestasi pada teknologi ini.

Dunia usaha akan semakin bergairah dengan adanya virtual reality. Atas dasar inilah, Smarteye Indonesia berkomitmen membantu banyak pengusaha dengan menyediakan jasa VR untuk berbagai keperluan. Mulai dari pelatihan VR, hingga pembuatan konten promosi berteknologi VR. Masih banyak layanan berteknologi tinggi yang dapat kami berikan. Klik tombol di bawah ini dan mari bicara tentang VR bersama kami:

Mari Bicara VR

Potensi VR Indonesia Makin Terlihat

foto by unsplash.com

Sudah jelas jika teknologi VR mampu meningkatkan perekonomian global. Namun apa iya jika diterapkan di Indonesia secara otomatis akan efektif?  Faktanya, virtual reality sudah diterapkan meski sifatnya masih sektoral dan belum masif. Masyarakat juga sudah bisa menjangkau meski hanya untuk hiburan semata. Di masa depan, VR Indonesia harus mampu meningkatkan taraf hidup banyak orang. Kita harus yakin bahwa akan ada suatu masa dimana kegiatan sehari-hari pun menggunakan teknologi VR Indonesia.

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.