Work from home atau WFH bukan cuma menjadi cara untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 tapi juga menjadi gaya baru dalam bekerja. Mungkin, di awal kita merasa kurang nyaman bekerja di rumah. Rasa bosan, bingung membagi waktu dengan keluarga hingga efektivitas bekerja pun jadi tantangan. Meski kini banyak orang yang sudah nyaman dengan WFH, tetap saja ada rasa bosan yang diderita para pelakunya. Antusiasme dan semangat juga berbeda dengan saat bekerja di kantor. Kini, hadir teknologi futuristik “metaverse” untuk membuat WFH makin seru. Sebenarnya, apa itu metaverse?

“Metaverse” Besutan Facebook

metaverse kian nyata
Foto oleh Luca Sammarco dari Pexels

Beberapa waktu belakangan ini, Facebook meluncurkan aplikasi untuk WFH yang dilengkapi dengan Oculus Quest Seri 2. Perangkat ini memungkinkan pengguna untuk mengadakan meeting dengan menggunakan avatar dari masing-masing pengguna. Hal ini relevan dengan situasi sekarang, yang tidak memungkinkan kita untuk bertemu secara langsung.

Facebook melihat potensi yang sangat besar dari keberadaan metaverse ini. Metaverse merupakan penerapan teknologi VR AR yang sangat nyata. Keseriusan Facebook ini terlihat dari upaya mereka mengembangkan hardware Oculus VR headset, kacamata AR, wristband, hingga BigBox VR.

Ingin tahu lebih lanjut tentang perangkat VR Oculus? Klik di sini!

Dengan metaverse, WFH pun terasa makin nyata dengan kehadiran karakter avatar yang memainkan peran layaknya di dunia nyata. Facebook menyebut dunia avatar tersebut sebagai “Metaverse”. Sebuah dunia baru bagi manusia dalam dunia virtual. Dunia para avatar tentunya.

Workroom yang Sangat Nyata

avatar dengan metaverse. Penerapan WFH seasyik di kantor
Bekerja makin nyata dengan Workroom. Sumber gambar: CNBC.com

Pada pengenalan pertama teknologi VR ini, Facebook menunjukkan bagaimana penggunaan dunia Metaverse yang dinamai Workroom terbukti sangat seru. Pengguna dapat memilih bentuk avatar versi mereka sendiri dan berkumpul di virtual reality room. Di situ, mereka bisa berkolaborasi dan saling berbagai spidol untuk menulis di whiteboard, bertukar dokumen, hingga beraktivitas layaknya saat di kantor fisik.

Siapa yang tidak ingin di bekerja di rumah tapi rasanya seakan-akan berada di kantor. Bisa jadi di masa depan, kita tak perlu lagi ke kantor. Hanya avatar kita yang ada di kantor. Bercerita, bekerja, hingga bergosip hanya dilakukan para avatar di dalam metaverse.

Sebelum bekerja dengan Workroom, Anda dapat belajar cara kerjanya dari game ini!

Apa Dampaknya?

avatar metaverse
Situasi para Avatar yang sedang meeting, pilih avatar Anda!. Sumber gambar: CNBC.com

Apa dampak dari adanya metaverse? Tentu ada sisi positifnya. Waktu bersama keluarga pun makin banyak. Selain itu, kemacetan di kota-kota besar pun dapat dikurangi. Secara otomatis waktu pulang dan pergi ke kantor kan menghilang. Dengan cara ini, akan lebih banyak waktu produktif untuk bekerja.

Pelan tapi pasti, penerapan VR AR hampir menjadi keniscayaan. Metaverse sudah makin dekat. Mungkin Anda mulai tertarik menerapan metaverse agar pekerjaan di kantor makin seru dan menyenangkan. WFH terasa WFO? Bukan cuma mimpi, menginvestasikan sejumlah uang menerapkan teknologi ini adalah hal yang beralasan. Segera pelajari penerapan VR AR bersama kami, smarteye.id. Kami menyediakan berbagai layanan teknologi VR AR untuk berbagai keperluan bisnis Anda. Klik tombol di bawah ini untuk pelajari lebih lanjut:

Jasa VR AR

Dapatkan Virtual Reality & Augmented Reality Terbaik untuk Bisnis Anda

Konsultasi gratis dari Smarteye untuk kebutuhan VR dan AR Bisnis anda.

Write a Comment

Konsultasi Gratis, untuk Anda

Beragam fitur Virtual dan Augmented Reality telah kami sediakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Ketahui mana yang terbaik untuk anda secara cuma-cuma.