Rasakan Pengalaman Baru VR di Luar Angkasa bersama “The Infinite”, Apa Tuh?

Rasakan Pengalaman Baru VR di Luar Angkasa bersama “The Infinite”, Apa Tuh?

Luar angkasa menyimpan banyak cerita yang menarik untuk dijelajahi. Meski penerbangan antariksa sudah memungkinkan seiring perkembangan teknologi, tidak semua orang dapat melakukannya ya. Namun tenang saja, kamu tetap bisa jelajahi luar angkasa dari rumah, lho!

Bagaimana bisa? Teknologi virtual reality atau VR adalah jawabannya. Artikel ini akan membahas petualangan VR The Infinite yang bisa membawamu seakan terbang ke luar angkasa secara virtual. Simak terus ya!

Lihat juga: “Mahasiswa Unesa Ciptakan Aplikasi AR Edukasi Platinum Glass untuk Mempelajari Planet”

Instalasi VR Luar Angkasa The Infinite

The Infinite ialah instalasi virtual reality besar-besaran yang dapat memberikan pengalaman ekspedisi luar angkasa dengan detail yang menakjubkan. Dengan instalasi ini, kamu bisa jelajahi replika International Space Station atau ISS dengan ukuran yang mirip aslinya.

Sebenarnya, penerbangan komersil luar angkasa sudah ditawarkan kepada publik. Namun, hal ini tentu merogoh kocek yang cukup dalam ya. Dengan The Infinite, kamu bisa melakukan perjalanan virtual menembus atmosfer luar dengan harga yang lebih murah. Kamu seolah bisa melihat bumi dari perspektif lain meski hanya dari rumah saja. Anne McClain selaku salah satu astronot ISS menyampaikan bahwa proyek ini dapat membuat pengguna merasakan besarnya alam semesta dan bagaimana makhluk hidup saling terhubung di dalamnya, setelah ia melangsungkan perjalanan pertamanya dengan The Infinite di Houston.

Instalasi ini berukuran cukup luas dan dapat memuat hingga 150 orang dalam dunia virtual pada setiap jamnya. Landasan materi yang digunakan dalam proyek ini ialah rekaman cuplikan luar angkasa dari produksi film terbesar kolaborasi antara NASA dan Felix & Paul Studios. Materi ini meliputi lebih dari 200 jam rekaman VR di ISS selama hampir tiga tahun. Tak heran kalau The Infinite menjadi pameran VR yang memukau ya. Felix & Paul sendiri merupakan perusahaan produksi VR asal Montreal yang membuat konten film VR kantor Barack Obama di White House.

VR Luar Angkasa The Infinite
Foto oleh CNET.com

Petualangan Kolektif VR Luar Angkasa

Sebelumnya, ISS sudah pernah membuat film dokumenter VR yang memenangi penghargaan berjudul Space Explorers. Kamu bisa akses konten ini melalui Oculus Quest. Bedanya, The Infinite mengajakmu tak hanya sekedar duduk menonton film saja. Namun kamu diajak seolah menjadi bagian dari kru stasiun antariksa. Berbagai aktivitas yang bisa kamu coba dengan instalasi VR luar angkasa ini termasuk bertemu dengan astronot, menjelajahi replika ISS, dan mengamati berbagai eksperimen sains. Felix & Paul bekerjasama dengan Phi Studio dalam mewujudkan instalasi imersif ini.

Konsep perjalanan virtual reality ini akan membawamu masuk ke ruang putih bermandikan cahaya layaknya memasuki ruang angkasa, lengkap dengan narasi cerita menarik dari karakter astronot. Setelah puas menjelajahi arena ISS, kamu akan diajak menonton film VR pendek tentang perjalanan luar angkasa. Kemudian, kamu bisa menelusuri jalur konseptual lengkap dengan karya seni menarik yang menggambarkan perjalanan pulang dari luar angkasa hingga kembali ke bumi.

Menariknya, saat menikmati perjalanan virtual ini, kamu bisa melihat avatar peserta lain saat berdekatan dengan posisimu. Kamu bisa ajak teman-teman untuk jelajahi The Infinite bersama ya. Tak hanya sekedar pengalaman via headset VR, The Infinite berharap untuk mewujudkan petualangan kolektif yang lebih bermakna.

Jelajahi The Infinite Lebih Lanjut

The Infinite melakukan penayangan perdananya di Montreal. Produsen VR luar angkasa ini berencana untuk membawa instalasi ini ke San Francisco, Richmond, New York hingga Los Angeles. Tur ini diharapkan dapat memperkenalkan The Infinite dalam kancah internasional. 

Apakah kamu tertarik dengan pengalaman VR luar angkasa yang satu ini? Ingin ketahui lebih banyak instalasi VR lainnya? Kunjungi smarteye.id dan dapatkan berbagai informasi menarik tentang virtual reality, augmented reality dan beragam inovasi teknologi lain hanya dengan klik di sini ya!

Rasakan Pengalaman Baru VR di Luar Angkasa bersama “The Infinite”, Apa Tuh?

Nada Syafira

Jakartans who writes in exchange for mouth-watering delicacies by weekdays. A whimsical wanders who travels by weekend.